POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pertemuan gubernur dengan Ketua Menteri Punjab dan Haryana

Pertemuan gubernur dengan Ketua Menteri Punjab dan Haryana


Layanan Berita Tribun

Dibangar Sarada

Chandigarh, 25 Mei

Administrasi UT akan mengadakan pertemuan dengan Ketua Menteri Punjab dan Haryana pada 1 Juni untuk membahas permintaan hibah yang diajukan oleh Universitas Punjab.

Sumber mengatakan ini adalah pertama kalinya Ketua Menteri dari dua negara bagian yang bertetangga akan menghadiri pertemuan besar dengan Administrator Chandigarh Banwarilal Purohit.

Di masa lalu, politisi dari Haryana menawarkan untuk menyumbang anggaran PU dengan syarat universitas memberikan afiliasi ke perguruan tinggi atau pusat regional, seperti di Punjab. Pemerintah Punjab juga setuju untuk membantu universitas. Bulan lalu, pemerintah Punjab telah mengumumkan hibah Rs 30 crore per bulan (Rs 360 crore per tahun) ke Universitas Punjabi di Patiala.

Mantan Rektor BU Venkaiah Naidu meminta kedua pemerintah untuk maju ke depan demi kesejahteraan universitas.

“Ini akan menjadi pertemuan penting. Universitas umumnya mengeluh tentang kekurangan dana. Pertemuan mendatang akan membuka jalan untuk memecahkan masalah yang dihadapi universitas,” kata sumber.

Sementara itu, pejabat universitas tidak mau berkomentar tentang masalah tersebut.

Sesuai praktik yang ada, universitas harus menerima hibah pemeliharaan tahunan dari Komisi Hibah Universitas (UGC) dan Pemerintah Punjab dengan rasio 80:20. Pada bulan Maret 2018, pemerintah Punjab telah memberi tahu Pengadilan Tinggi Punjab dan Haryana bahwa mereka akan meningkatkan hibah ke universitas sebesar 6 persen untuk tahun anggaran 2018-19.

Sejak itu, subsidi telah dinaikkan pada tingkat yang sama, kecuali kenaikan sebesar 4,81 persen pada 2021-22. Pada tahun 2021, universitas tersebut menerima hibah yang ditingkatkan sebesar Rs 33,7 crore dari Punjab. Tahun depan, universitas mengharapkan Rs 36 crore selain Rs 278 crore dari UGC (sebagaimana tercantum pada 2022-23).

READ  Kementerian mengapresiasi upaya pemegang saham memberantas penipuan kredit online

Namun, setelah memeriksa anggaran, Departemen Keuangan Punjab mengatakan bahwa tidak ada keputusan yang diambil untuk meningkatkan hibah universitas menjadi 6 persen per tahun, kata sumber tersebut.

Perwakilan PUTA

Kepada kepala sekolah

Baru-baru ini, perwakilan Persatuan Guru Universitas Punjab (PUTA) mengadakan pertemuan dengan Wakil Rektor dan Rektor PU Jagdeep Dhankar selama kunjungan mereka ke kampus.

Asosiasi tersebut mengatakan universitas dapat memenuhi janji gajinya sebelum menerapkan tarif yang direvisi. Tetapi setelah revisi skala gaji, total anggaran pendapatan universitas untuk 2023-2024 naik menjadi Rs 761,70 crore. Sesuai rasio tetap 1:1.1 antara staf pengajar dan non-pengajar, Universitas mendapat dukungan dari Pemerintah Pusat hanya dalam kaitannya dengan remunerasi staf pengajar dan staf non-pengajar dalam jumlah terbatas. 294,77 crore sesuai dokumen anggaran PU untuk 2023-24. 38,30 crores sebagai subsidi oleh Pemerintah Punjab. Universitas menghasilkan pendapatan internal sebesar Rs 310 crore, menyisakan kesenjangan pendapatan sebesar Rs 118 crore. Selain itu, perlu sanksi satu kali subsidi tambahan untuk memenuhi kewajiban tunggakan.


#Universitas Punjab Chandigarh