POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Perbatasan jalan Kalabagan-Cherudang akan meningkatkan perekonomian

Proyek Bendungan Air Sindha Mata di Kudang Empat. – Foto bernama

Tawau (9 Januari): Pembangunan jalan sepanjang 39 kilometer (km) dari dekat Kalabakan ke perbatasan Malaysia di Cherutong, yang akan menghubungkan jalan Indonesia ke Kalimantan ke Simangaris, akan meningkatkan ekonomi perbatasan Malaysia.

Wakil Ketua Menteri Datuk Seri Pang Mokhtar Rodin mengatakan ada rencana konstruksi untuk memindahkan ibu kota Indonesia ke Kalimantan, yang akan mengubah pertumbuhan dan pendapatan masyarakat lokal di Sabah.

“Saya mendesak Perdana Menteri (Dato ‘Sri Ismail Sabri Yacoub) untuk segera melaksanakan rencana ini karena akan mempengaruhi atau mengubah Sabah, termasuk ekonomi dan sektor pariwisata.

“Saya berharap ini akan mendorong pertumbuhan Sabah, dan mungkin dengan perubahan permainan ini, Sabah akan terangkat dari kemiskinan. Itu sebabnya saya dan tim mengunjungi beberapa kemungkinan alinyemen jalan untuk proyek yang diusulkan,” katanya kepada wartawan setelah mengunjungi Air Cinda. Proyek Mata Dam di Kudang Embat pada hari Minggu.

Pung Mokdar, yang juga Menteri Pekerjaan Umum Sabah, mengatakan pendekatan konstruksi akan memberikan akses kepada warga di Malaysia dan Indonesia serta meningkatkan keamanan perbatasan.

Sementara itu, proyek Bendungan Air Cinda Mata di Kudang Empat, senilai lebih dari RM400 juta, hampir selesai pada akhir tahun 2024 dan akan menyediakan air bersih untuk seluruh penduduk Tawa.

“Proyek ini terhambat oleh penerapan beberapa perintah kontrol nomaden dan oleh beberapa pekerja yang membutuhkan izin kerja, tetapi semua masalah telah diselesaikan,” katanya.

Dia menuntut agar air bersih diberikan secara manual kepada warga yang terkena dampak dan Departemen Air Negara Sabah mengambil inisiatif untuk mengirim tanker air.

“Kami mendesak dinas air untuk menggunakan kontraktor air untuk mengirim air ke daerah-daerah yang membutuhkan, dan saya merekomendasikan agar legislator di semua daerah yang terkena dampak menggunakan alokasi mereka untuk membangun stasiun untuk menyimpan tangki air.

READ  Indonesia / Volcanic Discovery, 78 km sebelah timur dari Dopelo.

“Misalnya, satu stasiun bisa memiliki 10 tangki air dan mobil tangki air bisa mengirim air tiga kali seminggu, dan warga bisa mengambil air dari stasiun ini. Saya tahu orang-orang menderita masalah air,” katanya.

Namun, dia mengakui bahwa jumlah mereka tidak cukup untuk mengalahkan pemerintahan Lukashenko. – Bernama