POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Presiden minta Jembatan Se Alalak di Kalsel segera dibuka

Memang benar Presiden sudah meminta agar Jembatan Alak segera dibuka. Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Jakarta (Andara) – Presiden Joko Widodo menyerukan segera dibukanya kembali Jembatan Che Kallak di Kalimantan Selatan yang menghubungkan Kota Panjermasin dengan Kalimantan Tengah dan Kabupaten Barido-Kola.

“Benar Pak Presiden sudah meminta agar Jembatan Alal segera dibuka. Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” kata Heru Pudi Hardono, Kepala Sekretariat Presiden, dalam keterangan yang dikeluarkan Andara di Minggu.

Warga Kalsel meminta pemerintah membuka kembali jembatan tersebut untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di pertigaan jembatan tersebut, karena jalan lingkar utara rusak parah diterjang banjir.

Oposisi semacam itu menarik perhatian Presiden. Mengetahui jembatan itu memiliki peran penting bagi masyarakat, dia mengatakan jembatan tersebut harus segera dibuka.

“Hanya kendaraan roda dua dan mobil penumpang yang boleh melintasi jembatan tersebut,” kata Hardono.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan siap menjalankan perintah Presiden tersebut.

Berita Terkait: Naik perahu dan berbelanja di pasar terapung Lock Pine

“Kami sudah melakukan pemeriksaan akhir kondisi jembatan dan sudah siap dibuka atas instruksi Presiden,” katanya dalam keterangan yang dikeluarkan Sekretariat Presiden.

Hadimuljono mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kalsel dan Polda Kalsel.

“Kami akan melakukan uji operasional terlarang dan koordinasi dengan Dishub Kalsel dan Polda Kalsel.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas dan tidak memarkir atau memarkir kendaraan roda dua dan mobil penumpang di jembatan tersebut.

“Kami prihatin dengan jembatan yang baru dibangun, banyak orang ingin melihat dan mengambil beberapa foto. Demi kebaikan kita bersama, harap tertib dan patuhi aturan lalu lintas,” katanya.

READ  Australia mengakhiri Perjanjian Perumahan Imigran dengan Papua Nugini

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dan menjaga kedisiplinan di sekitar area jembatan.

Pembangunan Jembatan Sei Alalak selesai pada Jumat, 24 September 2021. Jembatan tersebut dibangun untuk menggantikan jembatan Kayu Tanki I yang telah berusia 30 tahun, yang akan berdampak besar bagi perekonomian masyarakat.

Berita Terkait: Melihat lebih dekat wisata pertanian sungai di Pancharmasin