POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pernyataan Pembukaan Duta Besar Song Wai Kim kepada Pers pada 7 Desember 2022

Pernyataan Pembukaan Duta Besar Song Wai Kim kepada Pers pada 7 Desember 2022

(Foto: Kemlu/Budi Sudarmo)

(sesuai persiapan).

Halo semuanya – Terima kasih semua sudah datang.

Saya ingin memulai hari ini dengan mengucapkan selamat kepada Pemerintah Indonesia atas tahun yang bersejarah dan sukses untuk G-20. Dengan segudang prestasi di kancah dunia, tahun dimana Indonesia menjadi tuan rumah G20 jelas merupakan sebuah kemenangan.

Hari ini saya akan membahas beberapa pencapaian penting yang dengan bangga saya katakan telah kita capai bersama: 1) mengatasi perubahan iklim; 2) Memperkuat ekonomi kita. 3) dan memperdalam kemitraan strategis kami – dan melakukan semua ini dalam menghadapi beberapa tantangan yang sangat sulit.

Pada acara Kemitraan untuk Infrastruktur dan Investasi Global di Bali pada 15 November, Presiden Biden dan Jokowi menunjukkan kepada dunia bagaimana kita akan pulih bersama dan pulih lebih kuat. Negara-negara G7 harus memobilisasi $600 miliar pada tahun 2027 untuk berinvestasi dalam infrastruktur yang berkelanjutan, transparan, dan berkualitas di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Presiden Biden dan Jokowi, bersama dengan Perdana Menteri Jepang Kishida dan para pemimpin lainnya, juga mengumumkan peluncuran Kemitraan Transisi Energi Adil — juga dikenal sebagai “JET-P” — dengan Indonesia. Ini adalah kemitraan jangka panjang bersejarah yang dirancang untuk mendukung transisi sektor energi yang ambisius dan berkeadilan di Indonesia.

Mengapa ini sangat penting? Singkatnya: JETP akan mengurangi biaya pembiayaan di Indonesia dan membuka potensi modal swasta dalam jumlah besar.

Paket pembiayaan bersejarah senilai $20 miliar ini akan memungkinkan proyek penonaktifan batu bara dan energi terbarukan untuk bergerak maju. Biaya pembiayaan proyek infrastruktur di Indonesia sangat tinggi, yang membatasi pertumbuhan negara dan transisi ke teknologi hijau baru.

Pinjaman JETP lunak – dengan suku bunga dan persyaratan yang menguntungkan – dan jaminan keuangan akan secara signifikan mengurangi biaya pembiayaan untuk Indonesia – dan bersama dengan hibah dan pembiayaan sektor swasta, akan memfasilitasi transisi energi Indonesia tanpa menimbulkan beban keuangan.

READ  Modena Indonesia, Atlant Belarusia menjadi mitra strategis

Saat JETP memulai masa depan energi bersih di Indonesia, ini tidak hanya akan memberikan pengurangan emisi yang kuat, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan sambil melindungi mata pencaharian masyarakat dan pekerja di sektor yang terkena dampak.

Bersama-sama, kita mempercepat transisi Indonesia menuju ekonomi modern hijau. Energi terbarukan adalah masa depan. Investasi ini diperlukan dan tepat waktu – dan akan memiliki manfaat jangka panjang bagi seluruh rakyat Indonesia.

Selain JETP, Presiden Biden juga mengumumkan kesepakatan senilai $698 juta dari Millennium Challenge Corporation untuk mengembangkan infrastruktur transportasi berkualitas tinggi dan ramah iklim di lima provinsi Indonesia; membangun kapasitas pasar keuangan di Indonesia; dan meningkatkan akses keuangan bagi usaha milik perempuan dan usaha mikro, kecil dan menengah.

Saya juga ingin memuji kepemimpinan Indonesia di G20 dalam hal penguatan arsitektur kesehatan global, termasuk peluncuran Pandemic Fund, yang akan menciptakan dunia yang lebih sehat dan lebih aman. Amerika Serikat dengan bangga menjanjikan $450 juta untuk membantu menutup kesenjangan global dalam pendanaan untuk kesiapsiagaan menghadapi pandemi.

Menjadi tuan rumah acara internasional besar seperti G20 selama pandemi bukanlah hal yang mudah. Semua pujian untuk Indonesia karena membuat keputusan kesehatan masyarakat yang cerdas, menghormati kebutuhan dan hak warganya, sekaligus mengelola untuk meletakkan dasar yang kokoh untuk pemulihan ekonomi.

Saya bangga bahwa kemitraan antara Amerika Serikat dan Indonesia tetap kuat selama ini. Amerika telah memberikan lebih dari 40 juta vaksin kepada masyarakat Indonesia, dan sebagai donor terbesar untuk COVAX, kami telah membantu memberikan lebih dari 100 juta total dosis untuk Indonesia. Indonesia bergerak menuju swasembada vaksin pada tahun 2022 – dan ini terjadi melalui kerja sama dengan sekolah kedokteran dan pusat penelitian di Amerika Serikat. Bekerja sama dengan Baylor College of Medicine di Houston Texas, Bio Farma Indonesia telah meluncurkan IndoVac, vaksin COVID-19 produksi lokal pertama di Indonesia.

READ  Impor batubara China naik pada bulan Agustus dari Rusia dan Indonesia karena penggunaan energi gelombang panas terstimulasi

Tahun ini kita juga menyaksikan tragedi yang tidak perlu, karena invasi Vladimir Putin ke Ukraina menyebabkan penderitaan yang tak terhitung bagi rakyat Ukraina, dan kemudian membuat prospek global menjadi suram dengan melonjaknya harga energi dan kerawanan pangan.

Saya ingin memuji sikap Indonesia terhadap agresi Rusia dengan pemungutan suara baru-baru ini di PBB yang mengutuk aneksasi Rusia atas wilayah Ukraina. Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada Indonesia atas kepemimpinan globalnya yang cerdik dalam mempromosikan dialog G-20 yang produktif mengenai isu-isu mendesak: di antaranya kerawanan pangan, kesehatan global, serta perubahan iklim, dan memastikan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Karena ini adalah tantangan utama yang kita hadapi, dan disitulah fokus kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia.

Di bidang ekonomi, saya senang bahwa Indonesia telah memutuskan untuk berpartisipasi dalam keempat pilar Indo-Pacific Economic Framework, atau IPEF. Era ekonomi baru membutuhkan pendekatan baru. IPEF akan menetapkan standar ekonomi digital, mengamankan rantai pasokan, mengelola transisi energi, dan berinvestasi dalam kualitas dan infrastruktur modern.

Amerika Serikat, Indonesia, dan mitra IPEF lainnya bekerja sama untuk menyusun setiap pilar dan mengidentifikasi manfaat nyata bagi mitra IPEF untuk melengkapi standar tinggi ini. Jadi, singkatnya, kita bekerja sama untuk menciptakan kondisi yang diperlukan untuk kesuksesan yang berkelanjutan — dan perdagangan serta investasi bilateral antara Amerika Serikat dan Indonesia meningkat. Amerika Serikat telah meningkat menjadi investor terbesar keempat di Indonesia, dan perdagangan komoditas dua arah kita pada tahun 2021 meningkat lebih dari 30 persen.

Kerja sama kami antar manusia juga berkembang. Melalui USAID, kami mendukung program LPDP untuk memastikan lebih banyak penerima beasiswa Indonesia memiliki lebih banyak kesempatan untuk belajar di Amerika Serikat, rumah bagi beberapa universitas terbaik di dunia. Kami sekarang telah mengalokasikan sumber daya untuk peningkatan 30% pusat konseling pendidikan di Indonesia.

READ  Investor memperdagangkan posisi beli pada rupee India setelah 4 bulan; Potong taruhan rupee pendek

Selain itu, relawan Peace Corps dan penerima beasiswa serta pendidik Fulbright akan kembali ke Indonesia pada Januari 2023, setelah jeda selama bertahun-tahun karena pandemi COVID-19.

Hubungan pertahanan kita adalah landasan kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia. Latihan Garuda Shield tahun ini penuh dengan sejarah pertama – benar-benar Super Garuda Shield. Kami bangga menjadi mitra pertahanan terbesar Indonesia dan bekerja sama dengan Indonesia untuk mencapai tujuan modernisasi pertahanan dan interoperabilitas.

Saya perhatikan bahwa latihan CARAT ke-28 di Indonesia dimulai hari ini. Ini adalah latihan “Cooperation, Readiness, and Buoyancy Training” CARAT di Surabaya antara Angkatan Laut AS dan Angkatan Laut Indonesia, serta Korps Marinir AS dan Korps Marinir Indonesia, saat kami bekerja berdampingan untuk meningkatkan keamanan maritim regional.

Dan sekarang, seiring dengan berakhirnya tahun yang sangat sibuk untuk G-20 ini, tahun kepresidenan Indonesia di Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara dimulai. Kita memasuki era baru kerjasama dengan diluncurkannya kemitraan strategis komprehensif antara Amerika Serikat dan ASEAN. Kami sangat bersemangat dan siap untuk mendukung Indonesia melalui tahun bersejarah lainnya.

Silakan lihat tautan di bawah ini untuk informasi tambahan tentang:

Kemitraan Transisi Energi Adil (JETP):

Kemitraan untuk Infrastruktur dan Investasi Global (PGII):

Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik (IPEF):

Kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia: