POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Satu orang tewas dalam gempa 5,9 skala richter di Jawa Timur – Nasional

Gempa berkekuatan 5,9 mengguncang pulau Jawa pada hari Sabtu, menewaskan sedikitnya satu orang dan merusak bangunan di beberapa kota, menurut laporan media.

Gempa tersebut mempengaruhi 40,7 juta kota di Jawa Timur dan provinsi sekitarnya, termasuk pulau resor Bali, media Indonesia melaporkan.

Website berita bahwa satu orang tewas tertimpa batu besar yang jatuh di Lumajang detik.com Dikutip seorang pejabat bencana kota yang mengatakan.

Pusat gempa dilaporkan di bawah dasar Samudra Pasifik, namun tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Laporan kerusakan termasuk gedung parlemen, sekolah, rumah sakit dan rumah di beberapa kota, sementara patung gorila besar kehilangan kepalanya di sebuah taman hiburan di Pattu.

Pihak berwenang masih mengalami kerusakan, kata Badan Bencana Nasional.

Gempa tersebut melanda 91 km (57 mil) di lepas pantai selatan Jawa Timur di Samudra Hindia. Pusat gempa dilaporkan berada di bawah pusat gempa dengan kecepatan 6,9 km / jam, dengan pusat gempa berukuran 6,8 skala Richter.

Video yang dibagikan pengguna media sosial itu memperlihatkan orang-orang gemetar dari sebuah pusat perbelanjaan di Malang.

“Saya merasakan gempa dua kali, dua detik pertama, lalu berhenti, tapi berguncang lagi selama lima detik,” kata Edo Abisal, resepsionis di sebuah hotel di Blitzer. Reuters Melalui telepon.

Indonesia pekan lalu dilanda topan tropis Seroja yang memicu tanah longsor dan banjir bandang di pulau-pulau di provinsi Nusa Tenggara timur.

Dikenal sebagai Cincin Api Pasifik, Indonesia terus menerus dilanda gempa bumi. Gempa berkekuatan 6,2 di pulau Sulawesi pada bulan Januari menewaskan sedikitnya 100 orang.

Gempa berkekuatan 6,0 mengguncang pantai Jawa pada hari Sabtu, menurut Survei Geologi AS. Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

READ  Kapal selam angkatan laut Indonesia tenggelam karena gelombang internal

Gempa terjadi di kedalaman 82 kilometer (50 mil) 45 kilometer barat daya Malang di Jawa Timur.