POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Perekonomian Indonesia mencatat pertumbuhan yang sehat di tengah ketidakpastian global

Perekonomian Indonesia mencatat pertumbuhan yang sehat di tengah ketidakpastian global

JAKARTA (ANTARA) – Perekonomian Indonesia sangat kuat dan mengalami pertumbuhan yang baik di tengah ketidakpastian global, kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sini, Rabu.

Presiden menambahkan: “Kita harus bersyukur, alhamdulillah, di tengah krisis global yang sedang berlangsung dan ketidakpastian perekonomian yang sulit dihitung, perekonomian kita sangat kuat, dan di antara negara-negara G20, kita termasuk dalam tiga besar perekonomian yang menikmati pertumbuhan ekonomi. kondisi pertumbuhan ekonomi yang baik.” Pada pertemuan pimpinan TNI dan Polri.

Jokowi mencatat perekonomian Indonesia pada tahun 2023 tumbuh sebesar 5,05 persen dengan inflasi tetap terkendali sebesar 2,57 persen.

Apalagi angka kemiskinan Indonesia turun menjadi 9,36 persen, angka pengangguran turun menjadi 5,32 persen, dan angka Gini turun menjadi 0,388 persen.

Ia menambahkan: “Meskipun kita melihat angka yang bagus, saya tetap mengingatkan kita harus hati-hati, dan kita harus tetap waspada, karena ke depan persaingan global akan semakin kompleks. Trennya akan semakin jelas.”

Lebih lanjut dia menyatakan, konflik di Ukraina, Gaza, dan Yaman juga berkontribusi terhadap peningkatan inflasi harga pangan.

Keadaan ini menyebabkan banyak negara menerapkan kebijakan proteksionis terhadap komoditas pangannya.

Presiden menjelaskan, terdapat sekitar 1.348 kebijakan proteksionis terkait pangan yang diterapkan negara-negara di dunia. Jumlah tersebut menunjukkan peningkatan tiga kali lipat dibandingkan tahun 2014, dan diperkirakan akan terus meningkat.

“Kita tahu, waktu itu banyak yang memberi kita beras, misalnya. Sekarang kita cari beras di negara produsen. Itu tidak mudah,” ujarnya.

Dia menunjukkan bahwa negara-negara telah menghentikan ekspor makanan mereka, baik gandum atau beras, karena perubahan iklim dan gangguan rantai pasokan.

Berita Terkait: Presiden Jokowi berharap investasi meningkat setelah pemilu damai
Berita Terkait: Perekonomian Indonesia bisa tumbuh di tengah resesi di Inggris, Jepang: Menteri
Berita Terkait: Babenas memperkirakan perekonomian Indonesia akan tumbuh lebih kuat pada tahun 2024

READ  Bagaimana pelatihan tenaga kerja membantu Indonesia memodernisasi perekonomiannya

Penerjemah: Yashinta Deva, Raka Adjei
Redaktur: Azis Kormala
Hak Cipta © Antara 2024