POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Para pemimpin keuangan G20 mengatakan inflasi, risiko geopolitik mengancam pemulihan – draf laporan

17 Februari (Reuters) – Para pemimpin keuangan dari kelompok 20 ekonomi utama memandang inflasi dan risiko geopolitik sebagai ancaman terhadap pemulihan global dari epidemi COVID-19, yang sudah “tidak konsisten” karena akses acak ke vaksin, menurut Reuters laporan. Ditampilkan Kamis.

Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20, hampir bertemu di Jakarta dan berjanji untuk menggunakan “semua alat kebijakan yang tersedia untuk mengurangi dampak epidemi” tetapi memperingatkan bahwa ruang kebijakan di masa depan akan “sempit dan tidak konsisten”. . “

Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20 mengatakan dalam sebuah rancangan pernyataan, “Kami akan terus memperkuat resesi rantai pasokan global dan menyadari dampak tantangan ini terhadap perekonomian kami.” Rapat berakhir.

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“Kami akan terus memantau risiko global utama, termasuk ketegangan geopolitik (saat ini) dan dampak makroekonomi dan keuangan,” kata para menteri.

Laporan tersebut tidak membuat referensi langsung ke krisis di perbatasan Ukraina-Rusia, dan menyarankan bahwa kata “saat ini” dalam tanda kurung dapat dihapus. Rusia adalah anggota G20.

Kekhawatiran bahwa Rusia mungkin menginvasi Ukraina mengaburkan awal pertemuan yang diperkirakan akan sangat fokus pada meningkatnya risiko inflasi dan penghematan untuk mengendalikannya. Presiden Indonesia Joko Widodo telah mengeluarkan peringatan langsung bahwa ketegangan di Ukraina dapat mengganggu pemulihan, menambahkan bahwa “sekarang bukan waktunya untuk kompetisi.” Moskow telah menolak untuk merencanakan invasi ke tetangganya. Baca selengkapnya

Dalam rancangan laporan oleh para pemimpin keuangan, inflasi saat ini sedang meningkat di banyak negara, dipicu oleh “gangguan pasokan, kekurangan pasokan dan kenaikan harga komoditas, termasuk harga energi.” “Sementara bank sentral berkomitmen untuk mengomunikasikan posisi kebijakan mereka dengan jelas, mereka akan bertindak jika perlu untuk memastikan stabilitas harga sesuai dengan mandat masing-masing,” kata para menteri dan gubernur, seraya menambahkan bahwa independensi bank sentral penting untuk kredibilitas. .

READ  Asia dan Pasifik - Ramos-Horda dan 'Lu Olo' bentrok dalam pemilihan presiden Timor Leste.

Mereka menegaskan kembali komitmen mereka untuk “strategi keluar yang terukur, terencana dengan baik, dan dikomunikasikan dengan baik untuk mendukung pemulihan, dengan mempertimbangkan keadaan individu.”

Dana Epidemi, batas waktu pajak

Para pemimpin keuangan G20 telah berbicara untuk mendukung memastikan akses yang tepat waktu dan terjangkau ke vaksin COVID-19, perawatan, diagnosis, dan produk medis lainnya untuk negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Mereka meminta Kelompok Kerja Gabungan Keuangan-Kesehatan G20 untuk bekerja dengan menteri kesehatan G20 mengenai opsi-opsi untuk menetapkan pendanaan untuk kesiapsiagaan epidemi pada bulan April, dan pada bulan Juli dan Oktober.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen pada hari Kamis mendesak rekan-rekan G20-nya untuk mendukung pendanaan yang diusulkan, dengan perkiraan investasi sistem kesehatan diperkirakan mencapai $75 miliar.

Para pemimpin keuangan G20 menegaskan kembali komitmen mereka untuk mengembangkan aturan dan instrumen lain untuk mengimplementasikan kesepakatan pajak global yang dicapai tahun lalu untuk menerapkan aturan baru pada 2023.

Mereka berjanji untuk “melakukan lebih banyak untuk menjaga keberhasilan jangka panjang” dari Kerangka Restrukturisasi Utang Umum G20 untuk Negara-negara Miskin, meskipun bahasanya masih dalam tanda kurung dan dapat berubah.

Berkenaan dengan perubahan iklim, para menteri G20 harus memasukkan berbagai alat untuk mencapai target “nol bersih” pada emisi karbon, termasuk penggunaan mekanisme dan insentif penetapan harga karbon dan penghapusan bertahap dan rasionalisasi bahan bakar fosil yang tidak efisien. “

Para pemimpin keuangan G20, yang mengatakan mereka akan terus memantau mata uang digital bank sentral, perlu lebih memahami implikasi dari sistem keuangan mereka, “termasuk kebocoran dan arus masuk modal.”

Mereka menyerukan agar kebijakan G20 dipertimbangkan untuk investasi infrastruktur berkualitas tinggi pada Juli 2021, tetapi bahasa saat itu juga dalam tanda kurung, yang berarti kemungkinan akan berubah.

READ  Pemerintah telah menetapkan target 50 juta vaksinasi bulanan mulai September

Pekerjaan sedang dilakukan oleh International Finance Corporation, sebuah divisi dari Bank Dunia, yang ketuanya, David Malpas, telah mengkritik utang infrastruktur jalan dan sabuk China.

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Laporan oleh Christian Kramer dan David Lauder; Laporan Tambahan oleh Toina Chiaku dan John Stroopzewski; Diedit oleh Toby Chopra, Andrea Richie dan Paul Simao

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.