POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan di berbagai wilayah, bencana cuaca air di Maluku Utara

Tempo.co, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatik, dan Geofisika atau BMKG Prakiraan Cuaca Hujan terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia pada Sabtu, 16 September. Hujan lebat diperkirakan akan melanda Ambon, Jayapura, dan Mamuju.

Kemungkinan hujan sedang di Medan. Sedangkan Banda Aceh, Korandalo, Pontianak, Pancharmasin, Balangaraya, Samarinda, Bangal Penang, Tanjung Penang, Ternat dan Kendari akan diguyur hujan ringan hingga lebat.

“[As well as] Di kota-kota yang tertutup kabut asap seperti Jambi, Balangaraya, dan Palembang, Sedangan Kaput Durun de Samarinda.
kata PMKG dalam situsnya. Seperti dikutip dari BMKG.

Suhu cuaca berkisar antara 17 hingga 36 derajat Celcius. Suhu minimum di Bandung dan maksimum di Makassar.

Prakiraan cuaca berdasarkan dampak hujan lebat dengan tingkat peringatan akan terjadi di Maluku Utara. Angin kencang berpeluang terjadi di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

BMKG mengeluarkan peringatan dini kemungkinan terjadinya air pasang di beberapa laut Indonesia pada 16-17 September.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari tenggara – barat daya dengan kecepatan angin 5 – 20 hari. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian Selatan umumnya bergerak dari Timur – Tenggara dengan kecepatan 8 – 30 knot. Kecepatan angin tinggi terpantau di Samudera Hindia selatan Pulau Sumba, perairan barat Kepulauan Selyar, dan selatan Merak.

Kondisi ini akan berdampak pada pasang surut air laut setinggi 2,5 – 4 meter di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, barat Pengulu hingga Lampung, Samudera Hindia barat Aceh hingga Kepulauan Nias, barat dan selatan hingga Selat Sunda, selatan Bali hingga Sumbawa , Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Selat Sabe Selatan, perairan selatan Pulau Sumba, Laut Sau, Samudera Hindia selatan NTT, perairan selatan Kepulauan Tanimbar, Laut Banda selatan Pulau Sula, dan Laut Araburu. Sedangkan gelombang dengan tinggi 4 – 6 meter dimungkinkan terjadi di Samudera Hindia sebelah barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung dan di Samudera Hindia dari Bandon hingga Nusa Tenggara Barat atau NTP.

READ  Eric Tohir telah menjamin keselamatan Israel di Piala Dunia FIFA U20

Maria Francisca Lahore

Seleksi Guru: Cuaca Indonesia: BMKG memperkirakan akan turun hujan di banyak wilayah

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News