POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Presiden Djokovic membuka tujuh kursi untuk PON di Papua

Setelah membangun stadion, pekerjaan kami belum selesai. Langkah selanjutnya adalah memelihara dan menggunakan ruang-ruang ini dengan cara sebaik mungkin

JAKARTA (ANDARA) – Presiden Joko Widodo (Djokovic) pada Sabtu membuka tujuh venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Jayapura, Papua. Tempat-tempat ini termasuk Perjamuan Istora Papua, Stadion Akuatik, Stadion Kriket, Tempat Hoki, Tempat Mendayung, Tempat Panahan dan Tempat Roller Skate.

“Kita patut bersyukur balai XX Pan Papua selesai dibangun dan siap mendukung perhelatan nasional ini,” kata Djokovic.

Dalam peresmian tersebut, Presiden Djokovic didampingi Ketua DPR RI Buan Maharani, Menteri Pertahanan Prabho Subiando, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi Pahil Lahtalia, dan Presiden Intelijen Negara. Agensi Pudi Gunawan. Panglima TNI Marsekal Hadi Tajajanto, Kapolri Jenderal Listo Bravo dan pejabat negara lainnya.

Berita Terkait: Ketua BNPT Boy Rafli Amar meninjau lokasi PON di Papua

Presiden Djokovic mencontohkan, berbagai lokasi PON hadir dengan berbagai inovasi konstruksi canggih yang hemat energi dan ramah lingkungan.

“Setelah membangun balai-balai, pekerjaan kami belum selesai. Tugas selanjutnya adalah menjaga ruang-ruang ini dan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Usai PON, kepala negara mendesak pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait mengakomodasi kebutuhan pemuda Papua dan memelihara fasilitas.

Berita Terkait: PON, tetap buka venue untuk pertandingan setelah tur, kata Papua

Partai Republik menugaskan gubernur, bupati, dan walikota untuk segera mengatur pengelolaan fasilitas secara profesional.

“Kami yakin venue-venue yang ada akan tetap terjaga dengan baik. Gunakan ruang ini untuk atlet-atlet muda berprestasi nasional dan internasional,” tandasnya.

Presiden Djokovic akan membuka PON XX pada hari Sabtu di Stadion Lucas Enambe di Kabupaten Jayapura.

READ  'Kami akan lebih menderita': Pengungsi PNG mengatakan keluarnya Australia menempatkan diri mereka dalam masalah imigrasi dan suaka Australia

Pesta Olahraga Nasional akan diselenggarakan pada 2-15 Oktober 2021, dengan 7.039 atlet, 3.585 ofisial olahraga, dan 2.017 ofisial tim ambil bagian dalam total 37 pertandingan.

Berita Terkait: Pusat Kreatif Pemuda Papua untuk membangun kumpulan bakat Papua: Djokovic

Berita Terkait: Istora Papua memulai pemberontakan ketika Presiden Djokovic tiba di tempat kerja