POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pengusaha multimiliuner menjadi Menteri Indonesia

Pengusaha multimiliuner menjadi Menteri Indonesia

  • Sandiaja Ono menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia saat wabah Covid-19 pada Desember 2020 lalu.
  • Ono mendirikan perusahaan investasi Saratoga Capital lebih dari dua dekade lalu.
  • Dia dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia pada tahun 2013, dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar $460 juta.
  • Sandiaga keluar dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) untuk bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada Juni lalu.

Gubernur DKI Jakarta terpilih Anees Baswedan (kanan) dan Wakil Presiden terpilih Sandiaga Ono (kiri) bergandengan tangan dalam konferensi pers di Jakarta pada 19 April 2017.

Adik Berry | AFP | Gambar Getty

Ketika Sandiaga Ono diangkat menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, hal itu tidak terjadi pada saat yang lebih buruk.

Saat itu Desember 2020 dan pandemi COVID-19 mencegah orang mengunjungi negara itu selama beberapa bulan.

“Saya adalah menteri pariwisata dan saya tidak punya turis,” kata Ono kepada Christine Tan dari CNBC, berbicara di sebuah acara di Singapura bulan lalu.

Indonesia memiliki sekitar 16 juta pendatang pada tahun 2019, menurut data pemerintah, dan pada tahun 2021, jumlahnya turun menjadi 1,6 juta. Pada 2022, jumlahnya akan meningkat menjadi 5,5 juta ekspatriat.

“Saya bilang [we] Mungkin begitu, mari kita tidak memiliki pelayanan. Kami tidak memiliki turis, tetapi kemudian saya menyadari, jutaan orang kehilangan pekerjaan… Kami benar-benar berada dalam masa yang sangat sulit,” kata Ono.

Presiden Indonesia Joko Widodo memberi tahu Ono, “Kamu tahu apa yang kamu lakukan,” kenang Ono. “Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan, tetapi saya berpikir [about] Apa yang benar-benar penting bagi orang.

Ini bukan pertama kalinya Ono – seorang pengusaha dan pengusaha multi-jutawan sebelum menjadi politisi – melalui profil karir yang sulit. Menemukan dirinya kehilangan pekerjaan setelah krisis keuangan Asia pada tahun 1997, dia mendirikan perusahaan investasi Saratoga Capital, awalnya untuk membantu perusahaan yang gagal. Ono mengatakan menawarkan peran pariwisata selama krisis Covid bisa jadi takdir, mengingat pengalaman itu.

READ  Poin Data - Surat Kabar - DAWN.COM

“Mungkin itu takdir saya, karena ketika saya memulai bisnis, saya fokus pada perusahaan yang perlu direstrukturisasi, perusahaan yang perlu mengumpulkan uang, dan pada dasarnya perusahaan yang perlu dihidupkan kembali,” katanya.

“[The tourism] Itu dihuni oleh 45 juta orang Indonesia dan hampir 5 juta orang Indonesia kehilangan pekerjaan.

“Anda harus memiliki pola pikir startup, karena Anda memulai dari nol,” kata Ono kepada kementerian. Dia menambahkan bahwa tim telah belajar beberapa pelajaran sulit ketika datang untuk membangun kembali industri.

“Kapan [visitor] … angkanya turun menjadi nol … kita lupa [the] ekonomi lokal. Kami menargetkan kedatangan turis asing. Namun kami memiliki 280 juta orang — dan tahun ini, kami menargetkan 1,4 miliar pergerakan[s] dari wisatawan lokal.

Bersamaan dengan dorongan pariwisata ini, misi Uno adalah membantu industri kreatif negara seperti industri makanan, mode, dan kerajinan tumbuh melalui sarana digital. Ono mengatakan 23 juta orang Indonesia bekerja di sektor ini, dan ekonomi digital akan bernilai $140 miliar tahun ini, naik dari $70 miliar pada tahun 2019.

Konektivitas digital tidak merata, karena terdapat lebih dari 17.000 pulau di wilayah tersebut. “Kami perlu mengumpulkan hingga $50 miliar di tahun-tahun mendatang untuk … fokus pada infrastruktur digital kami,” kata Ono. “Anda memiliki tujuan yang indah, Anda memiliki peluang luar biasa untuk usaha kecil dan menengah [if] Anda tidak bisa mendapatkan koneksi, dan kemudian itu sia-sia.”

Ono memulai karirnya di perbankan pada tahun 1990, mendapatkan gelar MBA dari Universitas George Washington pada tahun 1992 sebelum bergabung dengan perusahaan minyak dan gas NTI Resources pada tahun 1995. hampir 15 tahun, Mengumpulkan $ 150 juta. Belakangan tahun itu, Forbes menyebut Ono satu orang terkaya di Indonesiadengan kekayaan bersih $460 juta.

READ  Pembiayaan baru untuk membantu Indonesia mencapai sektor keuangan yang lebih dalam, efisien, dan tangguh

“Pendaftaran itu sukses, dan saya sangat berterima kasih. Beberapa pemimpin pemerintahan telah meminta saya untuk mempertimbangkan bergabung dengan partai politik [but I] “Mereka terus menolak,” kata Ono.

Namun pada 2015, dia didekati oleh Prabowo Subianto yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan Indonesia. Ia berkata, “Kamu berhasil, dan kamu kaya dan makmur karena Indonesia. Saatnya kamu berkontribusi kembali untuk negaramu.” kata Ono, dan itulah yang kulakukan.

Ia bergabung dengan partai sayap kanan Gerakan Indonesia Raya (lebih dikenal dengan Gerendra), dan pada 2017 menjadi wakil gubernur Jakarta. Dia mengundurkan diri pada 2018 untuk menjadi calon wakil presiden Prabowo dalam pemilihan presiden—sebuah kampanye yang merugikan partai hampir $100 juta selama setahun, kata Ono, sosok yang dia danai sebagian.

kampanye di daerah[al] Indonesia sangat sulit dan mahal, karena [of the] Logistik dari satu tempat ke tempat lain.” Negara ini merupakan negara kepulauan terbesar di dunia.

Prabowo kalah dalam pemilihan dari Widodo. Ono tidak menjabat sampai Widodo mengangkatnya ke posisinya saat ini pada tahun 2020.

Pada bulan April, Ono mengumumkan niatnya untuk bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan Indonesia (dikenal sebagai Partai Rakyat Pakistan), yang menjadi bagiannya pada bulan Juni. “Saya siap berjuang keras untuk rakyat,” katanya seraya menyebut perbaikan ekonomi dan peningkatan pendapatan masyarakat sebagai fokus partai menjelang pemilihan presiden 2024.

Apakah Ono berharap menjadi presiden suatu hari nanti? “Anda harus menanyakan ini kepada masyarakat Indonesia,” katanya.