POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pinay kreatif yang berbasis di China sekarang menjadi pengusaha terkemuka

Pinay kreatif yang berbasis di China sekarang menjadi pengusaha terkemuka

Sementara kebanyakan orang Filipina bermimpi menjalani kehidupan sebagai ekspatriat di negara-negara Barat, Caroline Ong ingin mencoba peruntungannya di negara yang lebih dekat dengan rumah dan hatinya.

“Saya ingin bekerja di Cina.” Itulah yang dia tunjukkan kepada alam semesta bahkan sebelum dia menjadi inovator periklanan global dan membuka jalan bagi merek kreatif Filipina untuk diakui di panggung dunia.

Carol, yang berasal dari Kota Bacolod, adalah generasi ketiga Tionghoa Filipina. Untuk menjadi lingkaran penuh dengan akar Cina, dia ingin belajar bahasa Mandarin sehingga dia bisa bekerja di Shanghai.

“Saya bermimpi datang ke Shanghai sebelum menjadi mode. Yang membuat saya kecewa, saya tidak mampu membiayai pendidikan dan hidup tanpa pekerjaan. Saya tidak dapat menemukan beasiswa. Saya mencari peluang kerja, tetapi mengapa ada orang yang mempekerjakan seorang copywriter Inggris di negara? Bukankah dia berbicara bahasa Inggris? Saya telah membuat rencana permainan. Portofolio bisnis saya harus sangat kuat, [that] Saya akan mendapatkan pekerjaan meskipun dari goresan mandarin saya [skills]katanya dalam wawancara e-mail dengan penanya.

Jadi saya mengambil kelas bahasa Mandarin. Dia telah berhasil dan mengisi resumenya dengan perusahaan dan merek multinasional yang diakui oleh biro iklan di luar negeri.

Perjalanannya sebagai ekspat Filipina di China dimulai pada tahun 2006 ketika dia menerima telepon dari Bartle Bogle Hegarty (BBH), yang telah membangun banyak merek paling terkenal di dunia. Dia diundang untuk membantu memulai BBH di Shanghai.

Dia tidak tahu bahwa BBH adalah salah satu biro iklan legendaris di dunia dan merupakan kreatif Filipina pertama yang dipekerjakan oleh perusahaan ini di mana pun di dunia.

Dia mencari bimbingan dari bosnya, David Guerrero dari BBDO-Guerrero Ortega, yang menyuruhnya untuk pergi kepadanya karena jika dia baik, dia pasti akan membuka lebih banyak pintu bagi pencipta Filipina lainnya.

“Ketika saya pertama kali datang, saya harus beradaptasi dengan mentalitas dunia pertama. Shanghai membuka dunia peluang dan memperluas pandangan dunia yang tampaknya tak terbayangkan di rumah. Mentalitas di sini adalah bahwa kita bisa menjadi yang terbaik di dunia, dan kita pantas mendapatkannya. yang terbaik di dunia.” Bekerja dengan yang terbaik dari yang terbaik di pasar global yang berbeda, saya menyadari bahwa kami, orang Filipina, baik, bahkan lebih baik dalam beberapa hal,” jelasnya.

GARIS PERAWATAN KULIT BEBALM

Baik untuk anak-anaknya dengan rangkaian perawatan kulit Bebebalm.

propaganda humor

Carol memulai bisnis dan memperkenalkan iklan humor ke pasar Cina. Kampanye iklan Mentos Gum-nya sukses secara komersial dan kreatif, diakui sebagai salah satu dari 100 iklan terbaik dunia oleh Gunn Report. Ini menyapu acara penghargaan di China, termasuk Best in Show di China 4As Golden Seal Awards yang bergengsi. Itu adalah salah satu kampanye iklan pertama yang diekspor China ke seluruh dunia.

READ  Kamar mayat rumah sakit COVID-19 Fiji penuh, bahan bakar alternatif Delta mencatat cedera

Bertekad untuk membuktikan bahwa materi iklan Filipina berada di atas yang lain, Carol memastikan bahwa setiap proyek yang dikerjakannya meningkatkan standar kreativitas tidak hanya di China tetapi juga secara global.

Di antara proyeknya yang paling menonjol adalah kampanye Mobile Superhero 2009 untuk World Wildlife Fund for Nature China. Kampanye “Fate’s in Your Hands” telah menyapu penghargaan inovasi di Webby Awards, Adfest Innova Lotus, dan di festival internasional besar.

Saya membuat dari awal boneka beruang virtual augmented reality selama era pra-ponsel cerdas, ketika hiburan seluler hanya terbatas pada nada dering mewah. Beruang virtual berinteraksi dengan lingkungan nyata di mana pun Anda mengarahkan kamera ponsel Anda. Dia kemudian mengarahkan pemirsa ke petisi digital untuk membuat perubahan nyata di lingkungan.

Reputasinya sebagai salah satu pencipta paling penting di Asia telah mengundang undangan untuk bergabung dengan juri festival kreativitas internasional paling bergengsi, termasuk Cannes Lions dan Spikes Asia pada 2017 dan 2018; dan Dubai Lynx Awards pada tahun 2020 dan 2021. Dia menjadi mentor di Cannes Lions See It Be It Festival.

Untuk kontribusi teladannya pada periklanan dan kreativitas, mantan Presiden Rodrigo Duterte menganugerahkan kepada Carroll Penghargaan Pamana N.G. Bilibino (Penghargaan Warisan Filipina), yang diberikan kepada orang Filipina internasional yang telah membawa kehormatan dan pengakuan ke negara tersebut. Dia adalah yang pertama di industri periklanan dan kreatif yang diberi kehormatan ini, dan orang Filipina pertama dari China yang mendapat kehormatan itu.

“Saya bersyukur Filipina dan Kantor Kepresidenan mengakui peran inovator dan industri kreatif dalam pembangunan bangsa. Orang Filipina secara alami kreatif. Ini adalah kekuatan kami. Saatnya memanfaatkan kekuatan itu dan mengekspor merek kreativitas Filipina kami. ke dunia.”

Di Cannes Lions Festival 2018

JUROR di Cannes Lions
di 2018

Belajar sebagai ekspatriat

Carol menggambarkan hidupnya sebagai ekspatriat di China sebagai periode pertumbuhan. “Dalam setiap arti kata, saya telah berkembang begitu banyak—dari perspektif saya dalam hidup saya, pekerjaan periklanan saya, keluarga saya, dan terutama lingkar pinggang saya,” tambahnya. Dia bermaksud untuk tinggal di Shanghai hanya selama dua tahun. Sekarang, dia sudah di sana selama 16 tahun. Menjadi pengamat langsung di negara asing telah memperluas pandangannya tentang budaya Tionghoa. Mereka mengajarinya beberapa pelajaran hidup yang penting seperti “Melakukan sesuatu yang lebih baik daripada [getting it] sempurna.”

READ  Dua warga Kepulauan Solomon tersesat di laut selama 29 hari karena kelapa dan berdoa

“Waktu adalah sumber daya yang berharga bagi orang Tionghoa sehingga mereka bertindak cepat dan memperbaikinya saat mereka pergi. Membuang-buang waktu adalah membuang-buang uang dan kesempatan. Mereka juga mengajari saya bahwa ‘memberi muka’ adalah budaya kompleks untuk menunjukkan rasa hormat dan martabat dalam situasi apa pun. Adalah masalah besar untuk membuat seseorang ‘kehilangan muka’ atau merasa Malu, terutama di depan umum. Orang Cina juga percaya bahwa kita mungkin harus “mengambil kekalahan untuk menang.” Hubungan jangka panjang lebih berharga daripada keuntungan moneter jangka pendek.

Pekerjaan Carroll sebagai pencipta telah mengambil banyak tekanan dan stres. Melalui semua itu, saya telah belajar untuk hidup dengan mantra sederhana yang “merasa kurang menyesal.” “Ketika saya berada di persimpangan jalan dan kedua jalan memiliki pro dan kontra yang sama, saya bertanya pada diri sendiri, ‘Ketika saya berusia 90 tahun dan melihat ke belakang, jalan mana yang paling tidak saya sesali bahkan jika saya gagal?’ “Jawabannya jelas. Bukan keberanian. Saya hanya takut menyesal tidak melakukannya selama saya punya kesempatan,” jelasnya. Dia ingin ketiga anaknya hidup dengan mantra ini juga.

Kewirausahaan

Selama hiatusnya, Carol senang mempelajari dan merumuskan produk perawatan kulit vegan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Dia menceritakan bahwa anak pertamanya lahir dengan eksim yang sangat kering dan gatal. Sepertinya tidak ada obat yang bekerja pada masalah kulit anaknya. Untungnya, suaminya Mike adalah seorang dokter. Pasangan ini berkolaborasi untuk membuat kulit putra mereka lebih sehat. Pengetahuan bersama tentang sains dan alam membuat mereka memformulasikan solusi perawatan kulit nabati yang baik dan lembut untuk bayi mereka.

Melalui pengalaman ini, Carol merasa sudah waktunya untuk melakukan lompatan besar lagi. Setelah memikirkannya dengan cermat, dia meninggalkan karir periklanan ekspatriatnya untuk menjadi “pengusaha”. Dia sekarang adalah pendiri Bebebalm, garis kulit alami untuk ibu, bayi, anak-anak, dan mereka yang memiliki kulit sensitif.

“Gairah saya membuat saya menciptakan produk untuk meredakan ruam, gigitan serangga gatal, bekas luka, jerawat, dan menghilangkan rasa sakit. Ini menjadi tujuan saya dan pekerjaan penuh waktu saya, sementara periklanan menjadi hobi saya. Freelancing membuat periklanan menjadi menyenangkan lagi karena merek-merek besar memiliki sumber daya untuk mengimplementasikan ide-ide saya. Saya juga mendapatkan ringkasan yang lebih menantang yang tidak dapat diselesaikan oleh klien dan agensi sendiri,” katanya.

READ  Kementerian pertanian Korea Utara diangkat menjadi komisi negara di tengah kekurangan pangan

Sebagai bentuk balas budi, Carol juga ikut mendirikan Kamar Bisnis dan Profesional Filipina, Shanghai pada tahun 2018. Organisasi ini bertujuan untuk memamerkan dan memfasilitasi pertukaran perdagangan antara Filipina dan Tiongkok. Ini juga bertujuan untuk mengangkat citra pengusaha Filipina di China.

Tetapi seperti semua orang Filipina yang tinggal di luar negeri, dia sering mendapati dirinya melamun tentang pulang ke rumah. “Kampung halaman saya, Bacolod City, adalah pahlawan dari kehidupan yang lambat [and] Makanan lambat yang bagus. Ada hawa dingin yang rasanya tidak perlu banyak untuk menikmati hidup yang baik. Ini adalah alam semesta yang berbeda dari kecepatan kilat [life in] Shanghai di mana saat Anda berhenti, Anda akan tertinggal,” jelasnya.

Menjadi pelopor dalam industri periklanan dan kreatif, Carol yakin bahwa jaringan adalah kunci sukses di bidang yang berkembang ini. “Bukan hanya apa yang Anda ketahui, bukan siapa yang Anda kenal, tetapi siapa yang mengenal Anda. Anda mungkin orang terbaik untuk pekerjaan itu, tetapi jika tidak ada yang tahu Anda ada, Anda tidak akan mendapat kesempatan. Kita harus keluar dan membangun jaringan karena hal-hal baik datang kepada mereka yang menjadi top of mind.”

Bagi mereka yang mempertimbangkan memasuki periklanan sebagai karier, Carroll menyarankan mereka untuk melanjutkan dengan banyak kehati-hatian dan optimisme di tengah munculnya kecerdasan buatan (AI) yang telah mengubah lanskap periklanan.

“Kita berada di era AI. AI dapat melakukan pekerjaan rutin apa pun lebih cepat: call center, perbankan, hukum, teller, pengemudi otomatis. Tapi AI membutuhkan kreativitas manusia untuk bekerja. Kreativitas adalah bukti masa depan. Orang Filipina pada dasarnya kreatif dan mahir, dan inilah kekuatan yang dapat kami ekspor: kreativitas pada orang, produk, atau layanan.”

“[That] Dia berkata, Cukup baik tidak cukup baik. AI dapat membuat 20.000 baris teks per detik, seni langsung, dan menghadirkan desain grafis berkualitas dalam hitungan menit. Kita perlu bertahan dan mengasah keterampilan kita agar tetap relevan, dan menjadi yang terdepan dalam AI.

Alamat bisnis dalam waktu kurang dari satu menit

baca berikut ini

Jangan lewatkan berita dan informasi terbaru.

ikut serta dalam PERTANYAAN PLUS Untuk mengakses The Philippine Daily Inquirer dan lebih dari 70 judul, bagikan hingga 5 widget, dengarkan berita, unduh sedini 4 pagi dan bagikan artikel di media sosial. Hubungi 896 6000.