POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Rapat Majelis Umum Toyota, data ekonomi China, rapat kebijakan Bank of Japan

Rapat Majelis Umum Toyota, data ekonomi China, rapat kebijakan Bank of Japan

Selamat datang di minggu Anda di Asia.

China akan merilis statistik utama produksi industri, properti, dan penjualan ritel, memberikan gambaran tentang jalur pemulihan ekonomi saat ini dari COVID-19. Festival belanja online dua tahunan yang berakhir pada Minggu ini juga bisa menyoroti permintaan konsumen di tanah air.

Jepang bersiap untuk mempublikasikan angka perdagangan awal untuk bulan Mei setelah melaporkan defisit selama 21 bulan terakhir berturut-turut.

Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako memulai perjalanan ke Indonesia pada hari Sabtu, kunjungan kenegaraan pertama mereka sejak naik tahta pada tahun 2019.

Dapatkan liputan terbaik di Asia dan banyak lagi dengan mengikuti kami di Twitter @karyawan.

Senin

Visi Baru untuk Forum Asia oleh Caixin Chinese Media di Singapura

Lebih dari 300 pembuat kebijakan, pemimpin bisnis, dan peneliti akan berkumpul di Singapura untuk Forum Kepemimpinan Bisnis perdana, yang diselenggarakan oleh Caixin Global, sebuah situs berita yang berbasis di Beijing. Wakil Perdana Menteri Singapura Heng Sui Kit dan mantan Menteri Keuangan AS Lawrence Summers adalah salah satu pembicara utama pada acara dua hari tersebut, yang akan membahas topik-topik utama seperti interaksi China dengan dunia, inovasi bisnis, dan tantangan perubahan iklim.

Pengadilan Hong Kong menangani masalah pelarangan lagu protes

Pengadilan Tinggi Hong Kong akan mendengarkan kasus pemerintah atas perintah untuk melarang lagu yang terkait dengan protes demokrasi 2019. Wilson Chan, seorang hakim yang menangani masalah keamanan nasional, akan memutuskan aplikasi tersebut, yang berupaya mencegah seseorang menjadi ” menyiarkan, menampilkan, mencetak, atau menerbitkan.” atau menjual, menawarkan untuk dijual, mendistribusikan, menerbitkan, menampilkan, atau memperbanyak” lagu kebangsaan tidak resmi, yang mencakup penggunaan platform Internet apa pun.

READ  Jalur menuju keamanan ekonomi di Indonesia

Aplikasi ini menyertakan tautan ke 32 video yang terkait dengan lagu tersebut di Google YouTube. Pihak berwenang mengatakan lagu tersebut mengandung slogan yang menyerukan pemisahan diri dan telah mengkritik tajam Google karena menampilkan lagu tersebut di hasil pencarian untuk lagu kebangsaan Hong Kong.

Kebijakan Moneter: Pakistan

Selasa

Pembukaan Forum Energi Bersih Asia di Manila

Bank Pembangunan Asia membuka Forum Energi Bersih Asia selama empat hari di Manila. Acara yang diselenggarakan oleh United States Agency for International Development dan Korea Agency for Energy ini bertujuan untuk mempertemukan pemangku kepentingan sektor publik dan swasta dan “berbagi ide tentang bagaimana mengambil tindakan menggunakan solusi energi bersih dalam mewujudkan kehidupan yang sejahtera, inklusif, dan tangguh. dan Asia-Pasifik yang berkelanjutan.”

Presiden Palestina mengunjungi Cina

Presiden Palestina Mahmoud Abbas memulai kunjungan empat harinya ke China atas undangan rekannya, Presiden Xi Jinping, yang telah menawarkan untuk membantu memfasilitasi pembicaraan damai Israel-Palestina.

Rabu

RUPS Toyota

Toyota Motor Corporation mengadakan rapat umum pemegang saham tahunan di kantor pusatnya di Prefektur Aichi. Perusahaan Jepang yang paling berharga akan menghadapi pertikaian yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan investor karena penasihat proksi dan dana pensiun asing mempertanyakan upaya lingkungan dan tata kelola perusahaan, mendukung proposal pemegang saham oleh investor institusi Eropa yang mendesak pengungkapan yang lebih baik dari lobi perubahan iklim perusahaan dan menentang keputusan untuk kembali pilih Akio Toyoda, mantan presiden dan pakar bisnis, sebagai presiden, karena kurangnya independensi dewan direksi.

Kamis

Data ekonomi China

China akan merilis data ekonomi utama untuk bulan Mei termasuk produksi industri, penjualan perumahan, dan perdagangan ritel. Statistik yang dirilis sebelumnya menunjukkan penurunan aktivitas pabrik dan perdagangan, menggarisbawahi pemulihan ekonomi negara yang genting akibat pandemi.

READ  Pemilik sekolah selancar di Bali dengan cemas menunggu kedatangan turis asing dalam waktu dekat

Jepang dapat berdagang statistik

Kementerian Keuangan Jepang merilis statistik perdagangan bulanan awal untuk bulan Mei. Per April, Jepang telah membukukan defisit perdagangan selama 21 bulan berturut-turut. Defisit meningkat tajam terutama setelah invasi Rusia ke Ukraina, karena kenaikan harga sumber daya dan yen yang lemah. Namun dalam tiga bulan terakhir, defisit menyusut karena nilai impor turun. Ke depan, ekspor ke Amerika Serikat dan Eropa diperkirakan akan melambat yang dipengaruhi oleh kenaikan suku bunga.

RUPS Pegatron

Perusahaan perakitan iPhone Pegatron di Taiwan mengadakan rapat umum pemegang saham tahunan di Taipei.

Kebijakan Moneter: Taiwan

Jumat

Pertemuan kebijakan Bank of Japan

Bank of Japan diperkirakan akan mempertahankan kebijakan moneter ultra-longgar ketika dewannya bertemu pada hari Kamis dan Jumat, meskipun tingkat inflasi konsumen tinggi. Gubernur Kazuo Ueda tetap berhati-hati tentang risiko pertumbuhan global yang lemah dan tampaknya ingin mempertahankan dukungan moneter. Namun, ekspektasi tetap tinggi di antara para pelaku pasar bahwa BoJ akan menyesuaikan kebijakannya tahun ini, membuat keputusan kebijakan tersebut menjadi peristiwa yang sangat dinantikan.

Pertemuan para menteri transportasi G7

Menteri transportasi dari kelompok tujuh ekonomi kaya berkumpul di kota Ise Jepang tengah, Prefektur Mie, rumah bagi kuil Shinto bersejarah yang dihormati sebagai “jiwa Jepang” dan tempat KTT G7 sebelumnya yang diketuai Jepang pada 2016. Para peserta akan diskusikan bagaimana pemerintah dapat mendukung upaya sektor swasta untuk meningkatkan Aksesibilitas di daerah yang tidak berpenghuni, realisasi transportasi universal, dekarbonisasi bandit.

akhir pekan

Kaisar Jepang mengunjungi Indonesia

Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako akan berkunjung ke Indonesia pada 17-23 Juni sebagai tamu negara. Selama masa inap yang dijadwalkan, mereka akan menghadiri jamuan yang diselenggarakan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo dan istrinya. Naruhito juga dijadwalkan terbang ke Yogyakarta, di mana ia akan menghadiri makan malam yang diselenggarakan oleh gubernur provinsi khusus dan mengunjungi Borobudur, sebuah candi Buddha warisan dunia. Presiden Widodo mengungkapkan keinginannya untuk mengundang Naruhito dan Masako ke negaranya saat bertemu saat Widodo berada di Jepang Juli lalu.

READ  Pasar Berkembang: Rupiah Indonesia mencapai level terendah dua tahun karena mata uang Asia bersiap untuk kerugian mingguan karena kesengsaraan ekonomi

Festival E-niaga Tiongkok

Festival Belanja Blitz ke-618 Tiongkok, salah satu karnaval belanja terbesar di negara itu, ditutup pada hari Minggu. Karena ini adalah acara belanja besar pertama sejak China dibuka kembali, ini mungkin menawarkan gambaran sekilas tentang konsumsi yang lemah di negara tersebut. Karena semakin banyak platform e-niaga, seperti Pinduoduo, mengklaim selalu menawarkan harga murah, minat pelanggan China untuk berbelanja secara bertahap berkurang dalam beberapa tahun terakhir. Lebih banyak platform mengklaim untuk menawarkan harga eksklusif tahun ini, yang telah mengintensifkan persaingan dari tahun-tahun sebelumnya.