POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Roadmap Kebijakan Percepatan Elektrifikasi Bus Angkutan Umum di Indonesia

Roadmap Kebijakan Percepatan Elektrifikasi Bus Angkutan Umum di Indonesia

Pada 2019, Indonesia mengeluarkan 1.845.113 gigaton karbon dioksida (CO).2), menjadikan negara ini sebagai penyumbang CO2 global terbesar kelima2 emisi tahun itu. Transportasi merupakan sektor perekonomian Indonesia yang paling dinamis dan menyumbang 9% dari total emisi gas rumah kaca (GRK) nasional pada tahun 2019.

Lalu lintas merupakan sumber utama polusi udara ambien di Indonesia, di mana ozon dan partikel halus dikaitkan dengan lebih dari 110.000 kematian dini pada tahun 2019. Secara nasional, kendaraan diesel on-road menyumbang 34% dari partikel terkait lalu lintas dan kematian akibat polusi ozon pada tahun 2015.

Presiden Indonesia Joko Widodo telah mengidentifikasi kendaraan listrik (EV) sebagai teknologi utama dalam upaya memastikan kualitas hidup dan kesehatan negara di tengah pertumbuhan ekonomi yang digerakkan oleh transportasi. Sementara itu, Kota Jakarta mengambil langkah untuk mempercepat transisi menuju kendaraan tanpa emisi (ZEV) dekade ini.

Konferensi tersebut menguraikan kebijakan yang dapat diadopsi oleh pemerintah Indonesia untuk mempercepat transisi ke bus baterai-listrik (BEB), yang memberikan peluang yang jelas untuk menyediakan layanan transportasi umum yang lebih bersih dan lebih luas. Kebijakan ini terutama difokuskan pada tingkat nasional, dengan beberapa pembahasan tentang kebijakan yang diberlakukan di tingkat kota.

READ  Pemerintah siap membuat empat PDN untuk mendukung kebijakan berbasis data