POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pemberi pinjaman peer-to-peer Alami membeli Bank Syariah

JAKARTA – Pemberi pinjaman peer-to-peer (P2B) Syariah Alami Technologies telah mengakuisisi PBS Sembaka Al-Amin, sebuah bank perkreditan rakyat Syariah di Indonesia, tiga orang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada DealStreet Asia.

Sumber tersebut menyebutkan total nilai transaksi kurang dari 10 juta juta.

“Akuisisi itu untuk memperluas layanan mereka,” kata seorang sumber yang tidak mau disebutkan namanya.

Akuisisi ini akan menambah modal baru bagi PPRS Sembaka Al-Amin. Menurut aturan baru yang ditetapkan oleh Komisi Jasa Keuangan Indonesia (OJK), BPR harus memiliki modal minimal $ 100 miliar ($ 6,95 juta).

ALAMI juga sedang dalam pembicaraan untuk meningkatkan putaran seri A + untuk memenuhi persyaratan pemenuhan modal OJK untuk fintech. Calon investor dalam putaran ini adalah Sequoia Capital dan investor saat ini Guona Capital, dana Fintech global.

Pada bulan Januari tahun ini, Guana Capital berpartisipasi dalam lebih dari 20 juta dana ekuitas-cum-hutang Seri A1 Alami.

Perusahaan juga menutup putaran benih $ 1,5 juta yang dipimpin oleh Golden Gate Ventures pada Januari tahun lalu, dan mengumpulkan $ 3,1 juta di AC Ventures dan Desember.

CEO Alami Tima Thani menolak untuk merilis informasi tentang akuisisi dan rencana penggalangan dana baru-baru ini. Dia mengatakan perusahaan sedang “menjajaki secara strategis untuk mengembangkan bisnis kami di luar P2B” tetapi menolak untuk memberikan rincian apapun.

Sequoia Capital, Guana Capital dan PPRS Sembaka Al-Amin tidak menanggapi komentar DealStreet Asia.

“Pembiayaan syariah diperkuat oleh perubahan perilaku di antara kaum muda Muslim yang ingin mengikuti cara hidup Islami. Untuk ekspansi, kami akan lebih fokus pada pasar Indonesia, dunia karena memiliki populasi Muslim terbesar di negara ini. , “Kata Johnny.

READ  Anees Poseidon mengumpulkan distributor oksigen saat kasus Pemerintah muncul

Didirikan pada tahun 2017, Alami awalnya bertindak sebagai koordinator keuangan syariah, bekerja sama dengan bank syariah untuk membiayai faktur UKM. Namun, itu diperluas untuk mencakup pinjaman P2P yang sesuai Syariah setelah dilisensikan oleh OJK.

Dijani mengatakan, diskon bulanan perusahaan selama epidemi tumbuh dari rata-rata 9 miliar menjadi 55 miliar rupee. Perusahaan menargetkan untuk mengirimkan 80 miliar rupee pada Maret.

Total penggunanya sekitar 30.000, yang diharapkan meningkat dua kali lipat dalam tiga bulan ke depan, kata Johnny. Platform ini berjalan pada sistem operasi Android dan berencana segera meluncurkan versi iOS.

Ia mengungkapkan perseroan berencana memperluas ekosistemnya dengan para pelaku digital dan pemberi pinjaman syariah, termasuk BPR Syariah di Jakarta.

Jumlah Fintech berbasis Syariah yang terdaftar di Indonesia adalah 11 tahun lalu – tujuh pada hutang P2B, dan sisanya pada kemacetan massa, pembayaran dan manajemen investasi, menurut data yang dihimpun oleh DealStreet Asia.

Untuk cerita asli dari DealStreet Asia, klik di sini Sini.

DealStreet Asia Platform berita keuangan yang berbasis di Singapura yang berfokus pada ekuitas swasta, modal ventura, dan aktivitas investasi perusahaan di Asia, terutama di Asia Tenggara, India, dan Tiongkok Raya. Nikki memiliki saham mayoritas di perusahaan tersebut.