POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

NASA membagikan gambar galaksi Andromeda terbesar yang pernah ada, Internet menggambarkannya sebagai ‘benar-benar indah’

Gambar menunjukkan perpanjangan 48.000 tahun cahaya dari Galaksi Andromeda.

Pada hari Minggu, badan antariksa AS NASA membagikan “gambar terbesar yang pernah ada” yang dikumpulkan dari galaksi Andromeda oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble. Foto itu diambil tujuh tahun lalu dan merupakan gambar komposit besar terbesar yang pernah diambil dari tetangga galaksi kita.

Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional mengatakan gambar itu menunjukkan bentangan galaksi Andromeda 48.000 tahun cahaya dengan lebih dari 100 juta bintang terlihat. Panorama tersebut dibagi menjadi tiga bagian di postingan Instagram, bagian terakhir menunjukkan sekelompok bintang biru dengan bintang yang tak terhitung jumlahnya tersebar di seluruh gambar.

Lihatlah di bawah ini:

Gambar ini dibagi menjadi tiga gambar. Gambar pertama menunjukkan titik terang yang muncul dari bagian kiri bawah galaksi Andromeda dengan garis-garis memanjang ke segala arah. Cahaya di kuadran atas gambar surut ke dasarnya hitam dan sedikit ruang biru tanpa jumlah Bintang yang tak terhitung jumlahnya. Gambar kedua memiliki cahaya yang menghilang dengan garis-garis ungu dan biru yang memberi jalan pada kegelapan ruang.”

Sejak dibagikan, foto tersebut meninggalkan decak kagum warganet. Ini telah mengumpulkan lebih dari satu juta suka. Seorang pengguna menulis, “Ini sangat indah.” Yang lain berkata: “Ini adalah fenomena.” Yang ketiga berkomentar: “Benar-benar tidak bisa dipercaya.”

Baca juga | NASA menemukan kawah “stabil termal” di bulan yang mungkin membuka jalan bagi perluasan kehadiran manusia

Badan antariksa tersebut menjelaskan bahwa karena galaksi Andromeda terletak 2,5 juta tahun cahaya, seseorang dapat mengidentifikasi ribuan gugus bintang. NASA mengatakan bahwa Bima Sakti dan Andromeda kita memiliki ukuran dan bentuk yang serupa.

Perlu dicatat bahwa foto tersebut pertama kali dirilis pada tahun 2015 dan dibagikan kembali kemarin. Gambar tersebut menunjukkan perpanjangan 48.000 tahun cahaya dari galaksi “dalam warna cahaya alami yang terlihat,” menurut badan tersebut. pemasang iklan. “Karena galaksi ini hanya berjarak 2,5 juta tahun cahaya dari Bumi, itu adalah target yang jauh lebih besar di langit daripada galaksi yang tak terhitung jumlahnya yang secara rutin dicitrakan Hubble miliaran tahun cahaya jauhnya,” jelas NASA.

READ  Musim flu dan COVID-19: Inilah cara menghindari infeksi musim gugur ini