POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Perusahaan modal ventura Eropa, Atomico, mengumpulkan ,1 miliar untuk mengatasi perlambatan teknologi

Perusahaan modal ventura Eropa, Atomico, mengumpulkan $1,1 miliar untuk mengatasi perlambatan teknologi

Dapatkan pembaruan gratis untuk Atomico Investment Holdings Ltd

Perusahaan modal ventura asal Eropa, Atomico, telah mengumpulkan dana baru sebesar $1,1 miliar untuk berinvestasi pada startup, menentang perlambatan yang lebih luas dalam industri teknologi.

Grup yang berbasis di London ini mengumpulkan dana segar melalui dana ventura dan pertumbuhan barunya, menurut pengajuan peraturan AS, mendekati target $1,35 miliar untuk kedua kendaraan tersebut.

Modal baru ini datang pada saat perusahaan modal ventura mengalami kesulitan untuk mengumpulkan dana, karena kenaikan suku bunga dan turunnya penilaian publik terhadap perusahaan rintisan telah menyebabkan investor mengurangi pengeluaran.

Pendanaan modal ventura Eropa untuk perusahaan rintisan melambat pada paruh pertama tahun ini, dengan nilai total kesepakatan tersebut turun lebih dari 60 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, menurut penelitian PitchBook.

Pada kuartal kedua, jumlah investasi perusahaan modal ventura Eropa turun 40 persen tahun-ke-tahun menjadi sekitar $20 miliar. Di Amerika Utara, investasi berkurang hampir setengahnya pada periode yang sama menjadi $42 miliar.

Didirikan pada tahun 2006 oleh pendiri Skype Niklas Zennström, Atomico telah memantapkan dirinya sebagai salah satu investor teknologi paling produktif di Eropa, mendukung lebih dari 130 startup.

Mereka telah berinvestasi di perusahaan-perusahaan termasuk Klarna, grup fintech beli sekarang bayar nanti, dan Lilium, sebuah startup mobil listrik terbang. Atomico, yang memiliki dana kelolaan sebesar $5 miliar, sebelumnya telah mengumpulkan $820 juta untuk dana kelima pada tahun 2020.

“Saya pikir ada potensi besar di Eropa untuk menciptakan lebih banyak perusahaan seperti Skype. Mari kita uraikan [Silicon Valley] Monopoli. “Kita bisa membangun hal yang sama atau bahkan lebih baik di Eropa,” kata Zennstrom baru-baru ini dalam sebuah wawancara dengan Financial Times.

READ  Rupendra Nigam, Spykar Lifestyles Pvt. Ltd

Pembiayaan baru Atomico termasuk yang terbesar tahun ini di Eropa. Pada bulan Januari, perusahaan modal ventura Highland Europe menutup dana barunya sebesar €1 miliar, sementara Dawn Capital yang berbasis di London bulan lalu mengumpulkan $700 juta.

Para pemodal ventura harus menghadapi sejumlah tantangan selama 18 bulan terakhir, termasuk kenaikan inflasi. Valuasi pasar swasta untuk beberapa perusahaan rintisan terkemuka, seperti perusahaan pengiriman Turki Geter, telah dipotong secara signifikan untuk mencerminkan kondisi makroekonomi yang sulit.

Pasar penggalangan dana bagi pemodal ventura juga terhambat oleh kelangkaan penawaran umum perdana, yang merupakan jalur utama bagi para manajer untuk keluar dari investasi mereka dan menghasilkan keuntungan bagi para pendukung institusional mereka.

IPO yang fluktuatif pada bulan lalu yang dilakukan oleh beberapa perusahaan teknologi terkemuka di AS, termasuk perusahaan pengiriman bahan pangan online Instacart, mengurangi harapan untuk kembali pulih dan mendorong pemodal ventura untuk menyarankan perusahaan rintisan untuk menunda pencatatan saham hingga suku bunga mulai naik.

Atomico menolak berkomentar.