POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Penerbangan ke Nusantara akan ditambah untuk mendukung perayaan Hari Kemerdekaan

Penerbangan ke Nusantara akan ditambah untuk mendukung perayaan Hari Kemerdekaan

Semarang, Si Java (Antara) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumathi memastikan penambahan penerbangan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur dalam rangka mendukung perayaan Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024.

“Kami telah menjalin kerja sama dengan beberapa maskapai penerbangan di Indonesia seperti Garuda Indonesia, Citilink, Lion Group, dan AirAsia untuk mengoperasikan penerbangan tambahan,” kata Sumathi di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan penambahan penerbangan ke ibu kota baru penting dilakukan mengingat masifnya kegiatan terkait perayaan HUT RI ke-79.

Apalagi terkait dengan operasi besar-besaran yang akan dilakukan di IKN setelah tanggal 1 Agustus, kata Menkeu.

Sumathi juga mengumumkan pemerintah siap mendaftarkan bandara Nusantara di IKN ke Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

Merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-79 pada 17 Agustus 2024 akan menjadi peristiwa transisi, kata Wakil Presiden Eksekutif Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) Raja Julie Antoni.

“Ini upacara ‘peralihan’ menyambut ibu kota baru,” kata Antony.

Perayaan Hari Kemerdekaan Nasional akan digelar secara campuran di dua lokasi di Nusantara, Kalimantan Timur dan Jakarta.

Presiden Joko Widodo dan Presiden terpilih Prabowo Subianto akan menghadiri upacara di Nusantara, sedangkan Wakil Presiden Maroof Amin dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka akan menghadiri upacara di Jakarta.

Upacara tersebut akan tetap digelar di Jakarta, mengingat pentingnya peran bekas ibu kota dalam mendukung pertumbuhan dan kemajuan Indonesia.

Setelah melaksanakan perayaan HUT Kemerdekaan ke-79 secara hybrid, pemerintah pusat berencana menggelar perayaan HUT Kemerdekaan secara penuh di Nusantara pada tahun 2025.

Berita Terkait: Bandara Nusantara ramai kedatangan tamu VIP di HUT Kemerdekaan di IKN
BERITA TERKAIT: Hari Menandai Perubahan Menyambut Ibu Kota Baru: OIKN

READ  Korban tewas topan tropis Seroja di Indonesia meningkat menjadi 177