POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Salah satu perusahaan teknologi terkemuka Wales diperkirakan akan berada di bawah kepemilikan Cina Chinese

Newport Wafer Fab (NWF), salah satu perusahaan teknologi terkemuka Wales, diperkirakan akan berada di bawah kepemilikan China minggu ini dalam kesepakatan jutaan pound.

NWF, perusahaan semikonduktor yang berbasis di Newport dan pembuat chip terbesar di Inggris, hampir diakuisisi oleh perusahaan Belanda Nexperia, yang sepenuhnya dimiliki oleh Wingtech Technology China dalam kesepakatan yang diperkirakan akan bernilai 67 juta poundsterling. . Wingtech memproduksi suku cadang smartphone untuk perusahaan China seperti Huawei dan Xiaomi.

Setelah perselisihan mengenai kontrak pasokan, Nexperia telah memiliki perwakilan di dewan direksi NWF sejak musim semi. NWF dipandang sebagai mitra industri utama dalam Grup Semikonduktor Komposit South Wales yang sedang berkembang yang bertujuan untuk menciptakan 2.000 pekerjaan yang sangat terampil dalam suatu ekosistem mulai dari penelitian dan pengembangan tahap awal hingga komersialisasi.

Menurut dokumen yang diserahkan ke Companies House, Nexperia sekarang memiliki biaya kepada NWF untuk semua aset kekayaan intelektual saat ini dan masa depan serta aset tanah dan propertinya.

Seorang juru bicara Nexperia mengatakan: “Kami sedang dalam diskusi konstruktif dengan NWF dan Pemerintah Welsh tentang masa depan NWF. Sampai kami mencapai kesimpulan, kami tidak dapat berkomentar lebih lanjut.

Pemerintah Welsh ditanya apakah itu bisa menjadi bagian dari struktur kepemilikan baru untuk NWF dengan mengambil saham ke sisi Nexperia.

Pemerintah Westminster mengatakan tahun lalu akan menghapus Huawei China dari jaringan 5G Inggris pada tahun 2027.

Ketua Komite Partai Konservatif dan Luar Negeri Tom Tugendhat menulis bulan lalu kepada Sekretaris Bisnis Kwasi Koarting yang mengangkat kekhawatiran tentang pengambilalihan NWF oleh China atas dasar aset dan keamanan strategis nasional.

READ  Saham teknologi termurah di dunia

Dia menulis: “Saya harus menekankan sekali lagi bahwa kepemilikan perusahaan Inggris terkemuka dalam pengembangan dan pemrosesan silikon 200 mm dan teknologi semikonduktor yang disita oleh entitas China – menurut pendapat saya – merupakan perhatian utama bagi keamanan ekonomi dan nasional. “

Pemerintah Westminster mengatakan tahun lalu akan menghapus Huawei China dari jaringan 5G Inggris pada tahun 2027.

Seorang juru bicara pemerintah Inggris mengatakan: “Kami mengetahui akuisisi yang diharapkan oleh Nexperia dari Newport Wafer Fab. Meskipun kami tidak menganggapnya tepat untuk campur tangan saat ini, kami akan terus memantau situasi dengan cermat dan tidak akan ragu untuk menggunakan kami kekuasaan di bawah Foundation Act jika situasinya berubah.” .

“Kami tetap berkomitmen pada sektor semikonduktor, dan peran penting yang dimainkannya dalam ekonomi Inggris.”

NWF, yang mempekerjakan lebih dari 400 orang, diakuisisi oleh Neptunus 6 pada 2017 dari perusahaan Jerman Infineon.

Kesepakatan pembelian komprehensif Departemen Pembelian didukung oleh £13m dukungan keuangan dari Pemerintah Welsh dan jalur pendanaan dari HSBC.

Direktur Neptune Six termasuk CEO Drew Nelson dari IQE Semiconductor yang berbasis di Cardiff.

Mr Nelson, yang merupakan pemegang saham terbesar di NWF, telah menjadi pendukung vokal pembentukan kembali kapasitas kedaulatan Inggris dalam semikonduktor.