POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Perjalanan Pelosi ke Taiwan dapat memiliki konsekuensi serius bagi ekonomi global | Larry Elliott

sSorak-sorai antara Amerika Serikat dan China lemah bahkan sebelum kunjungan Ketua DPR ke Taiwan. Sekarang mereka memiliki potensi untuk menjadi sangat buruk – dengan konsekuensi bencana bagi ekonomi global.

Untuk saat ini, hal-hal terlihat dapat dikelola. Pasar keuangan telah merespons dengan relatif tenang Kunjungi Nancy Pelosi Dan latihan militer diperintahkan oleh Beijing untuk ditanggapi. Asumsinya adalah bahwa China akan menunjukkan kekuatannya dan membiarkannya begitu saja.

Namun, presidennya, Xi Jinping, juga memiliki senjata ekonomi dan keuangan dan dapat memilih untuk menggunakannya. Di ujung spektrum yang lebih ringan, Cina Itu bisa membuat lebih sulit bagi perusahaan AS untuk mengakses pasar mereka. Dia tidak akan terburu-buru, misalnya, mengizinkan Boeing untuk melanjutkan penjualan pesawat 737 Max-nya.

Ini akan mempercepat pemisahan dua ekonomi terbesar dunia – sebuah tren yang dimulai ketika Donald Trump berada di Gedung Putih dan berlanjut di bawah Joe Biden. Permusuhan terhadap Beijing adalah salah satu dari sedikit hal yang disetujui oleh Partai Republik dan Demokrat.

Namun, ada risiko bahwa China akan melangkah lebih jauh dan mengeksploitasi ketergantungan Taiwan pada bahan bakar impor dengan memberlakukan blokade di pulau itu. Seperti Mark Williams, Analis Senior Asia di Capital ekonomiDia mencatat bahwa ini akan segera melumpuhkan industri Taiwan dan menyebabkan “gangguan ekonomi global yang sangat besar”.

Ini karena pulau itu membuat hampir setengah dari semikonduktor dunia, dan mereka digunakan dalam segala hal mulai dari ponsel hingga mobil dan Sudah bekerja pendek. Membatasi ekspor chip dapat menyebabkan kemacetan pasokan, inflasi yang lebih tinggi, dan pertumbuhan yang lemah. Tak pelak, juga akan ada tekanan pada Amerika Serikat untuk tidak hanya menjatuhkan sanksi ekonomi dan pembekuan aset tetapi juga melakukan intervensi militer.

READ  Singapura akan melonggarkan pembatasan virus corona pada orang yang divaksinasi - Asia Tenggara

Pasar keuangan mungkin meremehkan risiko yang ditimbulkan oleh Taiwan. Setidaknya, kepercayaan bisnis akan mendapat pukulan baru. Peningkatan peluang untuk pembatasan perdagangan bersama. Akan ada lebih banyak tekanan untuk mencapai swasembada nasional untuk mengurangi ketergantungan pada rantai pasokan global.

Ini adalah pembacaan peristiwa yang relatif optimis. Jelas ada risiko – kecil tetapi tidak signifikan – bahwa Perang Dingin yang semakin tegang ini akan menjadi panas.

Sepertinya harga minyak akan turun lebih banyak lagi

OPEC tidak lagi memberikan pengaruhnya pada pasar energi global seperti yang terjadi pada 1970-an dan 1980-an. Foto: Dadu Rovich/Reuters

Ada saat ketika pertemuan minyak OPEC menjadi berita utama. Ketika Sheikh Ahmed Yamani meninggal tahun lalu, berita kematian Sebagian besar bagaimana dia, sebagai menteri perminyakan Arab Saudi, menjadi tokoh penting dalam menetapkan harga minyak mentah dunia.

Tapi itu sudah lama sekali. OPEC sekarang menjadi OPEC+ berkat penambahan beberapa anggota baru, termasuk Rusia, tetapi tidak lagi memberikan pengaruhnya pada pasar energi global seperti yang terjadi pada 1970-an dan 1980-an.

Harga minyak sekarang jauh di bawah level yang mereka capai segera setelah invasi Rusia ke Ukraina, dan kemungkinan akan turun lebih jauh dalam beberapa bulan mendatang. Ini tidak ada hubungannya dengan keputusan Rabu yang tidak berarti oleh OPEC + untuk meningkatkan pasokan minyak mentah sebesar 100.000 barel per hari dan segala sesuatu yang terkait dengan permintaan global.

Seperti dicatat oleh Dana Moneter Internasional pekan lalu, tiga ekonomi utama dunia – AS, zona euro dan China – sedang melambat. Minyak diperdagangkan sekitar $100 per barel – harga yang sesuai dengan pertumbuhan global yang kuat daripada harganya Resesi membayangi musim dingin ini.

Dan apakah OPEC+ menambah tekanan ke bawah dengan meningkatkan produksi atau tidak, sepertinya harga minyak akan turun lebih jauh. Ini akan menjadi kabar baik bagi pengendara Inggris, asalkan biayanya turun Itu ditransfer ke mereka oleh pengecer bensin.

Mengapa upah regional untuk pekerja sektor publik merupakan ide yang bagus?

Persiapan Dewan Pengupahan Daerah Menyesuaikan upah sektor publik dengan kondisi pasar tenaga kerja lokal adalah jenis saran yang mungkin diimpikan Liz Truss ketika dia memotong gigi politiknya sebagai wakil direktur reformasi think tank kanan-tengah.

Tidak apa-apa. Lembaga think tank hadir untuk mengajukan proposal baru yang radikal. Meskipun demikian, politisi harus memisahkan ide-ide yang baik dari ide-ide klise, dan upah regional untuk pekerja sektor publik jatuh tepat ke dalam kategori yang terakhir.

Dan ada alasan untuk itu. Salah satunya adalah pemotongan gaji sektor publik akan mengurangi daya beli di beberapa bagian negara yang menderita tingkat permintaan yang rendah. Lain adalah kebutuhan untuk memberikan insentif bagi yang paling cerdas dan terbaik untuk mengambil pekerjaan di luar London dan tenggara. Usulan itu adalah ekonomi buruk dan politik buruk, yang bertentangan dengan agenda penyelesaian pemerintah. tidak heran roda gigi Idenya dibatalkan dalam waktu 24 jam setelah diumumkan.