POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Saksikan lusinan hiu memakan bangkai paus mati: ScienceAlert

Saksikan lusinan hiu memakan bangkai paus mati: ScienceAlert

Hiu macan biasanya adalah makhluk soliter, tetapi tidak ada yang menyatukan pemulung seperti bau paus mati yang lezat.

Prasmanan besar ini dapat menarik lusinan hiu sekaligus, namun pesta seperti itu jarang tertangkap kamera.

Pada akhir Juni, sebuah drone yang terbang di lepas pantai Queensland, Australia, menangkap kumpulan luar biasa sekitar 50 hiu macan yang mengoyak bangkai paus bungkuk yang telah meninggal.

Pemandangan langka ini penting untuk penelitian hiu dan berfungsi sebagai peringatan bagi perenang lokal.

“Di mana ada paus mati, kemungkinan ada hiu di dekatnya dan penampakan ini jelas menunjukkan mengapa hal ini terjadi,” Memperingatkan Sipir Senior Daniel Clifton dari Departemen Lingkungan dan Sains Queensland (DES).

“Kematian seekor paus, meskipun menyedihkan, menciptakan sumber kehidupan bagi banyak pemakan bangkai lainnya termasuk ikan, hiu, dan kehidupan laut lainnya. Kami beruntung di sini di Great Sandy Marine Park, kami dapat mengalami proses alami ini secara langsung.”

border frame=”0″allow=”akselerometer; mulai otomatis; Tulis papan klip. media yang disandikan giroskop; gambar di dalam gambar; berbagi web “allowfullscreen>”.

Untuk memastikan acara makan alami tetap dapat dipantau dengan mudah di lepas pantai, petugas menyematkan sisa-sisa bungkuk ke lokasi yang aman di Hervey Bay.

Langsung dari atas, rekaman drone memperlihatkan bayangan hiu mengitari bangkai paus. Kadang-kadang, seekor hiu terlihat menerjang paus dan menangkapnya, membanting tubuhnya bolak-balik saat mencoba merobek gigitannya.

Pada satu bagian dalam video, Anda benar-benar dapat melihat awan kuning keluar dari bawah paus saat hiu gila menyerangnya dari bawah; Kemungkinan tanda gas dan cairan lambung bocor ke dalam air.

Jus kuning mengalir dari perut bangkai ikan paus. (Departemen Lingkungan dan Sains Queensland)

Para ilmuwan hanya mempelajari peristiwa nafas paus seperti ini selama 30 tahun terakhir atau lebihdan sementara hiu macan (Galeocerdo cuvier(Mereka sering berkunjung, tidak jarang mereka menggabungkan spesies mereka dengan yang lain, seperti hiu putih besar)Carcharodon carcharias) atau hiu banteng (Karcharinus Lucas).

READ  Beberapa instance GPT Obrolan digabungkan untuk mempelajari kimia

Memang, di lepas pantai Australia, para peneliti telah melakukan hal itu terdaftar Beberapa contoh di mana hiu putih dan macan secara bersamaan memakan bangkai ikan paus dengan damai.

Buaya air asin (Crocodylus Porosus) Bahkan kadang-kadang bisa bergabung dalam pertempuran.

border frame=”0″allow=”akselerometer; mulai otomatis; Tulis papan klip. media yang disandikan giroskop; gambar di dalam gambar; berbagi web “allowfullscreen>”.

Hiu mungkin termasuk makhluk pertama yang tiba di perjamuan paus, tetapi sisa-sisa mereka telah menyibukkan ekosistem kedalaman laut selama beberapa dekade.

Saat paus mati secara alami, lemak dan gas di tubuhnya membuatnya bertahan untuk sementara waktu. Saat pemulung mulai mengambil sisa-sisa, kerangka itu pasti mulai tenggelam.

Ini disebut “jatuhnya paus”, dan ini memasok nutrisi penting ke organisme dasar laut dari atas. Ular, cacing, kepiting, dan gurita tercatat memakan kerangka ikan paus di kedalaman yang ekstrim. Mereka bahkan makan tulang.

Dengan begitu banyak mulut lapar yang harus diberi makan, tidak ada bagian dari paus mati yang terbuang sia-sia.

Bahkan dalam kematian, makhluk mulia ini membawa kehidupan baru ke lautan.