POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pembicaraan perdagangan Kanada dan Indonesia dimulai dengan perjanjian kemitraan ekonomi yang komprehensif

  • Pada Januari 2021, Kanada mengumumkan akan memulai konsultasi publik tentang Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA) dengan Indonesia.
  • Perdagangan bilateral kedua negara masih sekitar US $ 3,7 miliar; Namun, ada potensi pertumbuhan di banyak sektor.
  • Ini termasuk meningkatkan ekspor gandum Kanada ke Indonesia, salah satu importir tanaman terbesar di dunia.
  • Kanada juga telah memulai musyawarah tentang perjanjian perdagangan bebas dengan ASEAN.

Pada 11 Januari 2021, Mary Ng, Menteri Bisnis Kecil, Promosi Ekspor dan Perdagangan Internasional Kanada, mengumumkan bahwa negara tersebut telah memulai konsultasi publik. Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA) dengan Indonesia.

Konsultasi publik ini adalah proses pengaturan yang memperhitungkan masukan publik untuk proyek, kebijakan, dan undang-undang skala besar. Warga Kanada memiliki waktu hingga 23 Februari 2021 untuk mengirimkan tanggapan mereka atas saran ini. CEPA akan menguntungkan eksportir dan importir Kanada karena meningkatkan akses ke ekonomi terbesar ASEAN dan negara terpadat keempat di dunia.

Selain itu, pembentukan CEPA dengan Indonesia akan memungkinkan Kanada mencapai kesepakatan perdagangan bebas (FTA) dengan ASEAN, yang sedang dalam pembahasan dan negosiasi. Kanada telah menjadi mitra dalam Dialog ASEAN sejak 1977 – hanya satu dari 10 negara dengan status ini – di mana kedua kawasan bekerja sama dalam dialog tentang kepentingan ekonomi, politik dan keamanan, integrasi dan kepercayaan kawasan.

Perdagangan bilateral kecil dengan potensi pertumbuhan yang luar biasa

Perdagangan bilateral antara Kanada dan Indonesia kecil – hanya $ 3,7 miliar pada 2019 – dan total perdagangan bilateral dengan Indonesia mencapai $ 30 miliar pada tahun yang sama dibandingkan dengan tetangganya, Amerika Serikat.

Top-5-Canadian-Import-2019 dari Indonesia

Pertanian

Kanada adalah pengekspor utama produk gandum dan mescaline ke Indonesia, senilai US $ 500 juta dan diperkirakan akan meningkat lagi pada tahun 2021, meskipun permintaan menurun pada tahun 2020 karena epidemi Pemerintah-19, yang memberikan peluang bisnis yang terukur bagi pemasok Kanada.

READ  Pengantin pria Indonesia hanya mengenakan celana pendek di pernikahannya, inilah alasannya

Indonesia mengimpor 11 juta ton gandum setiap tahun – menjadikannya salah satu importir tanaman terbesar di dunia – mempersulit iklim tropis negara untuk bercocok tanam. Meningkatnya pendapatan per kapita dan pertumbuhan kelas menengah bertanggung jawab atas peningkatan konsumsi produk berbasis gandum.

Kanada memiliki pangsa pasar sekitar 16 persen, mengekspor lebih dari 2,28 juta ton ke Indonesia, menjadikannya pasar ekspor tanaman terbesar di Kanada. Gandum Kanada sangat populer di Indonesia karena digunakan untuk membuat roti dan mie. Indonesia adalah pasar mi instan terbesar kedua di dunia, melayani lebih dari $ 12 miliar setahun, setelah China.

Negara ini menghadapi persaingan dari Australia, yang menyumbang 40 hingga 60 persen dari impor gandum tahunan Indonesia, senilai $ 1,2 miliar. Bisnis Australia di sektor ini juga memiliki keunggulan lain, karena Indonesia dan Australia telah meratifikasi Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) yang telah diratifikasi pada Februari 2020. Meningkatkan akses pasar untuk produk IA-CEPA dan semua produk yang diekspor dari satu sama lain akan mengurangi atau tanpa biaya dari pasar.

Ternak

Industri daging sapi Indonesia adalah peluang lain yang dapat diskalakan bagi perusahaan Kanada. Pada tahun 2020, Kanada akan menjadi pengekspor daging sapi terbesar ketujuh di dunia 500.000 ton. Jika negara tersebut dapat mengikuti persyaratan sertifikasi halal Indonesia, negara tersebut dapat memasuki salah satu pasar daging sapi terbesar di Asia. Sekali lagi, Indonesia adalah pelanggan ternak terbesar di Australia, mengimpor lebih dari 675.000 setiap tahun.

Infrastruktur

Sektor penting lainnya yang perlu dieksplorasi oleh bisnis Kanada adalah infrastruktur, terutama dalam layanan teknik khusus seperti pengembangan pelabuhan dan kota pintar. Indonesia terus memperluas jaringan transportasi umum, bandara, dan utilitasnya karena pemerintahnya menghabiskan $ 400 miliar untuk pembangunan infrastruktur pada tahun 2024.

READ  Gempa berkekuatan 4.8 SR 34 km barat laut Sorong, Indonesia

Pemerintah sedang membangun $ 33 miliar di ibu kota baru di pulau Kalimantan. Dianggap sebagai kota hijau yang cerdas, UKM Kanada menawarkan solusi utama untuk proyek ini dan ada baiknya untuk mengeksplorasi peluang ini.

Indonesia-Infrastruktur-Biaya-2017-2024

Departemen Layanan Digital

Ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan mencapai $ 124 miliar pada tahun 2025, didukung oleh e-commerce, perjalanan online, layanan keuangan, media online, transportasi dan distribusi makanan, menurut laporan Tamasek, Google dan Paynes & Co. Departemen Teknologi Kesehatan dan Edek.

Perusahaan Kanada yang dapat menyediakan layanan digital mulai dari platform righthare hingga Fintech dapat memanfaatkan ekonomi digital Indonesia yang besar dan berkembang. Namun, mereka perlu mempertahankan strategi mereka untuk pasar lokal seperti pengiriman online dan metode pembayaran tradisional.

Misalnya, layanan keuangan digital memiliki ruang yang cukup luas untuk tumbuh di Indonesia, mengingat negara ini memiliki kurang dari 42 juta perbankan dan 92 juta non-perbankan dewasa, di samping jumlah UKM yang cukup besar. Perusahaan fintech dapat mengembangkan peringkat kredit alternatif bagi UKM Indonesia.

Pembaruan tentang FDA Kanada-ASEAN

Karena Kanada terus terlibat dalam pembentukan CEPA dengan Indonesia, negara tersebut juga menantikan kesempatan untuk menjajaki FTA dengan kamp ASEAN. Kanada telah memiliki perjanjian perdagangan bebas dengan beberapa negara ASEAN (Malaysia, Singapura, Vietnam dan Brunei) yang merupakan penandatangan resmi Trans-Pacific Partnership Agreement (CPTPP) yang ditandatangani secara resmi pada tahun 2018.

Kanada menjadi mitra dialog pada tahun 1977 dan didirikan Deklarasi Bersama Kanada-ASEAN tentang Perdagangan dan Investasi (JDTI) pada tahun 2011 menyediakan platform untuk bertukar informasi tentang perdagangan dan peluang investasi untuk Kanada dan ASEAN.

Diluncurkan di Kanada dan ASEAN Diskusi Pelajaran Untuk FTA pada 2017 dan keduanya pada pertengahan 2018, beberapa studi kelayakan telah dilakukan untuk menilai potensi keuntungan ekonomi dari FTA. Pada tanggal 8, kedua wilayah mengumumkan hasil diskusi studi untuk FDA Kanada-ASEANTh Para Menteri Ekonomi ASEAN (AEM) -Canada Consultations pada September 2019.


READ  Indonesia menerima 240.000 estrogen dari Inggris

tentang kami

Menghasilkan Pengarahan ASEAN Desan Shira & Associates. Perusahaan membantu investor asing di seluruh Asia dan memiliki kantor di seluruh ASEAN Singapura, Hanoi, Kota Ho Chi Minh, Dan Da Nong Selain itu di Vietnam படாம் Dan Jakarta, Di Indonesia. Kami juga memiliki perusahaan rekanan Malaysia, Bangladesh, The Filipina, Dan Thailand Serta praktik kami Cina Dan India. Silakan hubungi kami di [email protected] atau kunjungi situs web kami www.dezshira.com.