POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Penjelasan: Pengertian transisi saja

Penjelasan: Pengertian transisi saja

Grafiti tersebar di seluruh Bangsa Navajo, dengan sebagian besar menangani masalah kesehatan atau kontrak pertambangan uranium dan batu bara di tanah Navajo. Negara berdaulat sedang mencoba mengubah ekonominya menjadi sumber energi terbarukan. (Foto oleh David McNew/Getty Images)
  • Transisi yang adil adalah proses meningkatkan dan memaksimalkan pendekatan sosial dan ekonomi terhadap aksi iklim.
  • 14 dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) memasukkan konsep tersebut ke dalam pendekatan mereka.
  • Amerika Serikat dan Indonesia, antara lain, mulai mencari cara untuk melanjutkan transisi yang adil.

Kondisi iklim yang ekstrim telah menyebabkan kerugian dan kerusakan alam dan masyarakat, terutama di negara-negara miskin yang paling sedikit menyumbang kenaikan suhu global. Perubahan iklim itu nyata.

Di sinilah konsep transisi yang adil dimulai. Menurut berbagai sumber yang dapat dipercaya, termasuk Panel Internasional tentang Perubahan Iklim (IPCC), dunia perlu segera bertindak untuk mencegah kenaikan suhu lebih lanjut. Transisi yang Adil akan membantu melakukan ini dengan cara yang memenuhi kebutuhan sasaran iklim dan komunitas yang kurang beruntung.

Daerah yang sangat bergantung pada bahan bakar fosil untuk pendapatan dan lapangan kerja membutuhkan solusi jangka panjang, termasuk diversifikasi ekonomi dan lingkungan. Menurut laporan terbaru Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim, ini dapat diakses sesuai dengan prinsip transisi yang adil.

Apa itu hanya transisi?

Transisi yang adil adalah proses meningkatkan dan memaksimalkan pendekatan sosial dan ekonomi terhadap aksi iklim.

Prosesnya sering menghadapi tantangan dan hambatan, seperti ketimpangan keuangan atau perubahan struktural kritis yang membuat globalisasi lebih sulit, tetapi transisi yang adil dapat disadari dan dikelola sepanjang jalan. Misalnya, melalui penggunaan dialog sosial yang aktif dan efektif, menghormati prinsip-prinsip dasar dan hak bertindak.

Prinsip dasar transisi yang adil adalah hak asasi manusia dan standar tenaga kerja, risiko dan peluang sosial, serta partisipasi dan kemitraan.

Perjanjian Paris sendiri merujuk pada transisi yang adil dengan menyoroti “pentingnya transisi angkatan kerja yang adil dan penciptaan pekerjaan yang layak dan pekerjaan berkualitas sesuai dengan prioritas pembangunan yang ditetapkan secara nasional.” Selain itu, 14 dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) juga memasukkan konsep tersebut.

READ  Instansi pemerintah Indonesia akan mengkaji merger Gojek-Tokopedia untuk menghindari monopoli teknologi

Langkah-langkah telah diambil untuk memfasilitasi proses tersebut, seperti yang dilakukan oleh Uni Eropa Hanya mekanisme transisi yang menjamin “transisi yang adil ke ekonomi yang netral iklim, tidak meninggalkan siapa pun”, memobilisasi sekitar €150 miliar antara tahun 2021 dan 2027. Inisiatif lainnya meliputi:

konten dari mitra kami
Peran obligasi hijau dalam pembiayaan transisi energi perkotaan

Pendekatan pengindeksan untuk menerapkan keberlanjutan dalam portofolio pendapatan tetap

Apa contoh transisi saja?

Aspek transisi yang adil dapat dibagi menjadi tiga kategori:

  • Ekonom, yang melihat opsi energi yang lebih bersih menjadi lebih murah dan karena itu lebih berharga daripada bahan bakar fosil.
  • lingkungan, untuk menghindari dampak perubahan iklim.
  • Sosial, karena ada kebutuhan untuk bekerja di sektor energi yang menawarkan gaji dan tunjangan yang layak, serta pelatihan.

Negara-negara seperti Amerika Serikat dan Indonesia mulai mencari cara terbaik untuk melalui transisi yang berkeadilan. Berikut beberapa contohnya:

Appalachia, Amerika Serikat

Wilayah Appalachian Amerika Serikat telah mengalami penurunan dalam industri batu bara, yang secara historis menjadi sandaran ekonominya. Akibatnya, para pekerja kehilangan pekerjaan dan seluruh perusahaan batu bara harus tutup.

Namun, perusahaan sosial Refresh Appalachia dan mitranya Mengembalikan Appalachian Alliance Munculkan solusi. Pekerja sekarang membersihkan ladang batu bara tua yang tertutup dan lokasinya adalah lahan pertanian atau perusahaan kehutanan, sebagian berkat dana dari Dana Lahan Tambang Terbengkalai.

READ  Indonesia: Peluncuran rencana investasi dan kebijakan yang komprehensif untuk transisi energi yang adil

Inisiatif ini berupaya mendukung masyarakat dengan merenovasi pekerjaan di rel kereta api lama di West Virginia dan memulihkan ruang luar, serta menyediakan jalur untuk pelatihan ulang pekerjaan dan pendidikan bagi pekerja sehingga mereka dapat berlatih dan beralih ke industri yang berbeda.

Bangsa Navajo, Amerika Serikat

Wilayah yang terletak di antara Arizona, New Mexico, dan Utah ini juga sangat terpengaruh oleh penurunan industri batu bara dan penambangan uranium.

Pembangkit listrik tenaga batu bara utama di Amerika Serikat bagian barat, yang terletak di Page, Arizona, ditutup pada 2019 dan menyebabkan ratusan orang kehilangan pekerjaan. Namun, Navajo Nation, sebuah reservasi penduduk asli Amerika di Amerika Serikat, memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadi pusat energi terbarukan. Ini berusaha untuk menciptakan peluang kerja baru melalui energi yang lebih stabil dan berkelanjutan.

Beberapa perusahaan suka kekuatan asli Sebagian besar berfokus pada produksi energi bersih untuk masyarakat suku dan lokal. itu Proyek Surya Kyentapembangkit listrik tenaga surya pertama di Navajo Nation, hanyalah salah satu bagian dari rencana transisi yang adil untuk wilayah ini.

Indonesia

Presiden Indonesia Joko Widodo pada tahun 2014 mengkampanyekan reformasi subsidi setelah menyadari bahwa subsidi bahan bakar transportasi berada di luar anggaran nasional.

Reformasi ini berjanji untuk menemukan alternatif yang lebih baik dan lebih berkelanjutan untuk bahan bakar yang mahal dan juga akan membantu pembangunan negara.

Setelah terpilih, semua subsidi dicabut dan diganti dengan investasi hijau untuk infrastruktur dan transportasi yang lebih baik, bersama dengan program dan kampanye untuk mempromosikan pengentasan kemiskinan.

Baru-baru ini, Indonesia dianugerahi Just Energy Transition Partnership (JETP) yang menjanjikan dukungan keuangan sebesar $20 miliar yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan Jepang. Ini juga termasuk negara-negara maju lainnya seperti Kanada, Inggris, Perancis dan Jerman. Investasi tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa Indonesia menghilangkan ketergantungannya pada batu bara sambil mendukung masyarakat yang saat ini bergantung pada pendapatan yang dihasilkan darinya.

READ  Diversifikasi rantai pasokan untuk mengurangi risiko

Bagaimana pembiayaan dan dukungan investasi dapat berubah?

Sistem transisi yang adil memiliki tingkat tanggung jawab yang berbeda. Selain area prioritas, seperti pemulihan ekosistem laut dan penghentian deforestasi, ada juga area untuk tindakan finansial. Ini terutama berkisar pada strategi dan kepemimpinan, alokasi modal, dialog publik dan keterlibatan perusahaan.

Sektor keuangan dan investasi sangat penting untuk memajukan transisi yang adil di seluruh dunia, karena kemajuan yang dibutuhkan hanya dapat dicapai dengan investasi modal dalam jumlah besar.

Dari sudut pandang investasi, investasi berdampak sangat penting untuk mendukung transisi yang adil. Mulai dari investasi dalam akses ke energi bersih, hutan dan pertanian berkelanjutan, dan bahkan obligasi hijau, investasi berdampak dapat memitigasi potensi risiko dan membantu perusahaan menjadi lebih hijau, terutama di wilayah terbelakang di mana keadilan sosial dan kesetaraan sangat penting.

seperti baru Laporan Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim 2023 Garis besar dan perencanaan dan implementasi adaptasi telah membuahkan hasil positif di semua sektor dan wilayah. Namun, maladaptasi juga terjadi, sebagian besar karena kurangnya sumber daya keuangan di sebagian besar negara berkembang di dunia.

Cara lain yang dapat dilakukan sektor keuangan adalah dengan memulihkan mata pencaharian. Investor dapat memberikan bantuan kepada rumah tangga dan rumah tangga yang terkena dampak buruk perubahan iklim, melalui asuransi bisnis dan pertanian, dan secara langsung mendanai transisi yang adil – yang dapat sangat bermanfaat di daerah tertinggal.

[Read more: SDG 8, Decent work and economic growth]