POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pemulihan ekonomi Indonesia terus berlanjut: BI

Pemulihan ekonomi Indonesia terus berlanjut: BI

JAKARTA (ANTARA) – Pemulihan perekonomian Indonesia pada tahun 2024 terus berlanjut didukung oleh permintaan domestik, kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo di sini, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di Jakarta saat mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur BI Januari 2024.

Warjiyo mencatat, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2023 diperkirakan mencapai sekitar 4,5 hingga 5,3 persen, didorong oleh konsumsi dan investasi, seiring dengan percepatan belanja pemerintah di akhir tahun dan selesainya beberapa proyek strategis nasional.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2024 diperkirakan akan meningkat menjadi sekitar 4,7 hingga 5,5 persen terutama didukung oleh permintaan domestik.

Ia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi pada tahun 2024 akan ditopang oleh pertumbuhan konsumsi, termasuk dampak positif pemilu, dan peningkatan investasi khususnya bangunan.

“(Hal ini) seiring dengan kelangsungan pembangunan proyek-proyek strategis nasional, termasuk ibu kota negara (Nusantara),” imbuhnya.

Gubernur Bank Indonesia juga menyampaikan kinerja ekspor diperkirakan belum kuat akibat dampak perlambatan perekonomian global dan penurunan harga komoditas.

Menurut dia, berdasarkan bidang usahanya, prospek industri pengolahan, perdagangan besar dan eceran, informasi dan komunikasi, konstruksi, pengangkutan dan penyimpanan diperkirakan akan terus tumbuh baik.

Ia mengatakan pertumbuhan yang baik secara spasial diharapkan terjadi di seluruh wilayah, terutama Sulawesi, Maluku, dan Papua seiring dengan dampak positif aliran mineral, serta Pulau Jawa yang didukung oleh permintaan dalam negeri yang tetap kuat.

Warjiyo menegaskan, mulai saat ini Bank Indonesia akan terus meningkatkan sinergi antara stimulus fiskal pemerintah dan stimulus makroprudensial Bank Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, terutama dari sisi permintaan domestik.

Berita terkait: APBN terus dukung pemulihan ekonomi: Menteri
Berita Terkait: Seragam Pemulihan Ekonomi Seluruh Indonesia: Menteri Indrawati
Berita Terkait: Pemerintah jaga sinergi untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi

READ  Menghadapi hambatan, ekonomi digital di Asia Tenggara mungkin tumbuh paling lambat dalam beberapa tahun terakhir

Penerjemah: Martha Herlenawati, Raka Adjei
Redaktur: Azis Kormala
Hak Cipta © Antara 2024