POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Saham Eropa mendekati level rekor didukung oleh hasil yang kuat

Saham Eropa melonjak menuju rekor tertinggi pada hari Selasa karena hasil yang kuat dari UBS, Reckitt Benckiser dan lainnya menambah optimisme keseluruhan tentang musim pendapatan kuartal ketiga.

Indeks Stoxx 600 pan-Eropa naik 0,2 persen pada 0714 GMT setelah saham Asia naik, mengistirahatkan rekor tertinggi baru untuk indeks Wall Street.

Sektor jasa keuangan naik sekitar 1 persen, dengan pengelola kekayaan terbesar di dunia, UBS, naik 2,4 persen setelah membukukan laba kuartalan terbaiknya sejak 2015, didukung oleh aktivitas perdagangan yang kuat.

Untuk membantu Ftse 100 Inggris, grup pembuat produk pembersih Reckitt Benckiser Lysol melonjak 5,8 persen setelah menaikkan perkiraan setahun penuh dan mengalahkan perkiraan penjualan kuartal ketiga.

Produsen obat Swiss Novartis naik 0,8 persen setelah melaporkan peningkatan laba operasi yang disesuaikan dan memperkirakan penjualan puncak dari dua obat terlarisnya.

Di antara yang merugi, pembuat aksesori komputer Logitech International turun 3,1 persen setelah mengkonfirmasi perkiraan laba setahun penuh dan memperingatkan gangguan rantai pasokan.

Saham Asia sebagian besar rebound pada hari Selasa, setelah rekor tertinggi di Wall Street semalam, meskipun kekhawatiran baru atas sektor real estat China membebani sentimen investor.

Indeks saham MSCI Asia-Pasifik di luar Jepang naik 0,15 persen dan sempat menyentuh level tertinggi enam minggu pada hari Selasa, setelah membukukan kenaikan sepanjang Oktober.

Namun, indeks regional Asia turun sekitar 11 persen dari tertinggi Februari dibandingkan dengan indeks saham global MSCI yang terlihat dari rekor tertinggi enam minggu lalu.

“Harga saham kemungkinan akan didorong oleh situs teknis minggu ini, karena perdagangan memasuki minggu terakhir bulan ini,” kata Anderson Alves, pedagang saham di platform perdagangan global ActivTraders.

READ  Junta militer Myanmar menuduh kelompok bersenjata melatih warga untuk PDF

Benchmark Nikkei Jepang naik sekitar 1,8 persen, sementara S&P/ASX 200 Australia ditutup 0,03 persen lebih tinggi.

Indeks CSI300 naik 0,05 persen, dipimpin oleh saham TI, tetapi Indeks Hang Seng di Hong Kong turun 0,4 persen.

Krisis Evergrande

Saham real estat China memperpanjang kerugian di sesi sore karena pengembang lain, Modern land, gagal bayar, menambah kekhawatiran tentang dampak yang meningkat dari krisis utang di China Evergrande Group.

Indeks perusahaan real estate daratan yang terdaftar di Hong Kong turun 4,7 persen, dan indeks real estate CSI 300 daratan turun 2,4 persen.

China telah mengatakan akan memperkenalkan pajak properti percobaan di beberapa daerah, menambah kekhawatiran investor yang ada tentang real estat daratan.

Edison Boone, kepala analis pasar di Saxo Markets di Hong Kong, mencatat bahwa pasar tetap dalam tren yang kuat, setelah mulai mencerna kemungkinan bahwa Federal Reserve AS akan mulai mengurangi stimulus moneter pada November.

Namun, kita perlu mewaspadai apakah ini akan memberikan tekanan tambahan pada pasar properti China ketika pajak properti diterapkan. Dan konsumsi pada akhirnya bisa merugikan jika kita melihat penurunan umum harga properti Cina.

Sebagian besar perusahaan S&P 500 akan melaporkan hasil minggu ini, termasuk kelas berat teknologi seperti Facebook, Apple, Amazon, Microsoft dan Alphabet, yang telah menjadi pendorong utama reli pasar tahun ini.

Di antara perusahaan S&P 500 yang melaporkan musim ini, kejutan laba bersih adalah 13 persen. Jadi mudah untuk memahami optimisme yang menembus selera risiko meskipun ada ketakutan inflasi.

“Ekonomi masih sangat kuat. Kami berharap pemulihan akan dipercepat setelah kemacetan dan ketakutan terhadap Covid mereda.”

Bank Sentral Eropa dan Bank of Japan dijadwalkan untuk mengadakan pertemuan kebijakan moneter pada hari Kamis, meskipun tidak diharapkan untuk mengambil tindakan besar pada suku bunga. Indeks Dow Jones Industrial dan S&P 500 ditutup pada level rekor pada hari Senin. Tesla, yang melonjak 12,66 persen dan menembus nilai pasar $1 triliun, juga memberikan dorongan terbesar bagi S&P 500 dan Nasdaq.

READ  Warga Korea Selatan yang haus perjalanan naik "penerbangan wisata" untuk membawa mereka ke Jepang - aktivitas

Treasuries 10-tahun AS menetap di 1,6397 persen dari tertinggi lima bulan minggu lalu di 1,7 persen karena ketidakpastian tentang kapan Federal Reserve akan menaikkan suku bunga untuk mengekang kenaikan inflasi membebani sentimen pasar.

Dolar naik 0,1 persen pada hari Selasa, pulih dari level terendah satu bulan selama sesi sebelumnya.

Harga minyak telah meningkat sedikit, sudah pada level tertinggi multi-tahun, di pasar yang didominasi oleh kekurangan pasokan global dan peningkatan permintaan bahan bakar di AS dan luar negeri.

Minyak mentah berjangka Brent memangkas kerugian sebelumnya menjadi $86,11 per barel, naik 0,14 persen, sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS naik 0,01 persen menjadi $83,76 per barel. Dan harga emas spot turun sekitar 0,2 persen menjadi sekitar 1.804 dolar per ounce. – Reuters