POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pemerintah sedang membuat regulasi untuk memajukan industri game nasional

Pemerintah sedang membuat regulasi untuk memajukan industri game nasional

JAKARTA (ANTARA) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemanbarekraf) dan kementerian terkait tengah menyusun peraturan presiden untuk menstimulasi perkembangan industri game di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Luhut Binsar Bandjaitan) saat ini sedang mengadakan rapat antar kementerian (untuk menyusun peraturan tersebut), kata Direktur Aplikasi, Olah Raga, Televisi dan Radio Kemanbaregraph, Iman Santoso, di Jakarta, Rabu. .

Hal itu diungkapkannya saat menghadiri acara yang diadakan di Jakarta bekerja sama dengan pengembang game Tanah Air, Agate dan PQube.

Indonesia memiliki 174,1 juta gamer, katanya, seraya menambahkan bahwa industri game di negara ini bernilai Rp25 triliun (US$1,6 miliar).

Ia mencontohkan, 124 game yang tersedia di platform Steam dikembangkan oleh pengembang Indonesia, menjadikan negara tersebut sebagai produsen game komputer terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Menurut Santoso, pemerintah sedang merancang peraturan eksklusif yang bertujuan untuk mengatasi tantangan yang menghambat pertumbuhan industri game nasional seperti pendanaan yang tidak memadai, kurangnya talenta terampil, masalah teknis dan peraturan yang terfragmentasi.

Pemerintah sedang berupaya mengembangkan peraturan presiden sebagai alat untuk meningkatkan produksi olahraga di Indonesia, tegasnya.

Ia mengatakan melalui aturan ini, pemerintah akan membantu industri untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, memperluas pasar, meningkatkan infrastruktur yang diperlukan, dan memperluas akses terhadap skema keuangan.

Masing-masing kementerian terkait akan bertugas mengelola aspek tertentu, misalnya Kemanbaregraf akan mengawasi industri; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi akan berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia; Dan Kementerian Perindustrian akan mengurus pembangunan infrastruktur dan banyak lagi, katanya.

“Kami berharap Perpres ini bisa terbit pada bulan September atau Oktober tahun ini,” ujarnya.

Santoso berharap peraturan ini akan membantu Indonesia menghasilkan lebih banyak pengembang game setiap tahunnya dan meningkatkan pangsa pengembang game lokal di pasar game dalam negeri dari kurang dari 1 persen menjadi setidaknya 5 persen.

READ  Kemenkes perluas layanan skrining jantung hingga tingkat Bosyandu

Berita terkait: Menteri meminta para olahragawan untuk mendukung olahraga lokal
Berita terkait: Kominfo buka konsultasi publik rancangan peraturan olahraga

Diterjemahkan oleh: Mekah Y, Tegar Noorbitra
Penulis: Rahmat Nasushan
Hak Cipta © ANTARA 2023