POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Prakiraan Perekonomian Indonesia Juni 2024

Prakiraan Perekonomian Indonesia Juni 2024

Prospek Perekonomian Indonesia (IEP) adalah laporan utama yang dikeluarkan oleh Bank Dunia setiap dua tahun sekali yang memberikan penilaian yang tidak memihak dan terkini mengenai perkembangan, kebijakan, dan pandangan makroekonomi serta tantangan pembangunan yang obyektif bagi perekonomian Indonesia. Laporan IEP bertujuan untuk memberikan masukan bagi perdebatan kebijakan publik dan ditujukan untuk khalayak luas, termasuk pembuat kebijakan, pemimpin bisnis, pelaku pasar keuangan, komunitas analis investasi, profesional, akademisi, lembaga think tank, dan masyarakat umum.

IEP terdiri dari dua bagian utama dengan tujuan spesifik dan saling melengkapi. Bagian Pertama menyoroti perkembangan ekonomi utama selama beberapa bulan terakhir, dan menempatkannya dalam konteks global jangka panjang. Berdasarkan perkembangan dan perubahan kebijakan selama periode ini, IEP secara berkala memperbarui prakiraan perekonomian Indonesia. Bagian laporan ini berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan mendesak akan pemantauan makroekonomi yang teratur dan sehat. Bagian kedua dari laporan ini menyajikan kajian mendalam mengenai isu-isu ekonomi dan politik tertentu, serta analisis tantangan-tantangan pembangunan jangka menengah.

IEP edisi Juni 2024 akan membahas lanskap lingkungan bisnis di Indonesia dan peran kebijakan reformasi struktural dalam meningkatkan daya saing dan pertumbuhan dalam jangka menengah di bawah kondisi global yang bergejolak. Hal ini akan didasarkan pada hasil survei perusahaan terbaru untuk menganalisis produktivitas perusahaan dan tren pembangunan, serta reformasi yang diperlukan untuk memajukan agenda daya saing dan meningkatkan investasi dan lapangan kerja di sektor swasta.

READ  Inflasi Diramal Aman, Daya Beli Orang RI Bisa Makin Kuat!