POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Para pejabat telah memperingatkan bahwa penyebaran varian delta di antara orang California yang tidak divaksinasi mengancam lonjakan baru dalam kasus COVID

Dengan hampir setengah dari populasi California masih belum sepenuhnya kebal terhadap COVID-19 dan varian delta yang sangat menular tersebar luas, negara bagian itu dapat menghadapi peningkatan hingga dua pertiga ukuran gelombang infeksi musim panas lalu meskipun tingkat vaksinasi umumnya tinggi. Pejabat kesehatan mengatakan Selasa.

Jika lonjakan seperti itu terwujud, hampir pasti akan kurang mematikan dan melumpuhkan daripada apa yang dialami negara bagian selama musim dingin, ketika lebih dari 22.000 orang California meninggal antara Thanksgiving dan akhir Januari dan sebagian besar negara bagian ditutup selama beberapa bulan.

Pejabat negara mengatakan orang yang tidak divaksinasi menanggung sebagian besar beban penyakit, terhitung lebih dari 99% rawat inap dan kematian, dan tren itu diperkirakan akan terus berlanjut.

Kasus baru sedikit meningkat di antara orang yang divaksinasi selama beberapa minggu terakhir, dan sekarang hanya di bawah satu kasus per hari untuk setiap 100.000 orang yang divaksinasi. Tetapi telah meningkat di antara mereka yang tidak divaksinasi, dari sekitar 3 kasus per hari per 100.000 orang yang tidak divaksinasi sebulan yang lalu menjadi sekitar 5 kasus per 100.000 saat ini.

“Kami benar-benar perlu menggerakkan permintaan vaksin. Ini masih jalan keluar kami dari pandemi ini,” kata ahli epidemiologi negara bagian Dr. Erica Pann dalam sesi yang diselenggarakan oleh California Medical Association pada hari Selasa.

Pan mencatat bahwa semua tindakan pandemi – termasuk kasus, rawat inap, perawatan intensif dan kematian – mencapai posisi terendah yang belum pernah terjadi sebelumnya sebelum negara dibuka kembali pada 15 Juni. “Jadi kami memiliki banyak teras” untuk menahan penyebaran sekarang, katanya, bahkan ketika penularan meningkat di seluruh negara bagian.

READ  Pfizer-BioNTech mengumumkan perjanjian pembuatan vaksin Covid-19 di Afrika Selatan

Tetapi pembukaan kembali negara bagian itu bertepatan dengan pengenalan delta variabel di California, yang mengarah pada pemulihan kasus yang lebih cepat dari perkiraan. Pertemuan Empat Juli kemungkinan besar berkontribusi pada peningkatan yang cepat. “Apakah kami pikir itu akan sama dahsyatnya dengan musim dingin lalu? Tampaknya sangat tidak mungkin. Tapi kita bisa melihat antara setengah hingga dua pertiga dari apa yang kita lihat musim panas lalu.”

California rata-rata sekitar 2.000 kasus per hari – lebih dari dua kali lipat jumlah kasus sejak awal Juni. Kasus memuncak sekitar 9.600 sehari selama lonjakan musim panas lalu. Rawat inap telah meningkat 78% selama sebulan terakhir, menjadi hanya di bawah 1.600 pada hari Senin. Pada puncak musim panas sekitar 7.000 orang dirawat di rumah sakit.

Erica Pan, ahli epidemiologi negara bagian dari Departemen Kesehatan Masyarakat California, berbicara pada konferensi pers di Oakland Coliseum pada 11 Maret di Oakland.

Santiago Mejia / The Chronicle

Los Angeles County telah melaporkan lonjakan yang sangat mengkhawatirkan baru-baru ini, termasuk lima hari berturut-turut dengan lebih dari 1.000 kasus. Kabupaten ini tidak secara konsisten melihat lebih dari 1.000 kasus per hari sejak awal Maret.

San Francisco melaporkan 153 kasus baru pada hari Selasa saja, menurut data pelacakan Chronicle, meskipun pejabat kota mengatakan jumlah itu tidak mewakili total aktual untuk hari itu dan kemungkinan termasuk kasus yang lebih tua. Kota tersebut melaporkan sekitar 30 kasus per hari minggu lalu, hampir dua kali lipat dari minggu sebelumnya.

Beberapa kabupaten Bay Area telah melihat kasus berlipat ganda dalam satu atau dua minggu terakhir.

“Angka-angka dari Los Angeles mengkhawatirkan. Angka-angka di Bay Area, terutama ketika kita melihat kabupaten dengan tingkat vaksinasi yang lebih rendah, juga tampak realistis,” kata Dr. Kirsten Pepins Domingo, wakil dekan untuk kesehatan populasi dan kesetaraan kesehatan di UCSF. Sulit untuk tidak frustrasi dengan itu. Hanya ada satu bulan tersisa sampai pembukaan kembali penuh.”

Nicholas Moss, pejabat kesehatan Kabupaten Alameda, mengatakan dia memperkirakan peningkatan kasus setelah negara bagian dibuka kembali, tetapi tidak secepat itu. “Kekhawatiran terbesar saya adalah keadaan akan menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik,” katanya. Kami belum mencapai puncaknya dengan gelombang musim panas ini. Tapi saya harap kita tidak melihat dampak signifikan dari penyakit parah akibat vaksinasi.”