POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Para ilmuwan menemukan kegunaan praktis bola pingpong: ScienceAlert

Para ilmuwan menemukan kegunaan praktis bola pingpong: ScienceAlert

Sebuah studi baru membuktikan bahwa jika Anda merasa terganggu oleh suara-suara perkotaan berfrekuensi rendah – seperti lalu lintas, pesawat terbang, dan suara-suara kota lainnya – bola ping-pong menawarkan cara berbiaya rendah untuk memblokir suara-suara tersebut.

Diketahui bahwa kebisingan tersebut berfrekuensi rendah Buruk bagi kesehatan kita, tetapi juga sulit untuk diblokir. Seringkali datang dari berbagai arah, dan tidak terhalang oleh dinding dan bangunan seperti halnya kebisingan frekuensi tinggi.

Untuk memerangi kebisingan frekuensi rendah, para peneliti dari Universitas Lille di Perancis dan Universitas Teknik Nasional Athena di Yunani menggunakan bola ping-pong. Resonator Helmholtz; Penutup yang dirancang khusus untuk mengakomodasi frekuensi suara tertentu.

Tim bereksperimen dengan susunan bola pingpong yang berbeda. (Sabat dkk., Jurnal Fisika Terapan2023)

Dinamakan setelah fisikawan Jerman yang membuat resonator Helmholtz asli, Hermann von Helmholtz, perangkat tersebut terdiri dari ruang kosong, seperti bola pingpong, dengan bukaan kecil.

“Bola pingpong adalah benda sehari-hari yang umum ditemukan dalam jumlah besar di seluruh dunia,” Dia berkata Fisikawan Robin Sabat dari Universitas Lille.

“Motivasi kami adalah menggunakan benda-benda yang mudah diakses ini untuk menciptakan struktur pelat dielektrik frekuensi rendah. Oleh karena itu, bola pingpong menawarkan alternatif ekonomis dibandingkan isolator akustik dalam hal biaya rendah dan potensi daur ulang.”

Seperti namanya, resonator Helmholtz bekerja melaluinya gemaDan mencocokkan getaran gelombang suara untuk menyerapnya. Ukuran wadah dan ukuran bukaan menentukan frekuensi suara yang dapat diserap resonator.

Sedangkan resonator Helmholtz Ini telah dipelajari secara luas Sebelumnya, para peneliti ingin melihat bagaimana mereka bekerja dan berinteraksi ketika digabungkan untuk membentuk permukaan akustik akustik; Bahan yang dirancang khusus untuk menangani gelombang suara dengan berbagai cara.

Kombinasi atau pemasangan ini terbukti meningkatkan jumlah frekuensi resonansi yang diserap permukaan akustik bola pingpong. Dengan kata lain, lebih banyak suara dapat diblokir dengan menggunakan beberapa resonator Helmholtz secara bersamaan.

READ  Bisakah Anda dites positif Covid setelah dosis booster? Apa artinya tes aliran lateral positif setelah vaksinasi?

“Resonator Helmholtz memiliki kemampuan unik untuk secara akurat menangkap gelombang suara sekitar pada frekuensi alaminya dan dapat direpresentasikan sebagai rongga yang terhubung ke lingkungan melalui leher sempit.” Dia berkata Sabat.

“Orisinalitas penelitian ini adalah mempertimbangkan efek kopling antara dua resonator, yang menghasilkan frekuensi resonansi.”

Dengan menggunakan kombinasi pemodelan matematis dan eksperimen aktual, para peneliti mendemonstrasikan cara beberapa HR berinteraksi satu sama lain untuk mengontrol frekuensi suara mana yang diblokir.

Meskipun belum ada pengujian lapangan berskala besar terhadap bola pingpong yang dapat memblokir suara tertentu, terdapat potensi untuk menggunakan benda-benda yang ada di mana-mana dan terjangkau ini untuk melindungi dari polusi suara — dan masih banyak lagi.

“Potensi permukaan terobosan ini melampaui isolasi suara.” Dia berkata Sabat. “Ini dapat diperluas untuk mencapai fungsi berbeda yang mirip dengan metasurface lainnya.”

“Fungsi-fungsi ini mencakup fokus audio, refleksi suara yang tidak konvensional, pemrosesan transmisi suara, dan banyak lagi.”

Penelitian ini dipublikasikan di Jurnal Fisika Terapan.