POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sebuah lubang hitam hantu mungkin telah ditemukan oleh para peneliti dari University of California, Berkeley

sebuah Universitas California di Berkeley Tim peneliti yang dipimpin oleh mahasiswa pascasarjana Casey Lamm dan profesor astronomi Jessica Law mungkin telah menemukan lubang hitam pertama yang “mengambang di laut”. sains setiap hari tersebut.

Menurut direktur, mereka memperkirakan bahwa objek tak terlihat ini, OB110462, memiliki massa antara 1,6 dan 4,4 kali massa Matahari dan berjarak 2.280 hingga 6260 tahun cahaya. Saat ini, para peneliti mengatakan itu juga bisa menjadi bintang neutron, atau bintang “seukuran kota.” Lahir saat besar, bintang runtuh dan mati. Terlepas dari apakah itu lubang hitam atau bintang neutron, Science Daily melaporkan bahwa objek misterius itu adalah “hantu bintang” pertama yang pernah ditemukan mengambang di luar angkasa tanpa bintang pendamping.

“Ini adalah lubang hitam terapung atau bintang neutron pertama yang dideteksi menggunakan pelensaan mikro gravitasi,” kata Lu kepada outlet tersebut. Lu telah mencari lubang hitam yang mengambang bebas sejak 2008, dan telah mengamati OB110462 sejak 2020. “Menggunakan lensa yang bagus, kita dapat memeriksa dan menimbang benda-benda kecil dan padat ini. Saya rasa kita telah membuka jendela baru di kegelapan ini. objek yang tidak bisa dilihat dengan cara lain.” Meskipun lubang hitam biasanya tidak terlihat, peneliti dapat menggunakan lensa gravitasi mikro untuk melihat bagaimana mereka mendistorsi dan mendistorsi cahaya dari bintang yang jauh dengan medan gravitasi yang kuat.

berdasarkan Departemen Astronomi di University of California, BerkeleyLubang hitam adalah “salah satu fenomena paling tidak biasa dalam astrofisika.” Situs web mereka mengatakan ada sekitar 100 juta lubang hitam bintang di Bima Sakti, dan Science Daily melaporkan bahwa tim UC Berkeley sekarang memperkirakan ada 200 juta lubang hitam. Outlet tersebut mengatakan bahwa menentukan jumlah total akan membantu para astronom lebih memahami bagaimana bintang mati – dan berpotensi menjelaskan lebih banyak tentang evolusi galaksi kita.

READ  Boeing berhasil meluncurkan pesawat ruang angkasa Starliner ke orbit pada penerbangan uji

Untuk saat ini, tim Lu mengatakan tidak mungkin untuk menentukan apakah OB110462 adalah lubang hitam atau bintang neutron, tetapi mereka berharap untuk mengumpulkan lebih banyak data dari Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA dan melakukan analisis yang lebih rinci di lain waktu.


“Sebanyak kami ingin mengatakan itu adalah lubang hitam secara definitif, kami harus melaporkan semua solusi yang diizinkan. Ini termasuk lubang hitam bermassa lebih rendah dan bahkan mungkin bintang neutron,” kata Lu kepada Science Daily.