POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pembuat perubahan yang tidak terduga membentuk kembali komunitas teknologi dalam Inggris

Pembuat perubahan yang tidak terduga membentuk kembali komunitas teknologi dalam Inggris

Terkadang, dibutuhkan orang luar untuk melihat peluang yang jelas.

Itulah yang terjadi dengan teknologi mendalam di Inggris. Wilayah terkemuka Eropa untuk investasi teknologi dalam, Inggris menginvestasikan $5,1 miliar pada tahun 2022, lebih dari dua kali lipat investasi yang dilakukan oleh gabungan Prancis dan Jerman.

Namun, tidak ada hub pusat tempat pemain di seluruh ekosistem teknologi yang dalam dapat berkomunikasi satu sama lain.

Cristina Esteban ingin mengubahnya.

Pada Oktober 2022, saya meluncurkan Teknologi Dalam Perbatasankonferensi teknologi mendalam pertama di Inggris, menyatukan 200 perusahaan rintisan, modal ventura, dan mitra dari 15 negara selama dua hari pertemuan tatap muka dan presentasi perusahaan rintisan.

Yang menarik adalah Christina bukanlah kandidat yang jelas untuk memimpin inisiatif ini. Berasal dari Spanyol, dia adalah seorang dokter gigi ketika dia pindah ke Inggris pada tahun 2011.

Jadi saya penasaran untuk mendengar cerita latar dan menghubungkan titik-titiknya.

Renita: Sungguh contoh yang kuat untuk memimpin. Bagaimana Anda benar-benar beralih dari dokter gigi hingga mendirikan konferensi teknologi mendalam?

Christina: Saya telah berpraktik kedokteran gigi selama 13 tahun, dan pada tahun 2017 saya merasa gatal untuk mencoba sesuatu yang baru. Jadi saya meluncurkan Green & Mango, sebuah situs e-commerce, menjual produk ramah lingkungan sebagai bisnis sampingan. Itu membantu saya keluar dari zona nyaman saya dan mempelajari keterampilan bisnis seperti pemasaran dan penjualan.

Pada tahun 2018, saya tertarik untuk berinvestasi dan mulai mendidik diri sendiri, membaca penelitian tentang Alpha dan Financial Times, serta berita berorientasi startup di Sifted dan TechCrunch. Saya selalu tertarik pada sains dan fisika, dan itulah yang membawa saya ke MIT Technology Review and Nature. Semakin banyak saya belajar, semakin banyak yang ingin saya ketahui.

READ  Segini Biaya Modifikasi Yamaha Xmax Lama Jade Varian Tech Max

Akhirnya, saya mulai berinvestasi di perusahaan teknologi mendalam seperti Peternakan Tanpa Daging, Marine Power Systems, dan Seraphim Space. Dan pada tahun 2022 saya melakukan investasi pertama saya sebagai LP [Limited Partner] di Silicon Roundabout Ventures, dana investasi teknologi dalam yang berbasis di Inggris.

Pada saat itu, saya menyadari sesuatu. Semua konferensi teknologi Inggris berfokus pada teknologi secara umum atau, di sisi ekstrim lainnya, berfokus pada sektor tertentu, seperti kuantum atau semikonduktor.

Meskipun Inggris memimpin investasi teknologi mendalam di Eropa, kami tidak memiliki cara untuk menyatukan semua pemain dalam ekosistem. Saya mulai bertukar pesan dingin dengan para pendiri dan investor di Linkedin tentang gagasan konferensi teknologi mendalam, dan semua orang sangat bersemangat. Jadi saya pikir ada sesuatu yang terjadi di sini.

Renita: tentu saja. Memfasilitasi komunikasi dalam suatu ekosistem itu sangat penting kan, apalagi dalam deep technology yang bergantung pada integrasi beberapa teknologi. Karena mungkin seseorang dalam komputasi kuantum akan mendengarkan panel tentang SpaceTech dan mendapatkan wawasan tentang cara menyusun tonggak pendanaan atau berpapasan dengan seseorang yang mungkin belum pernah mereka temui sebelumnya.

Christina: Dan itulah yang terjadi. satu peserta, Anmol Manohar dari Penelitian Sistem Beruang Birudia memberi tahu saya bahwa acara tersebut memungkinkan dia untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan beberapa investor teknologi dalam terbaik di Inggris dan Eropa – satu telah memutuskan untuk berinvestasi dan dua lainnya sedang mempertimbangkan putaran selanjutnya.

Lalu, seperti yang saya katakan, ada pertukaran “praktik terbaik”. Anmol menyebutkan bahwa dia berbicara dengan salah satu pendiri perangkat keras, misalnya, yang mengatakan bahwa dia berfokus pada penjualan MVP awal ke lebih banyak pelanggan (bukan hanya pengguna awal) untuk lebih memahami kebutuhan mereka sebelum peluncuran keras produk mereka — yang mungkin tampak cukup berlawanan dengan intuisi jika tidak. Mereka tidak memiliki pertukaran waktu nyata.

READ  Perpustakaan dan ruang pengajaran baru di BEC

Renita: Kekuatan kebetulan. Selain itu, langsung dari gerbang, saya menyusun 13 panel di berbagai sektor teknologi dalam dan sangat beragam — 43% panelis adalah wanita atau orang kulit berwarna. Ini tentu saja bukan status quo di sebagian besar konferensi teknologi. Bagaimana Anda mengaturnya?

Christina: Saya sangat percaya bahwa ketika Anda menyatukan berbagai perspektif tentang suatu topik, keajaiban bisa terjadi. Sebagai sebuah perusahaan, saya bertekad untuk menunjukkan keragaman ekosistem teknologi mendalam. Jadi saya sengaja fokus memilih ahli dari latar belakang yang kurang terwakili di ruang mana pun yang ingin kami liput, daripada secara pasif mencari “opsi mudah” atau hanya mengikuti saran yang diberikan.

Renita: Itu muncul di hasil. Jadi, ada banyak tantangan ke depan. Namun menurut Anda, apa salah satu kekuatan utama ekosistem deep tech Eropa?

Christina: Kualitas bakat pasti. Kami memiliki beberapa universitas terbaik di dunia di Eropa dan Inggris dan memiliki sejarah panjang dalam mengembangkan teknologi inovatif. Sekarang kita perlu mendorong siswa untuk menempuh jalur kewirausahaan dan membangun juara dunia yang mengganggu.

Renita: Saya setuju – dan saya berharap dapat melihat beberapa dari mereka di hari berikutnya Konferensi Teknologi Dalam Perbatasan pada bulan Oktober.

Ikuti aku Twitter atau linkedin. membayar untuk saya situs web atau beberapa karya saya yang lain Di Sini.