POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pasar Tanah Abang mengalami penurunan penjualan sebesar 50%, kata Menteri UKM

Tempo.co, JakartaMenteri Koperasi dan UKM RI Deten Mastuki meninjau pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat hari ini, 19 September 2023. Tempo Ia melihat Teton dan rombongan tiba di Blok A, pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara, sekitar pukul 11.00. Dia mengunjungi banyak toko dan berbicara dengan para pedagang.

“Saya dengar pasar Tanah Abang sangat terdampak [by the flood of imported products]. saya bertanya [traders] “Rata-rata penurunan penjualan mereka lebih dari 50 persen,” kata Detton.

Penurunan omzet yang dialami pedagang di Pasar Tanah Abang disebabkan karena mereka tidak mampu bersaing dengan barang impor yang dijual dengan harga lebih murah dan mengalami perubahan seperti berjualan online melalui platform e-commerce.

“Saya simpulkan produk mereka kalah bersaing karena produk impor dijual murah,” kata Detton.

Ia juga memperkirakan bahwa tren ini bisa bersifat permanen, dan menambahkan, “Penjualan meningkat pada waktu-waktu tertentu seperti Idul Fitri dan liburan akhir tahun. Tapi yang pasti efeknya akan berkurang secara permanen,” ujarnya.

Teton juga mengatakan pemerintah harus mengendalikan aliran barang yang masuk ke Indonesia. “[To make sure] Barang konsumsi yang masuk ke Indonesia legal atau kita tidak mengenakan bea masuk yang sangat rendah, ujarnya.

Amy Bahagia

Seleksi Guru: Pedagang Tanah Abang mengeluhkan sepinya pengunjung

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News

READ  Bertemu dengan Duta Besar Perdana Menteri untuk Inggris, Bravo; Dalam bahasa Indo-Pasifik Indonesia disebut 'terpercaya'