POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Rata-rata kebiasaan belanja wisatawan Bali terungkap

Rata-rata kebiasaan belanja wisatawan Bali terungkap

Bagikan artikelnya

Tahun lalu para pemimpin di Bali menyerukan industri pariwisata untuk mempromosikan pulau tersebut sebagai tujuan wisata dengan pengeluaran tinggi dan jangka panjang.

Bali dikenal sebagai destinasi yang bisa dijelajahi dengan sedikit biaya atau tanpa biaya, namun bagaimana rata-rata kebiasaan belanja wisatawan saat ini?

Pemandangan Pantai Sanur Bali.jpg

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Archipelago and Island States Forum 2023 di Bali minggu ini.

Para pemimpin dunia telah membahas segala hal mulai dari konservasi laut hingga penyerapan karbon dan masa depan pariwisata berkelanjutan.

Menteri Uno mengungkapkan, rata-rata belanja wisman ke Bali adalah USD 1.500 per orang per menginap.

Menteri Uno memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menguraikan bagaimana acara Pertemuan, Insentif, Konferensi dan Pameran (MICE) berdampak dalam meningkatkan minat wisatawan seperti Bali.

@lydearlyy Berapa biaya perjalanan ke Bali? Bukan perjalanan paling hemat, tapi menurut saya itu sangat sepadan dengan uang yang dikeluarkan mengingat banyaknya pengalaman yang kami alami ☺️ Semua harga dalam SGD dan rincian biaya perjalanan lainnya ada di halaman saya!!! #Poli #Pengurangan biaya #Bepergian #fyp #manitouq #BudgetPali #Politip Anggaran #Indonesia #fypsg ♬ Aku Suka Saat Hujan – Willis

Ia menjelaskan, “Dampak dari ajang MICE yang diikuti lebih dari lima puluh negara dan seribu peserta ini akan sangat signifikan.”

“Hal ini menunjukkan kualitas belanja wisatawan MICE tinggi sehingga akan berdampak signifikan terhadap perekonomian daerah,” imbuhnya.

Tapi apa artinya ini bagi wisatawan yang merencanakan perjalanannya ke Bali? Biaya rata-rata untuk berlibur mungkin sebesar USD 1.500, namun jika para menteri ingin mempromosikan acara-acara besar untuk menarik wisatawan asing, apa yang harus mereka lakukan untuk memastikan bahwa minat tersebut terus meningkat?

@atraveledit Simpan untuk perjalanan Anda berikutnya ke Bali 🫶🏼 DreamSea terletak di Uluwatu – Anda benar-benar tidak bisa mengalahkan pemandangan perbukitan dan Pantai Batang Batang yang terkenal! 📍 Kamp Selancar Dreamsea, Uluwatu, Bali @Dreamsea #Perjalanan Sendiri #TravelBucketList #Poli #Balihotel #Hotel pribadi #Saran Pengorbanan #Tenggelam #अलुदुविलायला #hotelsinbali #polytravel #hotel terbaik # Pembuat konten perjalanan ♬ Hei Hei Hei Kekasih – Sophie

Wisatawan yang merencanakan kunjungannya ke Bali dapat berharap untuk melihat lebih banyak acara dan festival khusus di kalender.

READ  Jokowi memastikan belum ada investor asing di proyek IKN

Dari konferensi budaya hingga acara musik besar dan festival khusus seperti Ubud Writers and Readers Festival. Pemimpin ingin mendiversifikasi alasan wisatawan ingin datang ke Bali.

Pulau tetangga Bali, Lombok, menjadi tuan rumah MotoGP akhir pekan ini. Ribuan wisatawan berduyun-duyun ke pulau itu untuk menyaksikan langsung acara tersebut.

Selama kunjungan mereka, pengunjung akan memiliki kesempatan untuk menjelajahi Lombok dan Kepulauan Gili, dan banyak dari mereka yang memanfaatkan waktu mereka di Indonesia dengan kapal feri ke Bali.

Acara musik besar berlangsung di Bali setiap minggu dengan artis kelas dunia, terutama di klub pantai paling populer di pulau ini.

Acara besar berikutnya musim ini akan diadakan pada bulan Desember, dengan artis seperti David Guetta, Martin Garrix, Fatboy Slim dan Rufus Du Soul semuanya tampil live.

Para penampil terbaik ini disebut-sebut oleh banyak pengunjung pesta sebagai salah satu alasan terbesar mereka mengunjungi Bali pada musim perayaan ini.

DJ-di-Klub Malam

Ketika para pemimpin berupaya untuk menciptakan lebih banyak acara dan atraksi bagi wisatawan di Bali, beberapa pengunjung tetap pulau ini menyampaikan kekhawatiran tentang kenaikan harga makanan, penginapan, dan pengalaman perjalanan.

Para pecinta Bali berdebat di media sosial apakah zaman sedang berubah atau biaya perjalanan di Bali meningkat melampaui kisaran yang dapat dikendalikan.

Dreamland-Pantai-di-Bali

Seorang turis Australia mendekati situs saran perjalanan Bali, Bali Bogans. Dia bertanya, “Apakah poli mahal?”

Dia menjelaskan “$60 [AUD] Steak, kopi $4, naik taksi $30 Kurang dari 4 kilometer dari bandara, taman air $300 per keluarga.

Seorang turis Bali bertanya “Ini tempat termahal di Asia. Apakah mereka serakah atau [are we] Apakah Anda dengan senang hati menaikkan harga?”

READ  Berindo memberikan dukungan di balik upaya Kanchar - Sab, 10 Juni 2023
Sarapan-makan-di-meja di Bali Guest House

Meskipun beberapa orang mungkin berpendapat bahwa Bali adalah tujuan wisata dengan anggaran terbatas, harga segala sesuatu di mana pun pasti sedang meningkat. Kami tahu pasti bahwa biaya jalan-jalan ke Bali akan meningkat bagi semua orang, berapa pun anggaran pengeluarannya.

Pada 14 Februari 2024, Bali secara resmi akan memperkenalkan pajak pariwisata baru. Biaya akan berlaku untuk setiap wisatawan yang memasuki Bali, termasuk anak-anak, dan biaya akan dikenakan sebesar Rp 150.000.

Pajak pariwisata telah ditafsirkan oleh pihak berwenang sebagai cara untuk membantu melestarikan dan mempromosikan budaya Bali dan perlindungan lingkungan.