POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Orang-orang pintar dan berbakat jatuh ke dalam penipuan pekerjaan ‘memancing pekerjaan’ ini

Gambar untuk artikel berjudul Orang Cerdas dan Berbakat Terjerumus dalam Penipuan Pekerjaan 'Job Fishing' Ini Pintar, orang-orang berbakat menjadi mangsa penipuan pekerjaan ‘memancing pekerjaan’ ini

Foto: Elnor (Shutterstock)

Penipuan yang menargetkan pencari kerja bukanlah hal baru. Belum lagi skema pemasaran multi-level, kesepakatan perakitan-produk-di-rumah, skema phishing menggunakan lamaran kerja, dan penipuan hukum yang dimanfaatkan oleh majikan Anda. Namun tren bekerja dari rumah dan tidak mengetahui nama internet memungkinkan penipu menciptakan situasi pekerjaan palsu yang lebih komprehensif yang sulit dideteksi. Ini disebut “pekerjaan memancing” tetapi dengan pekerjaan seperti ikan lele- dan contoh terbaru adalah orang-orang yang bekerja di pekerjaan palsu selama berbulan-bulan, berkeliling dunia dengan mata uang mereka sendiri dan membuang kehidupan nyata mereka berdasarkan penempatan pekerjaan palsu. .

Sejarah Madford

Bagi para pencari kerja, Madbird tampak seperti peluang impian. Dipimpin oleh CEO karismatik Ali Ayat, “Perusahaan Desain Digital yang berpusat pada manusia” telah menarik eksekutif yang mengesankan dalam 10 tahun dan daftar pelanggannya termasuk Nike & Tony & Guy.

Pada tahun 2020, Madbird telah “mempekerjakan” lebih dari 50 karyawan – vendor, desainer, supervisor. Semua orang bekerja dari rumah, jadi, dengan dorongan dan motivasi konstan dari CEO mereka yang tak kenal lelah, vendor bekerja melalui email dan memperbesar untuk mendapatkan pelanggan baru, mendapatkan desainer, dan mengawasi pengawas. Tapi, satu langkah investigasi BBC, Ini adalah trik yang komprehensif. Perusahaan itu hanya di atas kertas dan online. Ayod mendaftarkan perusahaan pada tahun 2020 dan mulai mempekerjakan orang-orang yang tidak memiliki klien atau pekerjaan untuk membayar mereka. Tak satu pun dari 42 perusahaan yang terdaftar sebagai pelanggan di situs Madbird bekerja dengan perusahaan tersebut. Setidaknya enam dari karyawan seniornya tidak lain hanyalah foto kepala dan resume yang dicuri dari situs web lain.

Satu-satunya hal “nyata” tentang Madbird adalah bahwa karyawan yang mempekerjakannya, kebanyakan anak muda yang sedang mencari pekerjaan, setuju untuk bekerja dengan janji gaji setelah masa percobaan enam bulan.

Motivasi Ayat gelap. Tidak seperti kebanyakan penipu, dia sepertinya tidak mengincar uang dari karyawannya. Dia mungkin telah memulai semuanya sebagai cara untuk memulai perusahaan yang sebenarnya. Atau dia benar-benar menyukai peran bos-pria, dia menciptakan perusahaan palsu sehingga “karyawannya” akan berpikir dia pria yang luar biasa dan penting.

“Ratu Penipu Hollywood”

Bertahun-tahun, Mulai tahun 2018, Sebagian besar genre Hollywood di bawah ini (pemeran pengganti, aktor, fotografer, pramuka lokasi, dll.) terinspirasi ke Indonesia dengan janji rilis film besar di Cina. Tawaran datang melalui telepon kerah biru dari tokoh Hollywood terkemuka seperti Amy Pascal, Deborah Snyder, dan Kathleen Kennedy, dan staf disuruh pindah ke Indonesia. Menghabiskan tiket pesawat dan kamar hotel.

Setibanya di Jakarta, kontak mereka di LA akan meminta mereka untuk pergi ke pramuka lokasi untuk film tersebut, dan mereka akan membayar sedikit sopir berbahasa Inggris untuk membawa mereka berkeliling kota dan berbagai tempat di sekitarnya. Ini akan berlanjut selama beberapa hari, sampai akhirnya, tandanya adalah bau tikus dan terbang pulang.

Seperti Mattboard, motif orang di balik penipuan (Hargobind Punjabi Tahilramani, yang saat ini menjalani berbagai kejahatan terkait ini) tidak jelas. Dia tidak mendapat untung dari tiket pesawat atau tagihan hotel, dan mungkin melakukannya hanya dengan biaya yang relatif kecil yang dibayarkan kepada pengemudi. Tahilramani meniru tidak hanya para eksekutif Hollywood yang berbicara kepada para korban, tetapi juga para pembantu mereka dan suara-suara pria dan wanita yang terkait dengan film palsunya.

Posisi profesor Harvard yang selalu ada

Ketika dana diterima oleh Rastan Peluang untuk jabatan profesor di Universitas Harvard, Dia siap meninggalkan negara asalnya untuk hidup baru di Amerika. Di antara pembawa berita paling penting di India, Rastan diwawancarai untuk pekerjaan melalui telepon, catatannya diperiksa, dan dia menandatangani kontrak kerja dengan gaji $ 151.000 setahun. Tapi uang itu tidak pernah datang. Ketika Rustan menghubungi Harvard, mereka mengatakan tidak ada pekerjaan. Seluruh penempatan kerja adalah trik komprehensif yang dilakukan secara online untuk alasan yang tidak dapat ditemukan oleh siapa pun.

Penipuan itu juga menargetkan anggota terkemuka media India lainnya, dan posisinya yang canggih menunjukkan kepada beberapa orang bahwa intelijen pemerintah harus dilibatkan dan motifnya politis, tetapi motif korupsi pada akhirnya tidak jelas.

“Ini tidak seperti yang pernah saya lihat,” kata Phil Marx, peneliti senior di Citizen Lab. Kepada New York Times. “Ini adalah upaya yang sangat besar dan tidak berhasil yang telah kami identifikasi.”

Bagaimana menghindari terlibat dalam pekerjaan?

Meskipun tiga contoh di atas adalah skema yang rumit dan agak misterius, sebagian besar penipu memancing pekerjaan berharap untuk menghasilkan uang dengan cepat baik dengan meminta uang secara langsung atau dengan mencuri identitas Anda secara tidak langsung. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menghindari kedua jenis penipuan pekerjaan.

Pahami betapa mudahnya melakukan hal-hal palsu secara online

Menurut FTC, penipu beriklan di situs kerja yang sama yang digunakan oleh perusahaan yang sah. Bahkan jika tidak, tidaklah sulit untuk melegalkan sesuatu yang palsu secara online. Berdasarkan laporan BBC, Madbird tampaknya telah direncanakan oleh satu orang, tetapi mereka masih dapat memalsukan situs web, profil LinkedIn palsu untuk administrator, dan peserta palsu dalam panggilan zoom. Penipu Hollywood itu menyamar sebagai eksekutif Hollywood terkenal yang bahkan tidak perlu membuat situs web. Jadi pahami betapa sulitnya menemukan pekerjaan palsu.

Silakan periksa detailnya

Mungkin mudah untuk melakukan hal-hal palsu secara online, tetapi juga mudah untuk melewatkan detail penting. Misalnya, dalam kasus penipuan yang menargetkan jurnalis India, nomor ponsel pelakunya berasal dari UEA, bukan Boston. Ketika seorang karyawan melihat alamat perusahaan dan menemukan bahwa itu melekat pada area perumahan, bukan alamat London yang mewah, seluruh masalah Madbird menjadi serba salah. Jadi carilah kesalahan ejaan nama domain, alamat Gmail alih-alih nama domain perusahaan, dan kode area untuk nomor telepon.

Jadilah skeptis

Jika tawaran pekerjaan tampaknya tidak benar, yang terbaik adalah jujur ​​tentang hal itu, jadi carilah peluang kerja yang menawarkan gaji yang luar biasa tinggi, peluang kerja di luar kemampuan Anda, dan beberapa tawaran pekerjaan. Ini tidak hanya akan membantu Anda menghindari penipuan pekerjaan, tetapi juga menghilangkan beberapa pekerjaan legal yang menggunakan taktik menyesatkan dalam perekrutan.

Jelajahi perusahaan

Dengan “nama perusahaan” + “penipuan” Google, Anda dapat menghemat banyak kerugian, bahkan jika Anda menghindari penipuan pemasaran bertingkat. Googling akan mengungkapkan bahwa tidak ada referensi ke web Madford – kecurigaan untuk sebuah perusahaan yang mengatakan telah ada selama satu dekade. Anda juga harus memeriksa situs seperti Glassdoor untuk melihat bagaimana perusahaan dijelaskan oleh karyawannya, dan periksa LinkedIn untuk memastikan para eksekutif memiliki jenis tautan yang Anda harapkan.

Catat sumbernya

Pengangguran berada pada level terendah dalam sejarah, Bagus Pekerjaan sulit didapat. Ini adalah fakta yang menyedihkan, mungkin, tetapi sebagian besar pekerjaan yang layak masih datang melalui tautan profesional dan pribadi daripada email biru atau posting di papan kerja. Jadi tanyakan pada diri Anda, “Jika pekerjaan ini begitu besar, mengapa mereka harus bekerja keras untuk mengisinya?”

Jika Anda ragu, anggap serius

Lebih dari satu korban Hollywood Con Queen diwawancarai Podcast Bunglon Penipuan Hollywood digambarkan sebagai menghilangkan skeptisisme tentang pekerjaan mereka. Jangan lakukan itu. Jika ada sesuatu yang tidak “berbau”, tanggapi kecurigaan Anda dengan serius.

Mereka harus membayarmu

Bisnis membayar Anda untuk bekerja untuk mereka, kecuali dalam kasus magang yang membayar kompensasi dalam bentuk kredit kuliah atau program penjualan komisi saja. Jika Anda disuruh bekerja dengan masa percobaan yang panjang dan tidak dibayar dan Anda tidak dibayar untuk pelatihan, Anda perlu berpikir dua kali. Anda perlu berpikir tiga kali sebelum membeli barang yang ingin Anda jual atau memasukkan uang ke dalam biaya perjalanan, biaya lamaran atau pekerjaan lainnya.

Panggil orang kembali

Orang-orang di balik penipuan Hollywood Con Queen dan penipuan jurnalis India menyamar sebagai orang sungguhan, begitu cepat “menelepon Anda kembali di kantor Anda” mungkin telah mengungkapkan bahwa kedua tindakan ini palsu. Jika Anda menggunakan Zoom, minta mereka untuk menyalakan kamera.

Jangan berpikir bahwa ini tidak akan terjadi pada Anda

Jangan pernah berpikir bahwa Anda berpengalaman, cerdas, atau cukup antusias untuk tertipu. Nithi Rastan adalah jurnalis siaran yang disegani dengan pengalaman puluhan tahun, dia masih kecewa.

Dengarkan sekitar

Jika Anda mengenal seseorang di industri yang berhubungan dengan pekerjaan, tanyakan apakah mereka pernah mendengar tentang perusahaan tersebut atau apakah pekerjaan itu realistis. Kebanyakan bisnis pada akhirnya terlalu kecil, kata orang. Jika mereka yang menjadi korban skandal Hollywood telah terdengar, seseorang mungkin telah menunjukkan kontradiksi dalam kisah penipu itu. Jika Anda tidak mengenal siapa pun di lapangan, coba posting secara online. Sebuah cepat “Apakah ini tampak sah?” Ke pos Reddit R / Papan Penipuan Mungkin memiliki semua yang Anda butuhkan.

Beri tahu pihak berwenang

Bisa dimaklumi kalau kamu akan malu jika ditipu oleh bos hoax atau orang lain, tapi sebaiknya kamu ceritakan ke yang berwajib. Anda mungkin tidak mendapatkan kembali uang curian Anda, tetapi setidaknya Anda dapat membantu orang lain dan menangkap penipu. Jadi beri tahu polisi, teman, dan media sosial Anda. Penipu Hollywood ditangkap dan akhirnya dipenjara ketika para korban pergi ke pihak berwenang dan berbagi cerita mereka secara publik.

READ  Presiden mengunjungi korban banjir di Adonara