POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

OIKN Targetkan Investasi Rp10 Triliun pada Groundbreaking IKN ke-3

Tempo.co, JakartaOtoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) menargetkan investasi swasta senilai Rp10 triliun untuk kegiatan start-up tahap ketiga di Kalimantan Timur.

Pada acara “Peluang Investasi IKN” di Jakarta, Jumat, 1 Desember 2023, Deputi Bidang Keuangan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono mengatakan, “Kami menargetkan dapat dana Rp10 triliun dari start ketiga.”

Menurut dia, investasi proyek tahap ketiga masih akan berasal dari investor dalam negeri.

“Iya, di IKN masih investor dalam negeri. Seperti investor baru sebelumnya, mereka bermitra dengan investor asing juga,” kata Vigaxono.

Contohnya adalah Pakuwon yang bermitra dengan jaringan hotel internasional Marriott untuk membangun hotel di IKN.

“Bahkan investor asing sudah masuk ke IKN untuk bekerjasama dengan investor dalam negeri,” imbuhnya.

Terkait jadwal baru yang ketiga, Wigaksono mengatakan, proyek tersebut sedang dikoordinasikan dengan pihak terkait dan akan disesuaikan dengan jadwal Presiden Joko Widodo.

Langkah awal yang dilakukan investor swasta dalam negeri selama ini merupakan tanda tingginya kepercayaan mereka berinvestasi di Nusantara.

Selain membawa pembangunan dan pertumbuhan daerah, proyek IKN juga menjadi motor penggerak perekonomian, menunjukkan tingginya minat dan kepercayaan investor swasta dan pemerintah terhadap IKN.

Kegiatan inovatif terbaru ini merupakan hasil proses panjang yang dimulai dari jajak pendapat pasar tahun lalu. Upacara peletakan batu pertama berikutnya diharapkan berlangsung bulan ini.

Kegiatan seru tersebut menjadi bukti bahwa pertumbuhan mulai terwujud sesuai ekspektasi di IKN.

Sebelumnya, Presiden Widodo mengatakan akan memprioritaskan investor dalam negeri di Nusantara, meski telah menerima lebih dari 300 letter of Intent (LoI) dari investor asing.

“Saya yakin investor asing yang mau berinvestasi di IKN akan terus meningkat. Namun saat ini kami lebih mengutamakan investor dalam negeri,” ujarnya pada 20 November 2023.

READ  Kasus Hukum Sekretariat Mahkamah Agung Terkait Kickback: KPK

Antara

Seleksi Guru: Nyamuk ber-Wolbachia bukanlah hasil rekayasa genetika

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News