POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Perusahaan Teknologi Paling Penting yang Belum Pernah Anda Dengar

Ini adalah perusahaan teknologi paling berharga di Eropa. Nilai pasarnya telah meningkat dari $25 miliar menjadi $225 miliar dalam satu dekade. Delapan bulan lalu, itu mencapai nilai tertinggi seumur hidup lebih dari $350 miliar. Perusahaan Belanda ini menghasilkan hampir $20 miliar dalam penjualan bersih dan lebih dari $6 miliar laba tahun lalu. Namun, kemungkinan besar Anda belum pernah mendengarnya. ASML Holdings menggambarkan dirinya sebagai “perusahaan teknologi terpanas yang pernah Anda dengar” dan memang demikian. ASML adalah salah satu produsen peralatan manufaktur chip terkemuka di dunia. Ini merancang dan memproduksi mesin litografi – komponen penting dari manufaktur microchip yang masuk ke smartphone, pusat data, komputer pribadi, laptop, mobil, dan banyak lagi. ASML memproduksi sistem litografi yang digunakan untuk membuat sirkuit chip komputer. Sistem litografi mereka dapat ditemukan di pabrik setiap pembuat chip besar di dunia. Mesin ASML yang lebih canggih menggunakan panjang gelombang cahaya yang disebut EUV, yang merupakan singkatan dari radiasi ultraviolet ekstrim. Mesin menggunakan berkas cahaya EUV, yang dihasilkan oleh laser dan difokuskan oleh cermin raksasa, untuk menempatkan lingkaran sempit yang tidak biasa pada lembaran silikon yang dikenal sebagai wafer. Hal ini pada gilirannya memungkinkan untuk membuat mikroprosesor, chip memori, dan komponen canggih lainnya yang lebih cepat dan lebih kuat, yang penting untuk elektronik konsumen dan aplikasi militer. Sistem litografi menampilkan cahaya melalui garis pola pada wafer silikon fotosensitif. Setelah mencetak pola, sistem sedikit menggerakkan chip dan membuat salinan lain pada chip. Proses ini diulang sampai wafer tertutup pola, menyelesaikan satu lapisan kue. Untuk membuat chip yang lengkap, proses ini diulang lapis demi lapis, susun pola untuk membuat sirkuit terpadu (IC).

READ  Pumputis bergabung dengan daftar pemain Olimpiade Brasil - Jaket Kuning Georgia Tech

Chip yang paling sederhana memiliki sekitar 40 lapisan, sedangkan yang paling kompleks dapat memiliki lebih dari 150 lapisan.

Pembaca yang terhormat,

Business Standard selalu berusaha untuk memberikan informasi dan komentar terbaru tentang perkembangan yang penting bagi Anda dan yang memiliki implikasi politik dan ekonomi yang lebih luas bagi negara dan dunia. Dorongan dan umpan balik Anda yang berkelanjutan tentang bagaimana kami dapat meningkatkan penawaran kami telah membuat tekad dan komitmen kami terhadap cita-cita ini semakin kuat. Bahkan selama masa-masa sulit yang disebabkan oleh Covid-19 ini, kami melanjutkan komitmen kami untuk memberi Anda berita terbaru yang tepercaya, pendapat yang berwibawa, dan komentar berwawasan tentang masalah topikal yang relevan.
Namun, kami memiliki permintaan.

Saat kami melawan dampak ekonomi dari pandemi, kami membutuhkan lebih banyak dukungan Anda, sehingga kami dapat terus menghadirkan lebih banyak konten berkualitas untuk Anda. Formulir berlangganan kami telah melihat tanggapan yang menggembirakan dari banyak dari Anda, yang telah berlangganan konten kami secara online. Berlangganan lebih lanjut ke konten online kami hanya dapat membantu kami mencapai tujuan kami untuk menyediakan konten yang lebih baik dan lebih relevan. Kami percaya pada jurnalisme yang bebas, adil, dan kredibel. Dukungan Anda dengan lebih banyak langganan dapat membantu kami mempraktikkan jurnalisme yang menjadi komitmen kami.

Mendukung pers berkualitas dan Berlangganan Standar Bisnis.

editor digital