POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

test image

Penggunaan kendaraan listrik semakin meningkat di Indonesia

Jakarta: Indonesia terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran tentang kendaraan listrik (EV) di masyarakat dengan menyatukan orang untuk belajar lebih banyak tentang teknologi terbaru.

Pekan lalu, Badan Riset dan Inovasi Nasional – disingkat BRIN – mengadakan acara tahunan tiga hari yang disebut Indonesia Electric Vehicle Show di Serpong, salah satu kota afiliasi di sekitar ibu kota, Jakarta.

Tiga puluh perusahaan mobil dan lebih dari 15.000 penggemar mobil berteknologi tinggi bergabung dalam pameran tersebut.

Kepala Kantor Kepresidenan Indonesia, Moeldoko, menghadiri pameran tersebut dan menekankan bahwa peralihan ke kendaraan listrik akan menjadi perubahan penting di Indonesia sebagai ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

“Transisi energi adalah suatu keharusan dan fondasinya harus diperkuat semaksimal mungkin,” katanya. “Perkembangan kendaraan listrik tidak bisa ditunda.

“Jangan sampai kita berpuas diri lagi, dan tertinggal lagi, dan inilah fakta yang membuat kita hanya menjadi penonton atau hanya menjadi pasar,” kata mantan Pangdam yang memiliki perusahaan mobil yang memproduksi bus listrik di Jakarta itu.

Volume penjualan kendaraan listrik di Indonesia dalam dua tahun terakhir meningkat pesat.

Departemen Perhubungan mengatakan jumlah kendaraan listrik yang terjual antara Januari dan Agustus tahun ini empat kali lebih tinggi dari tahun lalu.

Indonesia berkomitmen menghentikan penjualan kendaraan roda dua konvensional pada 2040 dan kendaraan roda empat pada 2050.

Di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, pemerintah berkomitmen untuk mempromosikan kendaraan listrik dengan tujuan yang lebih besar untuk mengurangi emisi karbon di dalam negeri sekaligus meningkatkan produksi baterai dalam negeri.

Nusantara kaya akan kobalt dan mangan, dua bahan utama pembuatan baterai kendaraan listrik.

READ  Bukalapak dan Salem Group membeli rights issue Allo Bank di Indonesia

Barman Tambunan, Kepala Pusat Teknologi Konversi Energi BRIN, menjelaskan kegiatan inovasi dan penelitian pada kendaraan listrik dapat menjadi fokus penting dalam mempersiapkan industri lokal untuk mendukung era kendaraan listrik di Indonesia.