POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Para peneliti melihat dinosaurus dengan wajahnya yang sangat terawetkan

Museum Paleontologi Royal Tyrrell

Borealopilta Mitchley Ia menemukan jalan kembali ke sinar matahari pada tahun 2017, jutaan tahun setelah mati. Dinosaurus lapis baja ini telah diawetkan dengan sangat baik sehingga kita dapat melihat seperti apa jadinya dalam kehidupan. Hampir seluruh hewan selamat dari fosilisasi—kulit, cangkang yang menutupi kulitnya, tonjolan di sisinya, sebagian besar tubuh dan kakinya, bahkan wajahnya. Menurut Dr Donald Henderson, Kurator Dinosaurus di Royal Tyrrell Museum, ini adalah satu dari satu miliar penemuan.

Selain pelestarian dinosaurus yang luar biasa ini, dinosaurus ini merupakan kunci penting untuk memahami aspek ekologi periode Cretaceous awal, dan menunjukkan bagaimana spesies ini mungkin hidup di lingkungannya. Sejak penemuan sisa-sisanya, para ilmuwan telah mempelajari anatominya, pelindungnya, dan bahkan apa yang dimakannya di hari-hari terakhirnya, mengungkap wawasan baru dan tak terduga tentang hewan yang punah hampir 100 juta tahun lalu.

bawah laut

Borealopinta Ini adalah nodosaur, sejenis ankylosaurus berkaki empat dengan ekor lurus, bukan ekor gada. Penemuannya pada tahun 2011 di lingkungan laut purba mengejutkan, karena hewan itu liar.

Kehadiran pemakan laut raksasa di daratan yang terawetkan di dasar laut purba bukanlah hal yang aneh seperti yang diperkirakan. sebuah sejumlah ankylosaurus lainnya Itu telah dipertahankan dengan cara ini, meskipun tidak demikian Borealopinta. Para ilmuwan menduga bahwa tubuhnya mungkin terbawa dari sungai ke laut dalam peristiwa banjir; Itu mungkin berbandul di permukaan terbalik selama beberapa hari sebelum tenggelam ke kedalaman laut.

Itu akan dipertahankan di permukaan dengan apa yang disebut sebagai “menonjol dan daya apung”, karena akumulasi gas postmortem akan membuatnya tetap bertahan. Pemodelan Henderson menunjukkan bahwa karapasnya yang berat akan menjatuhkannya ke punggungnya, posisi yang dia duga dapat mencegah pemangsa laut menjarah bangkainya.

READ  Di dalam Konsekuensi Serius dari Kesalahan Luar Angkasa Rusia

Begitu gas yang membuatnya bertahan dikeluarkan, Borealopinta Dia tenggelam ke dasar laut, mendarat di punggungnya.

“Kami dapat melihat bahwa ia masuk ke dalam air pada kedalaman lebih dari 50 meter karena diawetkan dengan mineral khusus yang disebut glauconite, yaitu mineral fosfat hijau. Ia hanya terbentuk pada suhu rendah di perairan yang lebih dalam dari 50 meter,” jelas dia. Dr.Henderson.

Dia juga mengatakan kepada Ars bahwa lingkungan ini juga dapat mencegah pengumpulan sampah, dengan mengatakan, “Mungkin itu adalah area di mana [long-necked] Plisosaurus dan ikan besar tidak suka pergi. Itu sangat dingin dan sangat gelap, dan [there was] Tidak ada yang bisa dimakan. Ada sangat sedikit fosil arkeologi di sedimen di sekitarnya. Jadi tidak banyak cacing dan krustasea dan kerang dan hal-hal di sana untuk dicerna lebih lanjut. Itu hanya kombinasi yang baik dari kondisi dasar laut yang memiliki aktivitas biologis sangat rendah yang menyebabkan pelestarian ini.”

Harapan yang tidak terpenuhi

Tapi tidak ada yang diketahui saat hewan itu ditemukan. Meskipun tidak biasa menemukan sisa-sisa dinosaurus di lingkungan laut, mereka tidak terlalu umum. Henderson dan Darren Tank, juga dari Museum Royal Tyrrell, berjalan ke lokasi dengan harapan penuh bahwa mereka akan menggali reptil laut purba.

Keduanya telah berkonsultasi tentang penemuan fosil di tambang terbuka lainnya di wilayah tersebut. Namun, ini adalah kunjungan pertama mereka ke tambang Suncor di timur laut Alberta, Kanada. Segala sesuatu tentang tambang ini sangat fenomenal. Mesin besar terus bergerak, mengambil batu, pasir, dan kerikil dari tebing di sekitarnya, sementara peralatan lain mengikisnya, semuanya dengan tujuan menggali pasir minyak yang dalam untuk bahan bakar.

READ  Teleskop Webb NASA menangkap 'pilar penciptaan' dengan detail yang menakjubkan

“Luar biasa, skala tempat ini,” kata Dr. Henderson. “Dan itu berlangsung 24 jam sehari, 365 hari setahun.”

Terlepas dari kecepatan operasinya, salah satu operator kapal keruk, Sean Funk, memperhatikan sesuatu setelah memindahkan sebagian besar tebing. Berkat dia dan banyak orang dalam operasi Suncor di daerah itu berhenti dan Royal Tyrrell diberitahu.