POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ribuan wisatawan berduyun-duyun ke Gunung Rinzani di tengah libur lebaran

Tempo.co., Jakarta Selama tiga minggu setelah perayaan Idul Fitri, ribuan aktivis alam bebas berunjuk rasa untuk mengendurkan permintaan dengan meningkatnya kuota pendakian yang disahkan oleh Nusa Tenggara Barat (NTB). Gunung Rinzani.

Dengan 3.178 wisatawan domestik dan 243 wisatawan internasional, 3.421 pengunjung datang ke kawasan taman gunung selama periode ini, kata Pudi Sosmarty, perwakilan Balai Taman Nasional Gunung Rinzani, Selasa.

“Mereka masuk dari tiga pintu masuk utama, Senaru, Dorian dan Sembalun,” kata Pudi pada 24 Mei.

Per 4 Mei, kuota pengunjung telah dinaikkan dari 350 menjadi 525 dan ratusan wisatawan terlihat mendaki bukit dari total enam pintu masuk.

Tiga gerbang tersebut di atas sangat populer di kalangan wisatawan, sedangkan jalur alternatif yang saat ini ditingkatkan oleh Balai Taman Nasional, seperti Timbuktu, Lagu Mati dan Ike Perik, kurang dari 200 pengunjung.

Gunung Rinzani Taman Nasional ini tidak hanya menawarkan pengalaman hiking di ketinggian 3.726 meter, tetapi juga pengalaman memancing di Danau Sekara Anak dan mata air panas Aik Kalak. Teddy Azriadi, ketua Taman Nasional Rinzani, mengatakan dua hingga tiga hari akan menjadi waktu yang tepat untuk menjelajah ke daerah tersebut.

Kopi Supriyanto

Klik disini Dapatkan pengumuman berita terbaru dari Tempo di Google News

READ  114 juta orang Indonesia telah divaksinasi penuh terhadap Kovit-19