POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Penemuan situs fosil menceritakan kisah asal usul Australia

Laba-laba, jangkrik, tawon, tanaman, dan ikan yang memfosil, berasal dari antara 11 juta dan 16 juta tahun yang lalu selama Zaman Miosen, melukiskan gambaran yang jelas tentang ekosistem hutan hujan Australia.

kata Matthew McCurry, ahli paleontologi di Australian Museum Research Institute, yang merupakan penulis studi situs yang diterbitkan di Science Advances, Jumat.

“Miosen adalah titik waktu ketika sebagian besar lingkungan Australia modern diciptakan, jadi situs fosil ini benar-benar cerita asal-usul Australia.”

Selama Miosen, berkurangnya curah hujan menyebabkan hutan hujan di seluruh dunia menyusut, menghasilkan lanskap yang semakin gersang, kata studi tersebut.

McCurry mengatakan situs tersebut, yang disebut McGraths Flat dan terletak di tengah Tablelands, dekat kota Gulgong, ditemukan oleh seorang petani setempat, yang menemukan daun membatu di salah satu ladangnya.

McCurry dan rekan-rekannya mengunjungi dan menggali situs itu tujuh kali.

Tempat penyimpanan fosil yang terpelihara dengan baik

“Fosil-fosilnya luar biasa indah, dan dengan mikroskop kita dapat melihat detail permukaan fosil yang terawetkan dengan sangat baik,” katanya melalui email.

“Fitur seperti sel individu dan bahkan organel intraseluler dapat dilihat. Tingkat detail ini memungkinkan kita untuk mengatakan banyak tentang seperti apa ekosistem ini.”

Misalnya, melanosom yang ditemukan dalam fosil bulu berarti para ilmuwan dapat menentukan warna bulu. Dalam hal ini, mereka mengira warnanya coklat tua hingga hitam.

Ahli paleontologi Matthew McCurry (atas) dari Australian Museum Research Institute dan rekan mengunjungi situs fosil tujuh kali.

McCurry mengatakan situs itu, yang terdiri dari batuan kaya besi, ditakdirkan untuk dilihat sebagai Lagerstätte, istilah Jerman yang digunakan oleh ahli paleontologi untuk menggambarkan situs luar biasa dengan banyak fosil yang terawetkan dengan sempurna.

Tumbuhan dan makhluk ketakutan ketika air tanah yang kaya zat besi dialirkan ke lubang air.

READ  Perseverance Rover merekam video menakjubkan dari helikopter yang terbang di Mars

McCurry mengatakan fosil favoritnya adalah sejenis laba-laba, yang merupakan fosil laba-laba paling terawat yang pernah ditemukan di Australia.

“Ini adalah spesimen yang sangat indah.”