POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pemulihan ekonomi Indonesia dari krisis COVID-19 lebih kuat dari perkiraan sebesar 3,51% pada kuartal ketiga tahun 2021

Pemulihan ekonomi Indonesia dari krisis COVID-19 lebih kuat dari perkiraan sebesar 3,51% pada kuartal ketiga tahun 2021

Data menunjukkan ekonomi Indonesia tumbuh 3,51 persen year-on-year (y-o-y) pada kuartal ketiga tahun 2021.

Sebagian besar analis dan pembuat kebijakan telah menempatkan perkiraan pertumbuhan mereka di kisaran 4,0 – 4,5% (y/y), jadi kami tentu dapat berargumen bahwa angka resmi ini agak mengecewakan. Di sisi lain, kami telah berulang kali memperingatkan bahwa pemulihan dari krisis COVID-19 berjalan lebih lambat dari yang diharapkan (awalnya).

Sementara itu, dengan tersedianya data PDB baru untuk kuartal ketiga tahun 2021, kini kita juga dapat membuat perkiraan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih akurat untuk keseluruhan tahun 2021. Pertumbuhan PDB diperkirakan 4,0 – 4,5 persen (y/y) pada kuartal keempat tahun 2021, dan perkiraan setahun penuh kami sekarang ditetapkan sebesar 3,5 persen (y/y). Sebelumnya, prakiraan tersebut berada pada kisaran 2,5 – 3,5 persen.

gambar global

Jika kita melihat sekilas kondisi global, kita mendeteksi dua tren pada kuartal ketiga tahun 2021. Pertama-tama, perdagangan internasional telah kuat, jauh melampaui tingkat sebelum krisis COVID-19. Selain itu, harga komoditas kuat didukung oleh permintaan yang kuat, dengan minyak sawit, batu bara, kopi, kakao, timah, nikel dan aluminium (pada tingkat triwulanan dan tahunan). Seperti yang akan kita lihat di bawah, Indonesia telah mencatat kinerja ekspor yang mengesankan (menjadi eksportir komoditas utama).

Namun, pada kuartal ketiga 2021 kita juga melihat normalisasi pertumbuhan ekonomi (setelah sebagian besar negara mencatat pertumbuhan ekonomi yang sangat tajam pada kuartal sebelumnya berkat dampak basis yang rendah; setelah melihat titik terendahnya dalam krisis COVID-19 pada kuartal kedua tahun 2020.) . Oleh karena itu, pertumbuhan negara pada triwulan III 2021 turun tajam dari pertumbuhan pada triwulan II 2021.

READ  Indonesia siap memperdalam hubungan ekonomi dengan negara-negara Amerika Latin dan Karibia
[…]

Minta artikel ini (atau laporan November 2021 di dalamnya) – dengan mengirim email ke [email protected] atau pesan ke +62.882.987.1125 (termasuk WhatsApp) – untuk membaca teks lengkapnya. Artikel PDB Indonesia Triwulan III Tahun 2021 ini membahas tentang:

Pertumbuhan ekonomi di mitra dagang utama Indonesia
Konsumsi rumah tangga di Indonesia dua kali lipat
Investasi swasta dan publik di Indonesia
– Kinerja ekspor yang mengesankan untuk Indonesia
– Konsumsi pemerintah di Indonesia
Sektor ekonomi Indonesia yang paling parah
Pertumbuhan ekonomi setiap daerah di Indonesia
Prakiraan pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan IV 2021 dan tahun anggaran 2021

Ukuran artikel: 27 halaman

Harga untuk seluruh artikel ini (elektronik):

Rp35000

Harga untuk laporan lengkap November 2021 (elektronik):

Rp 150.000
10 USD
10 euro

Lihat di dalam laporan di sini!

.

diskusi