POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Rusia dan Myanmar bekerja sama dalam penyediaan peralatan militer: Ifax – Asia Tenggara

Reuters

Moskow, Rusia ●
Kamis, 22 Juli 2021

2021-07-22
09:20

6f088072615a978e43b39d144ed0dfc3
2
Asia Tenggara
Min Aung Hlaing, Rusia, Militer, Dewan Militer
Gratis

Pada hari Rabu, Alexander Mikheev, kepala perusahaan perdagangan senjata negara Rusia Rosoboronexport, dikutip oleh kantor berita Interfax mengatakan bahwa Rusia bekerja sama erat dengan Myanmar untuk memasoknya dengan peralatan militer termasuk pesawat.

Aktivis HAM menuduh Moskow melegitimasi junta militer Myanmar, yang merebut kekuasaan dalam kudeta 1 Februari, dengan melanjutkan kunjungan bilateral dan kesepakatan senjata.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan kepada pemimpin junta Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing selama kunjungannya ke ibu kota Rusia bulan lalu bahwa Moskow berkomitmen untuk memperkuat hubungan militer.

Berbicara di sela-sela pertunjukan udara tahunan Rusia MAKS, yang dihadiri Presiden Vladimir Putin pada hari Selasa, Mikheev mengatakan Myanmar adalah pelanggan utama Rosoboronexport di Asia Tenggara dan mitra utama Rostec, konglomerat penerbangan dan pertahanan Rusia.

Dia tidak memberikan detail yang cukup.

Hubungan pertahanan antara kedua negara telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir, dengan Moskow memberikan pelatihan militer dan beasiswa universitas kepada ribuan tentara, serta menjual senjata ke daftar hitam tentara yang dibuat oleh beberapa negara Barat.

Baca juga: Rusia mengatakan akan meningkatkan hubungan militer dengan Myanmar dengan kunjungan pemimpin junta itu

READ  Tanggal Idul Adha 2021: Kapan Idul Adha 2021 - Dan Haji?