POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Perekonomian Indonesia tumbuh dengan baik didukung oleh permintaan domestik: BI

Perekonomian Indonesia tumbuh dengan baik didukung oleh permintaan domestik: BI

JAKARTA (ANTARA) – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan perekonomian Indonesia terus tumbuh baik ditopang oleh permintaan domestik, dan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2023 diperkirakan sebesar 4,5-5,3 persen.

“Perekonomian Indonesia terus tumbuh baik didukung oleh permintaan domestik. Konsumsi rumah tangga dan investasi terus tumbuh seiring dengan kepercayaan masyarakat dan terus diselesaikannya proyek-proyek strategis nasional,” kata gubernur bank sentral di sini, Kamis.

Hal itu disampaikan Warjio saat pengumuman hasil rapat bulanan Dewan Gubernur Desember 2023.

Menurut Warjiu, pertumbuhan tersebut terkonfirmasi oleh beberapa indikator utama per Desember 2023 seperti kepercayaan konsumen, penjualan ritel, dan Purchasing Managers' Index (PMI) sektor manufaktur.

Ia juga mencatat, kinerja ekspor india cenderung lebih baik seiring dengan meningkatnya permintaan dari beberapa mitra dagang utama negara, seperti Amerika Serikat dan India.

Berita Terkait: Perekonomian Indonesia diperkirakan tumbuh 5,3-6,1 persen pada tahun 2028: BI

Berdasarkan bidang usaha, ia mencatat kinerja perekonomian Indonesia terutama ditopang oleh perdagangan besar dan eceran, industri pengolahan, dan konstruksi.

Ia menyatakan, pada tahun 2024, kinerja konsumsi baik pemerintah maupun swasta serta investasi diperkirakan akan terus tumbuh seiring dengan keyakinan konsumsi masyarakat akan tetap baik, dampak positif pemilu, dan kelangsungan kehidupan nasional. Proyek strategis.

Dengan pertumbuhan tersebut, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2024 diperkirakan akan meningkat sekitar 4,7 persen hingga 5,5 persen, ujarnya.

Warjiyo menegaskan, mulai saat ini bank sentral akan terus meningkatkan sinergi antara stimulus makroprudensial Indonesia dan stimulus fiskal pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, terutama dari sisi permintaan.

Berita terkait: Tingkat inflasi Indonesia turun menjadi 3 persen, termasuk yang terendah di dunia

Diterjemahkan oleh: Martha Herlenawati, Raka Adjei
Editor: Jaafar Muhammad Siddiq
Hak Cipta © Antara 2023

READ  Negara-negara besar menargetkan tindakan pada tahun 2020 untuk mempertahankan 1,5°C dalam jangkauan | Berita | Pusat Pengetahuan SDG