POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pengembangan Geopark akan berdampak ganda: Menteri BUMN

Tidak ada seorang pun kecuali kita yang bisa melakukan itu.

JAKARTA (Andara) – Pengembangan geopark sebagai destinasi wisata akan berdampak ganda bagi masyarakat, kata Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Eric Tohir dalam konferensi nasional geo-park Indonesia secara virtual, Senin.

Ia menjelaskan, hal ini tidak hanya akan menciptakan peluang investasi, tetapi juga membuka lapangan kerja baru di sektor ekonomi kreatif, yang akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Dia mencatat bahwa Indonesia saat ini memiliki enam situs geografis yang telah ditetapkan sebagai Global Geo Parks oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Namun, lusinan situs tersebut dapat dibuat sebagai geopark yang diakui secara internasional, katanya.

Berita Terkait: Pengelolaan Geopark Meratus menyadarkan masyarakat akan pentingnya Geopark

“Oleh karena itu, BUMN sebagai agen pembangunan sangat mendukung upaya pemerintah dalam melestarikan dan mengembangkan geopark,” kata Menkeu.

Pembangunan akan dilakukan sesuai dengan prinsip Sustainable Development Goals (SDGs), ujarnya.

Dia menambahkan, pertumbuhan tidak hanya fokus pada sektor ekonomi, tetapi juga pada kearifan lokal agar daerah tidak dieksploitasi secara berlebihan.

Ini akan memungkinkan untuk melestarikan dan melestarikan kekayaan geografis, biologis dan budaya daerah tersebut, kata Tohir.

Berita Terkait: Zombie bersiap menjelajah untuk mendapatkan status Global Geopark Merang

“Kami akan terus mempromosikan budaya dan alam Indonesia. Tidak ada yang bisa melakukannya selain kami,” tegas Tohir.

Sebelumnya, Agus Suharyono, Asisten Menteri Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN, mengatakan pihaknya mendorong perusahaan untuk bekerja sama dalam menjaga dan meningkatkan geopark sebagai tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat.

Dia secara khusus memuji PT Jamkrindo, perusahaan penjaminan kredit milik negara, yang telah membantu pengembangan Geopark dengan membantu mengembangkan usaha kecil dan kecil di sekitar Slide Geopark di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

READ  Tipe 209: Kapal selam Jerman dijual di seluruh dunia - Nasional

Kerjasama sangat penting dalam pengembangan Geopark, karena banyak aspek yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan manfaat situs bagi masyarakat, katanya.

Berita Terkait: Hindari eksploitasi berlebihan atas kekayaan geografis Indonesia: Djokovic

Berita Terkait: Siap Berkolaborasi Di Dieng Geopark: Presiden Kabupaten Wonosobo