POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Presidensi G20 India 2023: Apa Artinya dan Apa yang Dapat Kita Harapkan – Dunia

Globalisme


Presidensi G20 India 2023: Apa artinya dan apa yang dapat kita harapkan





NEW DELHI (Reuters) – India memulai masa kepresidenan satu tahun di Kelompok 20 ekonomi minggu ini, menggantikan Indonesia pada saat gejolak geopolitik dan ketidakpastian atas pemulihan ekonomi pasca-pandemi.

Apa itu G20?

G20 dibentuk setelah krisis keuangan yang melanda ekonomi Asia Tenggara pada akhir 1990-an sebagai forum untuk menteri keuangan dan gubernur bank sentral, dan ditingkatkan pada tahun 2007 untuk menyertakan kepala negara dan pemerintahan.

Selama dan setelah krisis keuangan global 2008, upaya bersama G-20 membantu menenangkan kepanikan dan memulihkan pertumbuhan ekonomi.

Grup ini mencakup 19 negara lintas benua dan Uni Eropa, dan menyumbang sekitar 85% dari PDB global.

G20 juga mengundang negara-negara non-anggota, termasuk Bangladesh, Singapura, Spanyol, dan Nigeria, bersama dengan organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa, Organisasi Kesehatan Dunia, Bank Dunia, dan Dana Moneter Internasional.

Apa arti ENTAIL bagi Kepresidenan G20?

G20 tidak memiliki sekretariat permanen, dan satu anggota memegang kursi kepresidenan setiap tahun untuk mengarahkan agenda kelompok, yang dibagi menjadi dua jalur – satu dipimpin oleh menteri keuangan dan yang lainnya oleh utusan dari para pemimpin negara anggota.

Setelah India, Brasil akan menjadi presidensi G20, diikuti oleh Afrika Selatan pada 2025.

Selama masa jabatannya, India akan mengadakan lebih dari 200 pertemuan di sekitar 50 kota yang melibatkan menteri, pejabat, dan masyarakat sipil, yang mengarah ke pertemuan puncak tenda di ibu kota, New Delhi, pada September 2023.

READ  15 pulau terbaik di dunia yang akan pensiun pada tahun 2021

Sekitar 30 kepala negara dan pemerintahan dari anggota G20 dan negara undangan akan menghadiri KTT tersebut.

Apa agenda selanjutnya untuk G20?

Perdana Menteri India Narendra Modi telah menyerukan kerja sama internasional untuk menangani isu-isu global, menguraikan pendekatan negara tersebut terhadap G20.

“Tantangan perubahan iklim, terorisme, dan pandemi tidak dapat diselesaikan dengan saling berperang, tetapi hanya melalui tindakan kolektif,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Modi juga menekankan perlunya “mendepolitisasi pasokan makanan, pupuk, dan produk medis global, sehingga ketegangan geopolitik tidak mengarah pada krisis kemanusiaan.”
Pernyataannya mencerminkan posisi New Delhi bahwa konflik di Ukraina, yang dipicu oleh invasi Rusia pada Februari, harus diselesaikan melalui dialog dan diplomasi.

Ditanya tentang partisipasi Rusia dalam G20 selama kepresidenan India, juru bicara Kementerian Luar Negeri India mengatakan bahwa karena Rusia adalah anggota G20, “kami berharap mereka terlibat dalam proses ini… kelompok perlu berbicara dengan satu suara, khususnya tentang isu-isu penting yang mempengaruhi dunia.”
Apa arti G20 bagi India dan Modi?

Pemilihan waktu KTT, menjelang pemilihan umum India yang dijadwalkan pada tahun 2024, dapat membantu meningkatkan reputasi Modi yang sudah berkembang di dalam negeri sebagai pemimpin internasional.

Pemimpin berusia 72 tahun itu tampaknya memiliki hubungan pribadi dengan beberapa rekannya di G20, termasuk Presiden AS Joe Biden dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Namun, situasi geopolitik dan ekonomi yang kompleks saat ini akan mempersulit India dan Modi untuk membentuk tanggapan internasional terhadap berbagai krisis.

Ini adalah momen ketika India bertransisi dari “pengambil aturan menjadi pembuat aturan,” kata Rajeev Bhatia dan Manjit Kripalani dari wadah pemikir Gateway House India.
“Negara ini belum banyak berinvestasi dalam lembaga pembuat aturan multilateral seperti G20, tetapi tidak ada kata terlambat untuk memulai.”

READ  Tanker minyak dukungan AS terjebak di Indonesia membawa bahan bakar Venezuela

“; var i = Math.floor(r_text.length * Math.random()); document.write(r_text[i]);