POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Nirmala Sitharaman bertemu dengan kepala Dana Moneter Internasional dan membahas perkembangan geopolitik baru-baru ini

Nirmala Sitharaman menyoroti komitmen pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Washington:

Pada hari Selasa, Menteri Keuangan Nirmala Sitharaman bertemu dengan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional Kristalina Georgieva dan membahas berbagai masalah, termasuk dampak situasi geopolitik terhadap pertumbuhan global.

Selama pertemuan yang diadakan di sela-sela pertemuan musim semi tahunan IMF dan Bank Dunia yang sedang berlangsung, kepala IMF menyoroti campuran kebijakan India yang tepat sasaran yang telah membantu ekonomi negara itu tetap tangguh bahkan dengan ruang fiskal yang terbatas. .

Dia juga menghargai bantuan India kepada Sri Lanka dalam menangani krisis ekonominya dan menekankan bahwa IMF akan terus bekerja secara aktif dengan negara kepulauan itu.

“Saat membahas perkembangan geopolitik baru-baru ini, Menteri Luar Negeri Smt.nsitharaman dan KGeorgieva menyampaikan kekhawatiran tentang dampaknya terhadap ekonomi global dan tantangan yang terkait dengan harga energi yang lebih tinggi,” kata Kementerian Keuangan dalam sebuah tweet.

Terkait kebijakan pemulihan ekonomi India, Sitharaman menyoroti komitmen pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui belanja modal (capital expenditures) dan menekankan bahwa posisi fiskal negara yang akomodatif disertai dengan reformasi struktural yang signifikan dan kebijakan moneter yang kuat membantu pemulihan pascapandemi.

India diperkirakan akan mencatat tingkat pertumbuhan tertinggi di antara ekonomi utama dunia. Menurut survei ekonomi, negara dapat mencatat pertumbuhan 8-8,5 persen dalam PDB dalam keuangan publik saat ini.

Untuk mencapai pertumbuhan tinggi, pemerintah telah meningkatkan belanja modal sebesar 35,4 persen untuk tahun fiskal 2022-23 menjadi Rs 7,5 crore untuk melanjutkan pemulihan ekonomi yang didorong oleh investasi publik yang terkena dampak pandemi. Belanja modal tahun lalu adalah Rs 5,5 crore.

Georgieva mengucapkan selamat kepada India atas keberhasilan program vaksinasi untuk mengendalikan penyebaran COVID-19 dan juga menghargai New Delhi karena memberikan bantuan kepada negara-negara rentan lainnya untuk memerangi pandemi.

READ  Perekonomian Indonesia tumbuh pada tahun 2021 meskipun COVID-19, akan meningkat pada tahun 2022

Sitharaman juga bertemu dengan Menteri Keuangan Sri Lanka Ali Sabri di sela-sela Pertemuan Musim Semi Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia dan membahas situasi ekonomi saat ini dan pendekatannya untuk mengatasi tantangan yang ada di Sri Lanka.

Menteri Keuangan meyakinkan mitranya dari Sri Lanka bahwa India, sebagai teman dekat dan tetangga yang baik, akan mencoba untuk memperluas semua kemungkinan kerjasama dan bantuan.

Sitharaman menggelar pertemuan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di sela-sela pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 (FMCBG).

“Kedua menteri membahas situasi global saat ini dan reaksi kepresidenan #G20 #Indonesia terhadapnya, bersama dengan agenda #G20FMCBG lainnya termasuk #GlobalHealth, arsitektur keuangan internasional dan #keuangan berkelanjutan,” kata Kementerian Keuangan dalam tweet terpisah. .

Kedua pemimpin menyoroti perlunya perhatian kolektif G-20 pada volatilitas harga energi, tekanan inflasi dan dampak ketegangan geopolitik terhadap ekonomi global.