POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Penangkapan di Virginia Tech University sebagai protes terhadap perang antara Israel dan Gaza

Pihak sekolah mengatakan penangkapan itu terjadi Senin pagi saat terjadi demonstrasi pro-Palestina di Virginia Tech di Blacksburg.

“Itu sedang diproduksi,” kata juru bicara sekolah melalui email Senin pagi.

Jumlah tahanan dan demonstran belum dapat diketahui dengan segera. Postingan di X menunjukkan bahwa ratusan orang sedang berdemonstrasi dan beberapa orang ditangkap.

Mahasiswa pengunjuk rasa ditangkap pada tanggal 29 April saat demonstrasi pro-Palestina di Virginia Tech di Blacksburg. (Video: Reuters)

Peristiwa di Virginia Tech mencerminkan kejadian di seluruh negeri dalam beberapa hari terakhir ketika pejabat kampus menghadapi pengunjuk rasa pro-Palestina yang menuntut diakhirinya perang Israel di Gaza.

Salah satu penyebabnya adalah para siswa yang berdemonstrasi mendukung hak-hak Palestina dan menuntut agar sekolah mereka mengungkapkan atau berhenti berinvestasi pada perusahaan yang melakukan bisnis dengan Israel.

Penangkapan di Blacksburg menyusul penangkapan yang dilakukan pada hari Sabtu di lembaga publik lainnya di Virginia. Universitas Mary Washington di Fredericksburg mengatakan 12 orang, termasuk sembilan mahasiswa, ditangkap sehubungan dengan protes yang menurut mereka melanggar pedoman.

Virginia Tech mengatakan protes di kampusnya dimulai Jumat pagi di luar Alumni Life Center. Pihak sekolah mengatakan para pengunjuk rasa diberitahu bahwa mereka melanggar kebijakan penggunaan fasilitas kampus.

Universitas mengatakan dalam pernyataannya bahwa para pengunjuk rasa “pada hari Minggu terus menolak untuk mematuhi kebijakan tersebut dan mengambil langkah lebih lanjut dengan menduduki halaman Alumni Life Center” dan ruang-ruang yang berdekatan dengan Student Center.

Pihak sekolah mengatakan mereka “menyadari bahwa situasinya menjadi semakin tidak aman.”

Virginia Tech mengatakan dalam pernyataan yang dikeluarkan Minggu malam bahwa mereka “menghargai kebebasan berekspresi dan hak pengunjuk rasa untuk didengarkan, tetapi hanya jika hak orang lain dan keselamatan publik dapat dijamin.”

READ  Rekor tengah pekan Tech berakhir dengan kekalahan 7-3 dari Liberty