POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sanfordiacolis: Sepertinya spesies pohon purba baru mungkin berasal dari pikiran Dr. Seuss

Sanfordiacolis: Sepertinya spesies pohon purba baru mungkin berasal dari pikiran Dr. Seuss

Atas perkenan Matthew Stimson

Pelestarian unik pohon Sanfordiacaulis densifolia, yang batangnya dikelilingi oleh lebih dari 250 daun yang tersusun spiral, merupakan hasil gempa bumi di sistem danau retakan berusia 352 juta tahun, yang kini tersingkap di New Brunswick, Kanada.

Mendaftarlah untuk buletin sains Wonder Theory CNN. Jelajahi alam semesta dengan berita tentang penemuan menarik, kemajuan ilmiah, dan banyak lagi.



CNN

Hal ini diyakini bahwa pohon memiliki Berasal Ratusan juta tahun yang lalu. Sejak itu, hanya ada sedikit bukti tentang penjaga tumbuhan purba.

Kini, penemuan baru fosil pohon 3D yang unik telah membuka jendela tentang seperti apa dunia saat masih ada. Hutan awal di planet ini Kami mulai berevolusi, memperluas pemahaman kami tentang arsitektur pohon Sepanjang sejarah bumi.

Lima fosil pohon yang terkubur hidup-hidup akibat gempa bumi yang terjadi 350 juta tahun lalu ditemukan di sebuah tambang di provinsi New Brunswick, Kanada, menurut para arkeolog. diam Diterbitkan pada hari Jumat di jurnal Current Biology. Para penulis mengatakan fosil pohon baru dan tidak biasa ini tidak hanya memiliki bentuk yang mencolok yang mengingatkan pada ilustrasi Dr. Seuss, namun juga mengungkapkan petunjuk tentang… Suatu periode kehidupan di Bumi Yang hanya sedikit kita ketahui.

“Mereka adalah kapsul waktu, jendela kecil menuju lanskap dan ekosistem jauh di masa lalu,” kata Robert Gastaldo, ahli paleontologi dan sedimentologi yang memimpin penelitian ini.

Rekan penulis Olivia King dan Matthew Stimson menemukan pohon kuno pertama pada tahun 2017 saat melakukan kerja lapangan di tambang batu di New Brunswick. Salah satu spesimen yang mereka temukan adalah salah satu dari sedikit contoh dalam seluruh catatan fosil tumbuhan – yang mencakup lebih dari 400 juta tahun – di mana cabang-cabang pohon dan daun mahkota masih menempel pada batangnya.

READ  Dua lubang hitam raksasa telah terbuka di Matahari, berpotensi mengirimkan angin berkecepatan 1 juta mil per jam ke Bumi

Beberapa fosil pohon berasal dari masa lalu Hutan tertua di bumi Itu tidak pernah ditemukan, menurut Gastaldo. Penemuan mereka membantu mengisi beberapa bagian yang hilang dari catatan fosil yang tidak lengkap.

“Hanya ada lima atau enam pohon yang bisa kami dokumentasikan, setidaknya di kawasan tersebut era Paleozoikum“Ia terpelihara dengan mahkotanya yang utuh,” kata Gastaldo, seorang profesor geologi di Colby College di Waterville, Maine.

Ia menunjukkan bahwa sebagian besar spesimen pohon purba berukuran relatif kecil, dan sering kali ditemukan dalam bentuk batang yang membatu dengan batang atau sistem akar yang melekat padanya. Temuan rekan-rekannya tentang pohon yang diawetkan yang tingginya mencapai 15 kaki saat dewasa dengan mahkota berdiameter 18 kaki membuat ahli paleontologi tersebut “terkagum-kagum”.

Atas perkenan Tim Stonecipher

Model pohon Sanfordiacolis yang baru ditemukan ini memiliki struktur percabangan yang disederhanakan untuk memudahkan visualisasi.

Para peneliti mengekstraksi fosil pohon pertama sekitar tujuh tahun yang lalu, tetapi butuh beberapa tahun lagi sebelum empat spesimen tanaman yang sama ditemukan berdekatan satu sama lain. Dijuluki “Sanfordiacaulis,” spesies yang baru diidentifikasi ini diberi nama untuk menghormati Laurie Sanford, pemilik tambang tempat pohon-pohon itu ditemukan.

Menurut penelitian, bentuk tanaman berumur 350 juta tahun yang sebelumnya tidak diketahui ini terlihat seperti pakis atau palem modern, meskipun faktanya spesies pohon ini baru muncul 300 juta tahun kemudian. Meskipun pucuk pakis atau palem yang kita kenal memiliki ciri-ciri berupa sedikit daun, spesimen terlengkap dari fosil yang baru ditemukan ini memiliki lebih dari 250 daun yang diawetkan di sekitar batangnya, dengan masing-masing daun yang diawetkan sebagian memiliki panjang sekitar 5,7 kaki (1,7 meter). ).

Fosil ini terbungkus dalam bongkahan batu pasir seukuran mobil kecil, menurut Stimson, asisten kurator geologi dan paleontologi di Museum New Brunswick.

READ  Diet rendah karbohidrat memang berhasil, tetapi bukan karena alasan yang dipikirkan orang

Dia mengatakan fosilisasi unik kelompok pohon tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh tanah longsor yang bersifat “bencana” akibat gempa bumi yang terjadi di sebuah danau purba.

“Pohon-pohon ini masih hidup ketika gempa terjadi. Mereka terkubur dengan sangat cepat, sangat cepat setelah itu, di dasar danau, dan kemudian danau kembali normal,” kata Stimson.

Menemukan fosil pohon lengkap jarang terjadi dan jauh lebih jarang terjadi dibandingkan menemukan dinosaurus lengkap, menurut Peter Wilf, seorang profesor ilmu bumi dan ahli paleobotani di Pennsylvania State University yang tidak terlibat dalam penelitian ini. Wilf mencatat melalui email bahwa fosil pohon baru yang “tidak biasa” itu adalah sisa-sisa periode waktu ketika hampir tidak ada fosil pohon.

“Fosil-fosil baru ini merupakan tonggak sejarah dalam pemahaman kita tentang bagaimana struktur hutan awal berevolusi, yang pada akhirnya mengarah pada struktur hutan hujan yang kompleks yang mendukung sebagian besar keanekaragaman hayati yang ada di bumi,” tambah Wilf.

Bagi King, rekan peneliti di Museum New Brunswick yang menemukan koleksi fosil tersebut, Sanfordiacolis akan tampak seperti sesuatu yang diambil langsung dari koleksi Dr. Seuss. Bisnis paling populer.

“Tahukah Anda dalam film 'The Lorax' bahwa pohon memiliki bola besar di bagian atas dan batang sempit? Struktur ini mungkin memiliki struktur serupa. Anda memiliki mahkota besar di bagian atas, dan kemudian menyempit dan menempel pada mahkota yang sangat kecil ini. bagasi, “kata King. Penampilannya benar-benar mirip Dr. Seuss. “Ini adalah ide yang aneh dan luar biasa tentang seperti apa benda ini nantinya.”

Tapi masa pemerintahan Sanfordiacolis Para peneliti mengatakan hal ini tidak berlangsung lama. “Kami tidak akan melihat struktur pabrik ini lagi,” kata Stimson kepada CNN. Dia mencatat bahwa dia telah tumbuh dewasa Karbon Awalperiode waktu di akhir era Paleozoikum ketika Flora dan faunanya beragam Saat mereka mulai berjalan dari air ke darat.

READ  Virginia High School mendaftarkan 1.000 siswa dengan influenza

Sebagian besar pengembangan bersifat eksperimental kesuksesan Hal ini sering diukur dengan keanekaragaman spesies, atau kemampuan mereka untuk beradaptasi di berbagai tempat dan kondisi. Stimson menambahkan bahwa kumpulan fosil pohon yang aneh memberikan bukti adanya “eksperimen sains dan evolusi yang gagal”. “Kami benar-benar mulai melukiskan gambaran seperti apa kehidupan 350 juta tahun yang lalu.”

Atas perkenan Matthew Stimson

Para peneliti menggali fosil pohon Sanfordiacolis pertama sekitar tujuh tahun lalu, tetapi empat spesimen lagi ditemukan berdekatan satu sama lain beberapa tahun kemudian.

Fosil seperti Sanfordiacolis tidak hanya berguna dalam membantu manusia memahami bagaimana kehidupan berubah di masa lalu, tetapi juga membantu para ilmuwan mengetahui ke mana arah kehidupan di planet kita selanjutnya.

Kehadiran spesies khusus ini menunjukkan bahwa pepohonan pada periode tersebut mulai menempati relung ekologi yang berbeda di luar apa yang dipahami sebelumnya, menurut para peneliti di balik penemuannya.

Gastaldo yakin ini merupakan indikasi bahwa tanaman tersebut sangat mirip Invertebrata awal – Mereka bereksperimen dengan bagaimana mereka bisa beradaptasi dengan lingkungan. Gempa bumi, yang kemungkinan besar membuat pepohonan menjadi batu, juga memberikan petunjuk geologis baru tentang apa yang mungkin terjadi di sana Sistem bumi Pada saat yang sama.

“Ini sebenarnya bukti pertama yang kami miliki tentang keberadaan ‘pohon’ antara apa yang tumbuh di tanah dan apa yang bisa tumbuh di atas tanah,” kata Gastaldo. “Apa yang ada disana?”