POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sandiaga mengajak Sumsel sebagai bagian promosi pariwisata Indonesia

Sandiaga mengajak Sumsel sebagai bagian promosi pariwisata Indonesia

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (MINPARKRAF) Sandiaga Salahuddin Ono mengatakan Sumsel termasuk wilayah yang mendukung penguatan sektor pariwisata Indonesia.

Usai membuka Festival Sriwijaya 2024 di Palembang, Sandiaga mengatakan pariwisata Indonesia saat ini menduduki peringkat 22 dari 119 negara berdasarkan Travel and Tourism Development Index (TTDI) yang dikeluarkan World Economic Forum (WEF).

Indonesia naik 10 peringkat dari sebelumnya posisi 32. Kini mendekati 20 besar, terima kasih. Sumsel juga menjadi bagian penguatan sektor pariwisata Indonesia, ujarnya, mengutip Antara.

Dia menjelaskan, kenaikan peringkat Indonesia dalam indeks pariwisata didasarkan pada indikator kepentingan masyarakat dari berbagai lini.

Dijelaskannya, “Indikator yang kita peroleh dari peningkatan signifikan tersebut adalah indikator ketertarikan dari segi alam, budaya, dan prioritas kebijakan pemerintah untuk memperhatikan pariwisata sebagai basis perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat.”

Selain itu, Sandiaga mengatakan Festival Sriwijaya merupakan bagian dari Acara Karisma Nasional (KEN). Festival tersebut tidak hanya mendongkrak indeks pariwisata, tetapi juga dapat membalikkan indeks perekonomian.

“Banyak transformasi ekonomi yang bisa dibawa oleh acara ini, terutama kekayaan ekonomi kreatif seperti kopi dan pemberdayaan seni yang diwujudkan dalam film,” ujarnya.

Tag: sandiaga uno menparekraf pariwisata industri

READ  5-10 tahun ke depan Indonesia menerapkan pertanian sebagai alternatif perikanan