POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

PAN punya sembilan calon presiden selain Prabowo

Jakarta. Partai Amanat Nasional, atau BAN, telah memilih sembilan orang untuk calon potensialnya untuk pemilihan presiden 2024, tetapi menarik Prabowo Subianto, yang didukung partai dalam dua pemilihan terakhir.

Prabowo berjanji akan melakukannya Untuk mengikuti kembali pemilihan presidenDia adalah salah satu kandidat paling populer menurut hampir semua jajak pendapat oleh lembaga survei besar.

Dalam Musyawarah Nasional Partai di Jakarta, Sabtu, Presiden PAN Zulkifli Hasan menyebut sembilan nama yang disebut-sebut merupakan aspirasi seluruh daerah.

Kesembilan calon potensial itu diklasifikasikan ke dalam tiga kategori: mereka yang memiliki ikatan partai politik yang kuat, seorang teknokrat dan pemimpin daerah.

Kategori pertama adalah Zulkifli, Ketua Partai Kolkar Erlanga Hartardo, Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharzo Monorfa, dan Ketua DPR Bhuan Maharani.

PAN, Golkar dan PPP telah membentuk koalisi yang disebut Aliansi Indonesia Bersatu untuk pemilihan legislatif dan presiden 2024.

Satu-satunya “teknolog” yang bergabung dalam daftar tersebut adalah Menteri Perindustrian milik negara Eric Tohir.

“Larang perwakilan daerah menganggap Eric Dohir sebagai kandidat yang layak untuk pemilihan presiden 2024,” kata Zulkifli di kongres.

Sisanya, empat gubernur terpadat di pulau Jawa itu: Gubernur Jawa Tengah Kanchar Pranovo, Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ritwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Kopipa Indar Parwanza.

“Itu sudah diusulkan oleh kepala daerah dan kami akan mengambil keputusan pada waktu yang tepat,” kata Zulkifli yang juga menteri perdagangan.

BAN adalah anggota kunci dari koalisi politik yang mencalonkan Prabowo dalam pemilihan presiden 2014, dengan pemimpin BAN saat itu Hatta Rajasa sebagai pasangannya.

Lima tahun kemudian, PAN kembali memberikan dukungannya kepada Prabowo ketika ketidaksepakatan dengan petahana Joko “Jokowi” Widodo tumbuh.

READ  Gempa 4,2 Magnitudo Guncang Kabupaten Jayapura Papua

kefanatikan
Sekarang Zulkifli menjabat di kabinetnya, presiden hampir tiba untuk memberikan sambutan pembukaan di Kongres.

Dalam referensi yang jelas pada dua pemilu terakhir, di mana demonstrasi dan kampanye politik dirusak oleh sektarianisme dan prasangka, Jokowi mengatakan kepada anggota PAN untuk menghindari sektarianisme dalam pemilu mendatang.

“Angka PAN harus merangkul keragaman dan tidak memberi ruang bagi sektarianisme yang menyebabkan perpecahan di bangsa kita,” kata Jokowi dalam pesan video yang direkam.

Ketika partainya Gerakan Besar Indonesia (Zerindra) membentuk aliansi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (BKP) dua minggu lalu, Prabowo menjauhkan diri dari tokoh-tokoh terkemuka lainnya dalam spektrum politik Indonesia.

Aliansi tersebut akan menempatkan Prabowo sebagai satu-satunya calon presiden, sementara pemimpin PKP Muhaimin Iskandar adalah calon wakil presiden yang paling mungkin.

Pendaftaran calon presiden tidak akan dibuka sampai Oktober tahun depan.