POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

OIKN, INA berkolaborasi untuk menarik investasi asing ke Nusantara

Bali (Antara) – Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan Otoritas Investasi Indonesia (INA) menjalin kerja sama untuk menarik investasi global ke Nusantara, ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur.

Presiden OIKN Bambang Susantono menyambut baik kerjasama dengan INA. Ia menilai kerja sama tersebut memanfaatkan jaringan global yang dibangun oleh rencana pengembangan strategis INA dan OIKN untuk meningkatkan investasi di Nusantara.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dengan INA ini merupakan kelanjutan arahan Presiden kepada INA untuk memfasilitasi OIKN dalam menjaring investasi asing di Nusantara, ujarnya di sini, Minggu.

OIKN berkolaborasi dengan INA untuk mendongkrak pembangunan perekonomian di Indonesia khususnya di ibu kota baru.

Penandatanganan dokumen kemitraan strategis ini berlangsung di Bali pada Minggu.

Menurutnya, surat niat (LTP) akan diserahkan dari OIKN kepada perusahaan energi terbarukan milik negara Emirat, Mastar.

“Ini merupakan terobosan dalam menjaring penanaman modal asing di Nusantara melalui program KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha),” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan menggabungkan sumber daya dan keahlian kedua belah pihak, kemitraan ini bertujuan untuk mengembangkan Nusantara sebagai pusat ekonomi yang dinamis dan berkelanjutan.

Sementara itu, Ketua Dewan Direksi INA Rita Wiragusuma mengatakan INA akan aktif membantu menjajaki peluang investasi oleh investor global terkemuka di Nusantara.

“Kemitraan dengan OIKN memungkinkan kami mendorong investasi secara strategis, mengembangkan Nusantara sebagai ibu kota Indonesia kelas dunia, meningkatkan kualitas hidup penduduknya, dan berkontribusi positif terhadap perekonomian Indonesia,” ujarnya.

Ditegaskannya, dalam tiga tahun terakhir, INA telah menjalin hubungan yang kuat dengan investor dari berbagai belahan dunia.

“Hingga saat ini, INA dan mitra investasinya telah melakukan investasi lebih dari US$3,2 miliar. Inisiatif ini mencerminkan komitmen kami untuk menarik modal strategis dan cerdas sejalan dengan tujuan pertumbuhan jangka panjang Indonesia,” ujarnya.

READ  OJK bertujuan untuk menerbitkan peraturan transfer karbon pada bulan Juni

Berita terkait: OIKN pastikan layanan pendidikan IKN setara dengan yang ada di Jakarta
Berita terkait: Presiden Jokowi Bentuk Satgas Investasi Nusantara Baru: OIKN